Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI RADIASI SINAR-X DALAM KEDOKTERAN NUKLIR ATIK PUJI RAHAYUK 3306013 MUSTARIKHAK 3306021 SISKA ELA KARTIKAK 3306030 SYLVIA OCTAVIANTI K 3306011 FKIP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI RADIASI SINAR-X DALAM KEDOKTERAN NUKLIR ATIK PUJI RAHAYUK 3306013 MUSTARIKHAK 3306021 SISKA ELA KARTIKAK 3306030 SYLVIA OCTAVIANTI K 3306011 FKIP."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI RADIASI SINAR-X DALAM KEDOKTERAN NUKLIR ATIK PUJI RAHAYUK MUSTARIKHAK SISKA ELA KARTIKAK SYLVIA OCTAVIANTI K FKIP UNS

2 RUMUSAN MASALAH 1.Apakah manfaat sinar rontgen (sinar-x) dalam bidang kedokteran? 2.Bagaimanakah aplikasi penggunaan sinar rontgen (sinar-x) dalam kedokteran nuklir?

3 TINJAUAN PUSTAKA Sinar X Sinar-X ditemukan oleh Wilhelm C. Rontgen. Sinar ini mampu menembus jaringan badan manusia sehingga menjadi alat terbaik untuk memfoto dan melihat bagian dalam tubuh yang rusak atau patah.

4 Selanjutnya, dalam bidang kedokteran sinar ini lebih dikenal sebagai sinar rontgen Adapun manfaat sinar rontgen di bidang medis adalah sebagai berikut: 1. Terapi tumor atau kanker 2. USG 3. Foto rontgen gigi

5 KEDOKTERAN NUKLIR Prinsip dasar dari bidang ilmu kedokteran nuklir adalah penggunaan sejumlah kecil sumber radiasi terbuka yang berasal dari disintegrasi inti radionuklida buatan pada materi biologik atau organ tubuh yang bertujuan untuk mempelajari perubahan fisiologis dan biokimia yang terjadi sehingga dapat digunakan untuk keperluan diagnostik, terapi dan penelitian kedokteran.

6 PEMBAHASAN 1. Radiotherapy Pemanfaatan radiasi pengion yang dikenal dengan istilah terapi radiasi atau radioterapi (radiotherapy) adalah untuk menghancurkan jaringan tubuh yang tumbuh secara tidak normal yang diketahui sebagai kanker.

7 Secara umum, teknik radioterapi dibedakan atas 2 kategori yaitu teleterapi (tele berarti jauh) dan Brakhiterapi (Brachy berarti pendek)

8 2. USG (Ultra Sonography) Secara prinsip, USG merupakan alat yang memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi amat tinggi yang dipantulkan ke tubuh kemudian dipantulkan kembali ke layar monitor.

9 3. Foto rontgen gigi Kegunaan foto Rontgen gigi yaitu: a.Melihat lokasi benda asing yang terdapat pada rongga mulut. b.Menyediakan informasi yang menunjang prosedur perawatan. c.Mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan gigi d.Sebagai dokumentasi data rekam medis yang dapat diperlukan sewaktu-waktu.

10 Perlu kehati-hatian dan pemilihan yang tepat dalam penggunaan Sinar-X atau sinar rontgen di bidang medis. Walaupun secara empiris pasien yang diberikan Sinar-X pada level diagnostik medis di rumah sakit tidak mengalami gejala ataupun tanda- tanda kerusakan jaringan, namun gejala kelainan pada tubuh manusia akan muncul jika diberikan Sinar-X secara berlebihan.

11 Sylvia IkhaSiska Atik


Download ppt "APLIKASI RADIASI SINAR-X DALAM KEDOKTERAN NUKLIR ATIK PUJI RAHAYUK 3306013 MUSTARIKHAK 3306021 SISKA ELA KARTIKAK 3306030 SYLVIA OCTAVIANTI K 3306011 FKIP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google