Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENU UTAMA PENDAHULUAN KOMPETENSI DASAR 1 LATIHAN KD 1 KOMPETENSI DASAR 2 LATIHAN KD 2 KOMPETENSI DASAR 3 PENUTUP/SOAL CAMPUR 22-Aug-14 Program ini dibuat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENU UTAMA PENDAHULUAN KOMPETENSI DASAR 1 LATIHAN KD 1 KOMPETENSI DASAR 2 LATIHAN KD 2 KOMPETENSI DASAR 3 PENUTUP/SOAL CAMPUR 22-Aug-14 Program ini dibuat."— Transcript presentasi:

1

2 MENU UTAMA PENDAHULUAN KOMPETENSI DASAR 1 LATIHAN KD 1 KOMPETENSI DASAR 2 LATIHAN KD 2 KOMPETENSI DASAR 3 PENUTUP/SOAL CAMPUR 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 1

3 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 2

4 PELUANG 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 3

5 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 4 One

6 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 5 One

7 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 6 One

8 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 7 One

9 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 8 One

10 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 9

11 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 10

12 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 11

13 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 12

14 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 13

15 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 14

16 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 15

17 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 16 Dengan Diagram Pohon

18 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 17

19 b(biru) h(hitam) (b,k) (h,k) (b,m) (h,m) (b,p) (h,p) Warna Baju Warna Celana k(kuning)m(merah) P(putih) 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 18

20 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 19

21 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 20

22 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 21

23 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 22

24 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 23

25 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 24

26 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 25

27 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 26 Contoh 1 Banyak cara menyusun pengurus yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang diambil dari 5 orang calon adalah….

28 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 27 Penyelesaian banyak calon pengurus 5  n = 5 banyak pengurus yang akan dipilih 3  r = 3 n P r = = 5 P 3 = = = 60 cara

29 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 28 Contoh 2 Banyak bilangan yang terdiri dari tiga angka yang dibentuk dari angka-angka 3, 4, 5, 6, 7, dan 8, di mana setiap angka hanya boleh digunakan satu kali adalah….

30 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 29 Penyelesaian banyak angka = 6  n = 6 bilangan terdiri dari 3 angka  r = 3 n P r = = 6 P 3 = = = 120 cara

31 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 30

32 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 31

33 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 32

34 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 33

35 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 34

36 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 35

37 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 36 Kombinasi Kombinasi r unsur dari n unsur yang tersedia (ditulis C r n atau n C r ) adalah banyak cara mengelompokan r unsur yang diambil dari sekumpulan n unsur yang tersedia. Rumus: n C r =

38 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 37 Contoh 1 Seorang siswa diharuskan mengerjakan 6 dari 8 soal, tetapi nomor 1 sampai 4 wajib dikerjakan. Banyak pilihan yang dapat diambil oleh siswa adalah….

39 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 38 Penyelesaian mengerjakan 6 dari 8 soal, tetapi nomor 1 sampai 4 wajib dikerjakan berarti tinggal memilih 2 soal lagi dari soal nomor 5 sampai 8 r = 2 dan n = 4 4 C 2 = 6 pilihan

40 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 39 Contoh 2 Dari sebuah kantong yang berisi 10 bola merah dan 8 bola putih akan diambil 6 bola sekaligus secara acak. Banyak cara mengambil 4 bola merah dan 2 bola putih adalah….

41 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 40 Penyelesaian mengambil 4 bola merah dari 10 bola merah  r = 4, n = 10  10 C 4 = = = = mengambil 2 bola putih dari 8 bola putih  r = 2, n = 8  8 C 2 = = =

42 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 41

43 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 42

44 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 43

45 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 44

46 LATIHAN KOMPETENSI DASAR 1 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 45

47 SOAL NOMOR 2 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 46

48 SOAL NOMOR 3 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 47

49 SOAL NOMOR 4 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 48

50 SOAL NOMOR 5 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 49

51 KOMPETENSI DASAR 2 MENENTUKAN RUANG SAMPEL,SUATU PERCOBAAN 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 50

52 PENGERTIAN PERCOBAAN PERCOBAAN ADALAH TINDAKAN ATAU KEGIATAN YANG DAPAT MEMBERIKAN BEBERAPA KEMUNGKINAN HASIL. 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 51

53 CONTOH 1. PERCOBAAN MELEMPAR SEBUAH DADU KE UDARA 2. PERCOBAAN MENGAMBIL SATU KARTU DARI SEPERANGKAT KARTU BRIDGE 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 52

54 CONTOH 2 1.PERCOBAAN MELEMPAR SEKEPING UANG LOGAM KE UADARA 2.PERCOBAAN MENGETOS SEKEPING UANG LOGAM DAN SEBUAH DADU KE UDARA 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 53

55 PENGERTIAN RUANG SAMPEL RUANG SAMPEL ADALAH : HIMPUNAN SEMUA HASIL YANG MUNGKIN DARI SUATU PERCOBAAN DAN DINYATAKAN DENGAN n(S) 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 54

56 CONTOH : 1 1. JIKA MELEMPAR SEKEPING UANG LOGAM MAKA BANYAKNYA RUANG SAMPEL ATAU RUANG KEJADIAN ADALAH 2 YAITU MUNCULNYA ANGKA ATAU GAMBAR 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 55

57 CONTOH 2. Tentukan banyaknya ruang sampel pada Seperangkat kartu Bridge SOLUSINYA : Pada seperangkat kartu Bridge terdapat 4 jenis kartu yaitu 1. Kartu Harten (Hati) 2. Kartu Klaver (Keriting) 3. Kartu Skop (Daun) 4. Kartu Riten (Wajik) 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 56

58 Masing-masing jenis kartu terdiri dari 13 buah kartu, sehingga banyaknya ruang sampel adalah 4 x 13 = Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 57

59 CONTOH 3 TENTUKAN BANYAKNYA RUANG SAMPEL PADA : 1. SEBUAH DADU 2. DUA BUAH DADU 3. TIGA BUAH DADU 4. SATU KEPING UANG LOGAM 5. DUA KEPING UANG LOGAM 6. TIGA KEPING UANG LOGAM 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 58

60 JAWAB : 1.Ruang sampelnya 6 2.Ruang sampelnya 6 x 6 = 36 3.Ruang sampelnya 6 x 6 x 6 = Ruang sampelnya 2 5.Ruang sampelnya 2 x 2 = 4 6.Ruang sampelnya 2 x 2 x 2 = 8 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 59

61 PENGERTIAN TITIK SAMPEL Titik sampel disebut juga titik kejadian atau anggota ruang sampel pada suatu percobaan. 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 60

62 CONTOH 1 Tentukan banyaknya titik sampel pada : 1.Sebuah Dadu 2.Dua buah Dadu 3.Sekeping uang logam 4.Dua keping uang logam 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 61

63 JAWAB : 1.1,2,3,4,5,6 ADA 6 2.(1,1),(1,2),(1,3),(1,4),(1,5),(1,6) (2,1),(2,2),(2,3),(2,4),(2,5),(2,6) (3,1),(3,2),(3,3),(3,4),(3,5),(3,6) (4,1),(4,2),(4,3),(4,4),(4,5),(4,6) (5,1),(5,2),(5,3),(5,4),(5,5),(5,6) (6,1),(6,2),(6,3),(6,4),(6,5),(6,6) ADA Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 62

64 JAWAB 3.TITIK SAMPELNYA 2 YAITU GAMBAR DAN ANGKA 4.TITIK SAMPELNYA 4 YAITU GAMBAR,GAMBAR GAMBAR,ANGKA ANGKA,GAMBAR ANGKA,ANGKA 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 63

65 LATIHAN KOMPETENSI DASAR 2 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 64

66 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 65

67 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 66

68 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 67

69 KOMPETENSI DASAR 3 MENENTUKAN PELUANG SUATU KEJADIAN DAN PENAFSIRANNYA 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 68

70 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 69 Peluang atau nilai kemungkinan adalah perbandingan antara kejadian yang diharapkan muncul dengan banyaknya kejadian yang mungkin muncul.

71 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 70 Bila banyak kejadian yang diharapkan muncul dinotasikan dengan n(A), dan banyaknya kejadian yang mungkin muncul (ruang sampel = S) dinotasikan dengan n(S) maka Peluang kejadian A ditulis P(A) = n(A) n(S)

72 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 71 Contoh 1 Peluang muncul muka dadu nomor 5 dari pelemparan sebuah dadu satu kali adalah…. Penyelesaian: n(5) = 1 dan n(S) = 6  yaitu: 1, 2, 3, 4, 5, 6 Jadi P(5) = =

73 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 72 Contoh 2 Dalam sebuah kantong terdapat 4 kelereng merah dan 3 kelereng biru. Bila sebuah kelereng diambil dari dalam kantong maka peluang terambilnya kelereng merah adalah….

74 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 73 Penyelesaian: Kejadian yang diharapkan muncul yaitu terambilnya kelereng merah ada 4  n(merah) = 4 Kejadian yang mungkin muncul yaitu terambil 4 kelereng merah dan 3 kelereng biru  n(S) = = 7

75 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 74 Jadi peluang kelereng merah yang terambil adalah P(merah) =

76 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 75 Contoh 3 Dalam sebuah kantong terdapat 7 kelereng merah dan 3 kelereng biru. Bila tiga buah kelereng diambil sekaligus maka peluang terambilnya kelereng merah adalah….

77 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 76 Penyelesaian: Banyak kelereng merah = 7 dan biru = 3  jumlahnya = 10 Banyak cara mengambil 3 dari 7  7 C 3 = = = 35

78 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 77 Banyak cara mengambil 3 dari 10  10 C 3 = = = 120 Peluang mengambil 3 kelereng merah sekaligus = = =

79 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 78 Nilai suatu peluang antara 0 sampai dengan 1  0 ≤ p(A) ≤ 1 P(A) = 0  kejadian yang tidak mungkin terjadi P(A) = 1  kejadian yang pasti terjadi P(A 1 ) = 1 – P(A) A 1 adalah komplemen A

80 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 79 Contoh 1 Sepasang suami istri mengikuti keluarga berencana. Mereka berharap mempunyai dua anak. Peluang paling sedikit mempunyai seorang anak laki-laki adalah ….

81 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 80 Penyelesaian: kemungkinan pasangan anak yang akan dimiliki: keduanya laki-laki, keduanya perempuan atau 1 laki- laki dan 1 perempuan  n(S) = 3 Peluang paling sedikit 1 laki-laki = 1 – peluang semua perempuan = 1 – = 1 –

82 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 81 Contoh 2 Dalam sebuah keranjang terdapat 50 buah salak, 10 diantaranya busuk. Diambil 5 buah salak. Peluang paling sedikit mendapat sebuah salak tidak busuk adalah…. a. b. c. d. e.

83 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 82 Penyelesaian: banyak salak 50, 10 salak busuk diambil 5 salak  r = 5 n(S) = 50 C 5 Peluang paling sedikit 1 salak tidak busuk = 1 – peluang semua salak busuk = 1 –  berarti jawabannya a

84 FREKUENSI HARAPAN SUATU KEJADIAN 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 83

85 CONTOH : 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 84

86 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 85 Jika A dan B adalah dua kejadian yang saling lepas maka peluang kejadian A atau B adalah P(A atau B) = P(A) + P(B)

87 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 86 Contoh 1 Dari satu set kartu bridge (tanpa joker) akan diambil dua kartu satu persatu berturut-turut, kemudian kartu tersebut dikembalikan. Peluang terambilnya kartu as atau kartu king adalah….

88 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 87 Penyelesaian: kartu bridge = 52  n(S) = 52 kartu as = 4  n(as) = 4 P(as) = kartu king = 4  n(king) = 4 P(king) = P(as atau king) = P(as) + P(king) =

89 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 88 Contoh 2 Sebuah dompet berisi uang logam 5 keping lima ratusan dan 2 keping ratusan rupiah.Dompet yang lain berisi uang logam 1 keping lima ratusan dan 3 keping ratusan. Jika sebuah uang logam diambil secara acak dari salah satu dompet, peluang untuk mendapatkan uang logam ratusan rupiah adalah….

90 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 89 Penyelesaian dompet I: 5 keping lima ratusan dan 2 keping ratusan  P(dompet I,ratusan) = ½. = dompet II: 1 keping lima ratusan dan 3 keping ratusan.  P(dompet II, ratusan) = ½. = Jadi peluang mendapatkan uang logam ratusan rupiah  P(ratusan) = + =

91 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 90 Kejadian A dan B saling bebas Jika keduanya tidak saling mempengaruhi P(A dan B) = P(A) x P(B)

92 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 91 Contoh 1 Anggota paduan suara suatu sekolah terdiri dari 12 putra dan 18 putri. Bila diambil dua anggota dari kelompok tersebut untuk mengikuti lomba perorangan maka peluang terpilihnya putra dan putri adalah….

93 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 92 Penyelesaian banyak anggota putra 12 dan banyak anggota putri 18  n(S) = = 30 P(putra dan putri) = P(putra) x P(putri) = x =

94 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 93 Contoh 2 Peluang Amir lulus pada Ujian Nasional adalah 0,90. Sedangkan peluang Badu lulus pada Ujian Nasional 0,85. Peluang Amir lulus tetapi Badu tidak lulus pada ujian itu adalah….

95 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 94 Penyelesaian: Amir lulus  P(A L ) = 0,90 Badu lulus  P(B L ) = 0,85 Badu tidak lulus  P(B TL ) = 1 – 0,85 = 0,15 P(A L tetapi B TL ) = P(A L ) x P(B TL ) = 0,90 x 0,15 = 0,135

96 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 95 Contoh 3 Dari sebuah kantong berisi 6 kelereng merah dan 4 kelereng biru diambil 3 kelereng sekaligus secara acak. Peluang terambilnya 2 kelereng merah dan 1 biru adalah….

97 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 96 Penyelesaian: banyak kelereng merah = 6 dan biru = 4  jumlahnya = 10 banyak cara mengambil 2 merah dari 6  r = 2, n = 6  6 C 2 = = = 5.3 = 15 3

98 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 97 banyak cara mengambil 1 biru dari 4 kelereng biru  r = 1, n = 4  4 C 1 = banyak cara mengambil 3 dari 10  n(S) = 10 C 3 = = = =

99 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 98 Peluang mengambil 2 kelereng merah dan 1 biru = = = Jadi peluangnya = ½ n(A) n(S) 6 C 2. 1 C 4 10 C

100 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 99 Contoh 4 Dari sebuah kotak yang berisi 5 bola merah dan 3 bola putih di- ambil 2 bola sekaligus secara acak. Peluang terambilnya keduanya merah adalah….

101 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 100 Penyelesaian: banyak bola merah = 5 dan putih = 3  jumlahnya = 8 banyak cara mengambil 2 dari 5  5 C 2 = = = 10

102 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 101 Penyelesaian: banyak cara mengambil 2 dari 8  8 C 2 = = = 28 Peluang mengambil 2 bola merah sekaligus =

103 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 102

104 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 103

105 Contoh : 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 104

106 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 105 Sampai Jumpa pada Latihan soal-soal bermutu Pada kesempatan berikutnya

107 22-Aug-14 Program ini dibuat 4 April 2007 SKKK Jayapura 106


Download ppt "MENU UTAMA PENDAHULUAN KOMPETENSI DASAR 1 LATIHAN KD 1 KOMPETENSI DASAR 2 LATIHAN KD 2 KOMPETENSI DASAR 3 PENUTUP/SOAL CAMPUR 22-Aug-14 Program ini dibuat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google