Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CARA MENYOLDER YANG BENAR OLEH: CLARA PINASTHIKA (10)CLARA PINASTHIKA (10) PUTRI BELINDA (21)PUTRI BELINDA (21) RATNA DWI ASTUTI (22)RATNA DWI ASTUTI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CARA MENYOLDER YANG BENAR OLEH: CLARA PINASTHIKA (10)CLARA PINASTHIKA (10) PUTRI BELINDA (21)PUTRI BELINDA (21) RATNA DWI ASTUTI (22)RATNA DWI ASTUTI."— Transcript presentasi:

1

2 CARA MENYOLDER YANG BENAR OLEH: CLARA PINASTHIKA (10)CLARA PINASTHIKA (10) PUTRI BELINDA (21)PUTRI BELINDA (21) RATNA DWI ASTUTI (22)RATNA DWI ASTUTI (22) YUNI NUR JANAH (28)YUNI NUR JANAH (28) KELAS; 7 GKELAS; 7 G SMP N 1 PURBALINGGA

3 CARA MENYOLDER YANG BENAR Jika ingin mengunakan solder listrik lebih baik yang memiliki ukuran 30 watt atau 40 watt,karena jika wattnya terlalu besar,akan merusak komponen pada saat di solder,karena terlalu panas. Mata solder dapat di lepas serta digantikan menurut kebutuhan kualitas yang diingkan.

4 lanjutan Mata solder harus selalu di jaga kebersihannya dan usahakan selalu dalam keadaan runcing. Untuk menkaga keamanan dalam pemakaian solder,maka perlu di lengkapi landasannya (penyangga solder).

5 PENERTIAN SOLDER Solder adalah alat elektronika yang berfungsi sebagai penghisap timah pada PCB dengan jalan bersamaan/dipanasi dengan solder listrik yang bertujuan hendak melepas kaki komponen yang terlanjur disolder. Solder yang digunakan adalah solder listrik ukuran 30 watt atau 40 watt.ukuran solder yang terlalu besar wattnya,akan merusak komponen pada saat disolder, karena terlalu panas. Mata solder dapat dipasang dan dilepas serta dapat digantikan menurut kebutuhan kualitas yang diinginkan. Mata solder harus selalu dijaga kebersihannya dan usahakan selalu dalam keadaan runcing. Untuk menjaga keamanan dalam pemakaian solder,maka perlu di lengkapi landasannya(penyangga solder).

6 PENYOLDERAN ATAU PENGAWATAN Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelu melakukan penyolderan: 1)Pakailah solder yang mempunyai daya (30watt-40watt) 2)Bersihkan solder dari kerak 3)Bersihkan kaki kpmponen yang akan disolder dengan pinset. 4)Bersihkan jalur PCB/ terminal dengan amplas. 5)Gunakan timah yang bermutu baik (60%) agar cepat meleleh.

7 Cara Menyolder yang Baik 1) Tempelkan mata solder mengenai kaki komponen dari jalur PCB mengenai sudut ± 45º kemudian tempelkan timah solder (tenol)dengan arah berlawanan dengan mata solder juga membentuk sudut ±45º. 2) Setelah timah solder mencair secukupnya jangan terlalu banyak) kemudian angkat timah solder. 3) Solder jangan diangkat dulu tunggu hingga timah benar-benar mencair dengan tanda cairan timah mengkilap, kemudian angkatlah solder. 4) Setelah solder diangkat, tiuplah hasil solderan agar cepat kering (dingin)


Download ppt "CARA MENYOLDER YANG BENAR OLEH: CLARA PINASTHIKA (10)CLARA PINASTHIKA (10) PUTRI BELINDA (21)PUTRI BELINDA (21) RATNA DWI ASTUTI (22)RATNA DWI ASTUTI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google