Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR LIPI RABU, 15 SEPT 2010 Fenomena Lahir Kembali yahoo.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR LIPI RABU, 15 SEPT 2010 Fenomena Lahir Kembali yahoo.com."— Transcript presentasi:

1 HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR LIPI RABU, 15 SEPT 2010 Fenomena Lahir Kembali yahoo.com

2 Shiyam (puasa) pada bulan Ramadhan Ramadhan bulan ke 9 dalam urutan tahun Qomariyah, Ibu hamil lewat 9 bln melahirkan. Ramadhan artinya pembakaran, dosa-dosa berguguran, habis Ramadhan datang Syawwal yg artinya Tumbuh, selesai musim gugur datang musim semi. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ان رمضان شهر افترض الله صيامه واني سننت للمسلمين قيامه فمن صامه وقامه ايمانا واحتسابا خرج من ذنوبه كيوم ولدته امه. رواه ابن خزيمة Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya Ramadhan itu bulan yang mewajibkan puasa padanya, dan aku menetapkan sunnat bagi kaum muslimin shalat malamnya,Barang siapa yg puasa siang harinya dan Shalat malam harinya dg iman dan penuh keikhlasan, maka keluar dari dosanya seperti bayi lahir dari ibunya (HR.Ibn Khuzaimah)

3 وَاللهُ اَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُوْنِ اُمَّهَتِكُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ شَيْأً وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَاْلاَبْصَرَ وَاْلاَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ النحل 78 Dan Allah telah mengeluarkan kamu dari perut ibu kamu dalam keadaan tidak tahu apa-apa, lalu Dia menjadikan untuk kamu pendengaran, penglihatan, dan akal –fikiran agar kamu bersyukur (QS. 16 (Al-Nahl): 78)

4 Allah... yg mengeluarkan bayi, bukan ibunya,bukan dokter, bukan bidan, bukan pula dukun beranak 1.Bayi selama di dalam rahim ibunya bernafas dari oksigen yg dihirup ibunya dialirkan melalui plasenta,begitu lahir, dia teriak untuk membuka paru-parunya yg selama ini kempis, lalu bernafas dg paru-paru melalui hidungnya. Siapa yang membuka paru- paru itu ? 2.Bayi selama dalam rahim ibunya makan dari sari pati makanan yg dimakan ibunya, juga dialirkan melalui plasenta, begitu lahir, peran plasenta berhenti, bayi makan dari mulutnya terus ke lambung. Siapa yang mengalihkan fungsi itu ? 3.Bayi selama beberapa bulan posisi kepalanya ke atas, hanya beberapa minggu sebelum lahir dia sujud berputar ke bawah, karena sebentar lagi pantatnya akan didorong oleh kantong air ketuban, jika kepalanya maka akn rusak otaknya, lalu dari kantong ketuban itu keluar sedikit demi sedikit cairan melumuri batok kepalanya yg berfungsi sebagai pelumas. Siapa yg membuat mekanisme itu ? 4.Batok kepala bayi berbentuk visur, dan elastis saat keluar, sehingga dpt keluar meski dr lobang yg lebih kecil, namun hanya dlm hitungan menit, kepalanya mengeras. Siapa yg menjadikan semua itu ? سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر 1 234

5

6 s

7

8

9 Mengapa diselenggarakan sesudah “ ‘Iedul Fithri” ? قنا عذاب النار Bebas Neraka في الدنيا حسنة Bhgia Dunia في الاخرة حسنة Bhgia Akhirat, Masuk Syurga Iman & ‘Amal Saleh Nilai Ukurnya “Pahala” Kesejhteraan hakiki dan abadi Ta’at dan Taubat untuk memperoleh rahmat & Maghfirah Allah Menghindarkan ma’shiyat, jikaterlanjur dosa segera taubat nashuha Iman & Melaksanakan keta’atan sesuai syari' Iptek & Kerja Keras, Nilai Ukurnya “UANG ” Kesjhtraan Material Jasadiyah semu & sementara Tujuan Hidup Mukmin Setiap “keta’atan” memperoleh dua keuntungan : rahmat berupa pahala, dan maghfirah berupa ampunan. Shiyam dan Qiyam Ramadhan salah satu yg dijanjikan keduanya secara besar-besaran. Tidak kurang dari 77 x dalm 75 kitab hadits terulang. Tentu saja dosa yg dijanjikan ampunan itu menyangkut hak Dia, sedangkan hak Adami dipersilahkan kepada masing-masing manusia yg bersangkutan, Allah akan mengampuni selama yg bersangkutan memaafkannya, inilah urgensinya “ Halal bi Halal” pasca Ramadhan.

10 ال له Menjalin hubungan baik dg Allah (ibadah), seimbang dengan hubungan dengan sesama manusia (mu’amalah)

11 Kaitan ‘Ibadah ( habl min Allah ) dengan Mu’amalah ( habl min al Nas ) عن ابي هريرة رع ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ” اتدون من المفلس ؟ ” قالوا : المفلس فينا من لا درهم له ولا متاع. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” المفلس من امتي من يأتى يوم القيامة بصلاة وصيام وزكاة ، ويأتي قد شتم هذا وقذف هذا واكل مال هذا وسفك دم هذا وضرب هذا ، فيقعد فيقتص هذا من حسناته وهذا من حسناته ، فان فنيت حسناته قبل ان يقتص عليه من الخطايا اخذ من خطاياهم فطرح عليه ثم طرح في النار ( رواه الترمذي ) Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA. Bahwa Sesungguhnya Rasulullah saw bertanya : “Tahukah kalian orang yang bangkrut ? “ mereka menjawab : “ orang yang bangkrut adalah orang yang tidak punya uang dan jiga tidak punya harta benda “ Rasulullah bersabda “ Orang yang bengkrut dari umatku adalah, dia datang pada hari qiyamat dengan membawa pahala shalat, puasa dan zakat, tetapi dia juga datang dengan membawa dosa, mencaci maki ini, menuduh (fitnah) ini, memakan harta ini, menumpahkan darh ini, memukul ini, lalu dia duduk,lalu diadili, dosa yang ini diambil dari kebaikan yang ini, dan dosa yang itu diambil dari kebaikan yang itu, jika kebaikannya sudah habis, sementara dosa-dosanya habis, maka dosa-dosa mereka ditimpakan kepadanya, lalu dia dicampakkan ke Neraka (HR. Al Turmudzy)

12 PUSARAN M.B.T. 2 Miskin 20 Miskin 4 Bodoh 10 Terbelakang 32 Bodoh 48 Terbelakng

13 4 KEMUNGKINAN DUNIA-AKHIRAT BAHAGIA DUNIA – BAHAGIA AKHIRAT BD–BA BAHAGIA DUNIA – SENGSARA AKHIRAT BD–BA SENGSARA DUNIA – BAHAGIA AKHIRAT SD–BA SENGSARA DUNIA – SENGSARA AKHIRAT SD–SA

14 ضربت عليهم الذلة أين ماثقفوا إلا بحبل من الله وحبل من الناس وبآئوا بغضب من الله وضربت عليهم المسكنة (QS. 3 : 112) Pasti akan ditimpakan kepada mereka (manusia) kehinaan di mana pun mereka berada, kecuali jika mereka Menjalin hubungan baik dengan Allah, dan hubungan baik dengan manusia, dan mereka akan kembali mendapat murka Allah dan juga akan ditimpakan kepada mereka bencana kemiskinan

15 IMANTAUHIDTAQWA TALI ALLAH KUFURSYIRIKFASIQ

16 KAYAPINTARMAJU MISKINBODOH TER- BELAKAN G TALI MANUSIA


Download ppt "HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR LIPI RABU, 15 SEPT 2010 Fenomena Lahir Kembali yahoo.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google