Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah Bahasa Indonesia

2 Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan dan tertulis.

3  MPK ini menekankan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.  Tujuannya untuk menguasai, menerapkan, dan mengembangkan iptek dan seni sebagai perwujudan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.

4 Visi MKBI yaitu menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu instrumen pengembangan kepribadian mahasiswa menuju terbentuknya insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Misi MKBI yaitu tercapainya kemahiran mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menguasai, menerapkan, dan mengembangkan iptek dan seni dengan rasa tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia yang berkepribadian.

5 Kompetensi bahasa Indonesia Menjadikan mahasiswa sebagai ilmuwan yang profesional dan memiliki penget serta sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Standar kompetensi Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas, baik tulis maupun lisan.

6  Kompetensi yang ditargetkan adalah kecakapan berkomunikasi profesional dan difokuskan kepada kemampuan menulis karya ilmiah.  Pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan agar mahasiswa memahami konsep dan mampu menerapkannya dlm penulisan karya ilmiah, dan diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan, karakter, dan kepribadiannya.

7 ahasiswa  Agar mahasiswa dapat mengekspresikan kemampuan dirinya secara runtut, bersistem, logis, dan lugas.  Mahasiswa berkemampuan mengorgani-sasikan pikiran atau gagasan, kemudian diwujudkan dalam bentuk artikel, membuat proposal, paper, laporan atau skripsi, dll.

8  Untuk mewujudkan hal tersebut, mahasiswa dibekali keterampilan berbahasa yang diawali dengan pemahaman bidang ejaan, diksi, penalaran, kalimat efektif, paragraf, dan penulisan karangan ilmiah.

9 Pengantar Awal Mata Kuliah Bahasa Indonesia

10 Apa itu BAHASA? Bahasa apa saja yang Anda kuasai? Seberapa dekatnya Anda dengan Bahasa Indonesia?

11 Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer. Definisi Bahasa

12 Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dengan menggunakan simbol-simbol, gambar, kata-kata, tulisan dan lain-lain. Proses transmisi itulah yang disebut komunikasi. Berkomunikasi berarti menyampaikan pesan kepada orang lain untuk ditanggapi. Agar tanggapan sesuai dengan harapan, penggunaan bahasa harus disusun secara runut dan nalar sehingga penerima dapat menanggapi isi pesan dengan benar. Bahasa sebagai alat komunikasi

13 Bagi setiap orang, komunikasi mewujudkan tiga fungsi utama. 1. Komunikasi membentuk dunia sekeliling bagi individu. 2. Komunikasi menetapkan kedudukan individu sendiri dlm hubungan dengan orang lain. 3. Komunikasi membantu individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Komunikasi merupakan suatu proses, baik dilakukan secara langsung atau tidak langsung (menggunakan alat).

14 Kapan Bahasa Indonesia lahir? Ingatkah Anda dengan pernyataan ini: Kami poetera dan poeteri Indonesia Mengakoe bertoempah darah satoe, Tanah Air Indonesia Kami poetera dan poeteri Indonesia Mengakoe berbangsa satoe, Bangsa Indonesia Kami poetera dan poeteri Indonesia Mendjoendjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia

15 Bahasa Indonesia dinyatakan lahir pada 28 Oktober 1928 Adanya bulan bahasa di bulan Oktober Awalnya dari bahasa Melayu

16 Mengapa bahasa Melayu? Merupakan lingua franca Mempunyai sistem yang sederhana Faktor psikologis Bahasa tersebut mampu sebagai bahasa kebudayaan

17 Kedudukan Bahasa Indonesia Pada bab berapa dan pasal berapa dalam UUD 1945 Bahasa Indonesia dikukuhkan? Bagaimana bunyinya?

18 Kedudukan Bahasa Indonesia Bab XV, pasal 36  “Bahasa negara adalah bahasa Indonesia” Kedudukan: 1. BI sebagai Bahasa Nasional 2. BI sebagai Bahasa Negara Bahasa Nasional, bersumber pada sumpah pemuda 28 Oktober 1928 Bahasa Negara, bersumber pada UUD 1945

19 UU Nomor 24 Tahun 2009 Isinya tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan

20 Bahasa Indonesia sebagai bahasa Resmi Pasal 25, ayat (3): Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, pengantar pendidikan, komunikasi tingkat nasional, pengembangan kebudayaan nasional, transaksi dan dokumentasi niaga, serta sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan bahasa media massa.

21 Penggunaan Bahasa Indonesia Tulis (1) Pasal 31, ayat (1): Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam nota kesepahaman atau perjanjian yang melibatkan lembaga negara, instansi pemerintah RI, lembaga swasta Indonesia atau perseorangan warga negara Indonesia. Ayat ayat(2): Nota kesepahaman atau perjanjian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang melibatkan pihak asing ditulis juga dalam bahasa nasional pihak asing tersebut dan/atau bahasa Inggris.

22 Penggunaan Bahasa Indonesia Tulis (2) Pasal 34, Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam laporan setiap lembaga atau perseorangan kepada instansi pemerintahan.

23 Penggunaan Bahasa Indonesia Tulis (3) Pasal 35, ayat (1) Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam penulisan karya ilmiah dan publikasi karya ilmiah di Indonesia.

24 Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan (1) Pasal 32, ayat (1): Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam forum yang bersifat nasional atau forum yang bersifat internasional di Indonesia. Ayat (2): Bahasa Indonesia dapat digunakan dalam forum yang bersifat internasional di luar negeri.

25 Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan (2) Pasal 33, ayat (1) Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam komunikasi resmi di lingkungan kerja pemerintah dan swasta.

26 Fungsi BI berdasar Kedudukannya BI sebagai Bahasa Nasional, berfungsi: 1. Lambang kebanggaan nasional 2. Lambang identitas nasional 3. Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar sos, bud, & bhs 4. Alat perhubungan antarbudaya dan antardaerah BI sebagai Bahasa Negara, berfungsi: 1. Bahasa resmi kenegaraan 2. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan 3. Bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk pembangunan dan pemerintahan 4. Bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi

27 Fungsi lain bahasa secara umum Fungsi umum bahasa  alat komunikasi manusia Fungsi khusus  sesuai tujuan: fatik, konatif, emotif, kultural, politis, edukatif, mengatur diri, mengatur orang lain, interaksi, adaptasi, sosial, dsb.

28 Kedudukan Bahasa Indonesia Kedudukan Bahasa Indonesia FUNGSI BAHASA RAGAM BAHASA RAGAM BAHASA Implikasi BI dalam hidup sehari-hari

29 Problematika Bahasa Indonesia Segi Fonologi dalam bhs Arab  ilmu aswat, yaitu bagaimana lambang bunyi itu dihasilkan oleh artikulator. Lambang bunyi dalam bahasa Indonesia sesuai dengan pengucapannya. Contoh perbedaan pengucapan MTQ (emteqi) dan LPG (elpiji). Permasalahan yang timbul, sebelum mengenal bahasa Indonesia mereka sudah mengenal lebih dahulu bahasa ibu. Orang Tapanuli (Batak) tidak mengenal /ê/ tetapi /é/-- melempem Orang Bali tidak mengenal /t/ dan /d/ tetapi /th/ dan /dh/-- ketentuan Orang Banyumas mengucapkan /k/ secara jelas, berbeda dengan orang Jogja/Surakarta fonem /k/ diucapkan dalam bentuk / ’/ pada kata duduk.

30 Problematika Bahasa Indonesia Segi Morfologi Bahasa Indonesia bersifat aglutinatif, artinya apabila kita akan membentuk kata turunan thanya dengan menambahkan unsur imbuhan pada kata dasar yang sesuai. Persoalan yang timbul, sering terjadi varian bentuk seperti contoh berikut. Tidak Baku Baku mempelopori– memelopori mensukseskan– menyukseskan menterjemahkan – menerjemahkan menterapkan – menerapkan mentargetkan– menargetkan

31 Problematika Bahasa Indonesia Pemakai bahasa harus memahami kaidah morfologi yang benar. Untuk memahami hal tersebut, pemakai bahasa dapat menganalogikan kata bentukan lain yang diawali dengan fonem yang sama, seperti: kering- mengering perah - memerah susah- menyusahkan suci- menyucikan tertib- menertibkan

32 Problematika Bahasa Indonesia Segi Sintaksis (tata kalimat) Setiap bahasa memiliki sistem sendiri. Bahasa Indonesia tidak mengenal tenses, berbeda dengan bahasa Inggris dan Arab Ia adalah seorang murid. (Bhs Ingg mengenal bentuk to be, tetapi to be tdk perlu diterjemahkan) Saya pergi ke Jakarta hari ini. Kamu pergi ke Jakarta besok Dia pergi ke Jakarta kemarin Kata kerja (pergi) tidak berubah walapun keterangan waktu berbeda.

33 Bahasa Indonesia tidak mengenal concord (persesuaian bentuk) SalahBenar semua buku-buku- semua buku seluruh kata-kata- seluruh kata daftar para mahasiswa- daftar mahasiswa sekelompok orang-orang- sekelompok orang Bahasa Indonesia tidak mengenal tingkatan penggunaan bahasa, berbeda dengan bahasa Jawa. Jadi dalam situasi formal tidak perlu menggunakan kata bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Bapak mau tindak ke mana? Silakan kalau Bapak mau kondur dahulu.


Download ppt "Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google