Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Bahasa Indonesia Kelompok 7 Jonathan (XA-26) Juan (XA-27) Lusia (XA-33) Vinsensius (XA-39) Yosephine (XA-40)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Bahasa Indonesia Kelompok 7 Jonathan (XA-26) Juan (XA-27) Lusia (XA-33) Vinsensius (XA-39) Yosephine (XA-40)"— Transcript presentasi:

1 Tugas Bahasa Indonesia Kelompok 7 Jonathan (XA-26) Juan (XA-27) Lusia (XA-33) Vinsensius (XA-39) Yosephine (XA-40)

2 Partisipan Partisipan adalah orang yang berpartisipasi dalam suatu kegiatan.

3 Contoh partisipan:  Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan dari sidang.  Anda harus menjaga kebersihan lingkungan.  Pengajar itu sedang mengajarkan materi baru.  Penculik itu meminta tebusan sebesar Rp ,-.

4 Verba Verba atau kata kerja adalah kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan.

5 Verba Tingkah Laku Verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak). Contoh verba tingkah laku:  Saya menyetujui usulan dari Sandra.  Saran dari Toni ditolak oleh teman- temannya.  Saya sedang berkhayal menjadi seorang pilot.  Pengendara memahami kesalahannya.

6 Verba Material Verba yang mengacu pada tindakan fisik. Contoh verba material:  Saya melempar bola basket ke ring basket.  Anto mendorong Bobi ke dalam sumur.  Johana memotong buah apel.  Jangan hentikan kendaraan anda.

7 Konjungsi Konjungsi (kata sambung) adalah kata tugas yang menghubungkan dua klausa atau lebih. Konjungsi disebut juga dengan istilah kata sambung, kata hubung, dan kata penghubung.

8 Konjungsi Temporal Konjungsi yang mengacu pada urutan waktu dan sekaligus menjadi sarana kohesi teks. Contoh konjungsi:  Pertama,kenali si petugas.  Kedua,pahami kesalahan anda.  Ketiga,pastikan tuduhan pelanggaran.  Keempat,jangan serahkan kendaraan/STNK begitu saja.  Kelima,terima atau tolak tuduhan.

9 Kata Sapaan Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak berbicara (orang kedua) atau menggantikan nama orang ketiga.

10 Contoh kata yang dapat digunaan sebagai kata sapaan :  Nama diri, seperti Toto atau Nur.  Kata yang tergolong istilah kekerabatan, seperti bapak, ibu, paman, bibi, adik, kakak, mas, atau abang.  Gelar kepangkatan, profesi atau jabatan, seperti kapten, profesor, dokter, ketua, lurah, atau camat.  Kata nama, seperti tuan, nyonya, nona, Tuhan, atau sayang.  Kata nama pelaku, seperti penonton, peserta, pendengar, atau hadirin.  Kata ganti persona kedua Anda.

11 Contoh penggunaan kata sapaan:  Mereka pergi ke rumah Pak Camat.  Adik sudah kelas berapa?  Setelah sampai di Yogyakarta, Tuan akan menginap di mana?

12 Kohesi Keserasian hubungan antar unsur yang satu dengan unsur yang lain dalam wacana. Kohesi mengacu pada aspek bentuk atau aspek formal bahasa, dan wacana itu terdiri dari kalimat- kalimat.

13 Kata Ganti Kata ganti atau pronominal adalah jenis kata yang dipergunakan untuk menggantikan nomina/kata benda atau frasa nomina.

14 Jenis kata ganti :  Kata ganti diri Dalam bahasa Indonesia meliputi : aku, kami, kita, engkau, kau, kamu, kalian, anda, ia, dan mereka.  Kata ganti petunjuk Dalam bahasa Indonesia meliputi : ini, itu, di sana, di situ, di sini, sana, sini, dan ke sana.  Kata ganti penanya Dalam bahasa Indonesia meliputi : apa, siapa, dimana, dan mana.  Kata ganti penghubung Dalam bahasa Indonesia meliputi : yang  Kata ganti tak tentu Dalam bahasa Indonesia meliputi : siapa-siapa, masing-masing, sesuatu.

15 Contoh 1:  Motor Pak Agus hilang,dia pun merasa sedih.  Monica membeli mobil baru,mobilnya berwarna merah.  Pak Budi dan Pak Juan sedang berkemas,mereka akan pergi ke Makassar. Contoh 2: Jason melanggar peraturan sekolah tentang penggunaan narkoba.Peraturan itu mempunyai sanksi yang sangat berat. Saya menanam pohon manga di belakang rumah.Pohon itu telah berbuah banyak. Ani sedang belajar menulis.Tulisannya rapi dan bagus.

16 Terima Kasih


Download ppt "Tugas Bahasa Indonesia Kelompok 7 Jonathan (XA-26) Juan (XA-27) Lusia (XA-33) Vinsensius (XA-39) Yosephine (XA-40)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google