Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EQUIMARGINAL & PERMINTAAN. Review Pertemuan Sebelumnya Utilitas Cardinal Vs Ordinal Theory Pilihan yang rational Diminishing Marginal Utility Prinsip.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EQUIMARGINAL & PERMINTAAN. Review Pertemuan Sebelumnya Utilitas Cardinal Vs Ordinal Theory Pilihan yang rational Diminishing Marginal Utility Prinsip."— Transcript presentasi:

1 EQUIMARGINAL & PERMINTAAN

2 Review Pertemuan Sebelumnya Utilitas Cardinal Vs Ordinal Theory Pilihan yang rational Diminishing Marginal Utility Prinsip Dasar Pilihan yg Rasional –Jika MUx / Px > MUy / Py –Jika MUx / Px < MUy / Py Ceteris Paribus

3 Pleasure, Price, And Income Tiga hal utama yg menjadi pertimbangan individu dalam memilih scr rasional (consumer choice)  “theory of self interest”: –“the pleasure”  kesenangan / kepuasan yg diperoleh individu dari konsumsi  UTILITAS –“the price”  harga yang harus dibayar  Opportunity Cost –“the income”  ketersedian dana atau pendapatan  Kendala / CONSTRAINT

4 Optimizing Behavior Seseorang akan berusaha mencari cara terbaik untuk membelanjakan uang yang dimilikinya. Hal tersebut disebut dengan “optimizing behavior” (perilaku optimalisasi) & semua pelaku ekonomi diasumsikan mengoptimalkan sesuatu yg itu mencerminkan perilaku mereka. Sebagai contoh, Perusahaan biasanya diasumsikan akan memaksimalkan keuntungannya.

5 Consumer Optimization Diasumsikan bahwa konsumen berusaha memaksimalkan Utilitas mereka sedangkan pendapatan/income mereka sebagai kendala (constraint). Dengan income yg tersedia konsumen akan berusaha memilih sekumpulan barang/jasa (masing-masing dengan harganya) yang akan memberikan Utilitas terbesar  menggunakan Prinsip Equimarginal

6 The Equimarginal Principle Prinsip yg digunakan untuk memaksimalkan Utilitas. Konsumen dengan income (pendapatan) tetap yg menghadapi harga2 di pasar akan memperoleh Utilitas Maksimal bila “Utilitas Marginal” dari Rupiah terakhir yang dia belanjakan untuk suatu barang adalah sama dengan “Utilitas Marginal’ untuk barang lainnya.

7 Dengan memahami prinsip Equimarginal, kita dapat menurunkan kurva permintaan yg miring dari kiri atas kekanan bawah.

8 = Rp UnitTUMUMU/PTUMUMU/P ISILAH KOLOM YANG MASIH KOSONG PADA TABEL BERIKUT INI !

9 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

10 Bila seseorang memiliki uang (income) Rp.1000,- bagaimana dia akan mengalokasikan uangnya agar tercapai Maksimisasi Utilitas bagi dirinya? Optimizing Behavior  Maximizing Utility

11 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

12 Tahap I Pilihan Pembelian MU/PKeputusan Membeli Sisa Uang Jeruk Pertama10Rp 1000 – Rp 200 = Rp. 800 Apel Pertama12

13 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

14 Tahap II Pilihan Pembelian MU/PKeputusan Membeli Sisa Uang Jeruk Pertama10Rp 800 – Rp 100 = Rp. 700 Apel Kedua10

15 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

16 Tahap III Pilihan Pembelian MU/PKeputusan Membeli Sisa Uang Jeruk Kedua8Rp 700 – Rp 200 = Rp. 500 Apel Kedua10

17 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

18 Tahap IV Pilihan Pembelian MU/PKeputusan Membeli Sisa Uang Jeruk Kedua8Rp 500 – Rp 200 = Rp. 300 Apel Ketiga9

19 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

20 Tahap V Pilihan Pembelian MU/PKeputusan Membeli Sisa Uang Jeruk Kedua8Rp 300 – Rp 100 = Rp. 200 Apel Keempat8

21 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

22 Tahap VI Pilihan Pembelian MU/PKeputusan Membeli Sisa Uang Jeruk Ketiga7Rp 200 – Rp 200 = Rp. 0 Apel Keempat8

23 = Rp Unit ke TUMUMU/PTUMUMU/P

24 Utilitas adalah Maksimal bila setiap utilitas marginal Rupiah terakhir yg dibelanjakan pada setiap barang/jasa adalah sama dengan utilitas marginal barang/jasa MUx/Px = MUy/Py MUjeruk/Pjeruk = MUapel/Papel Jeruk ke 2 = Apel ke 4  8 = 8 This is the utility-maximizing rule or the equimarginal principle.

25 Deriving The Demand Curve The equimarginal principle perfectly explains why demand curves slope downward.

26 Misalkan harga jeruk naik.Misalkan harga jeruk naik. Apa yg terjadi dengan Marginal Utility per Rupiah dari jeruk?Apa yg terjadi dengan Marginal Utility per Rupiah dari jeruk? Dan bagaimana konsumen akan merespon hal tersebut?Dan bagaimana konsumen akan merespon hal tersebut? –Mengurangi konsumsi atau menambah konsumsi jeruk???

27 Dalam rangka memaksimalkan Utilitasnya, kosumen akan mengurangi konsumsi jeruk & menambah konsumsi apel. Hal ini mencerminkan hubungan “negatif” antara harga (P) dgn Jumlah barang yg diminta (Q)  a downward sloping demand curve. Jika Maka

28 The Substitution Effect Ketika harga Jeruk naik, konsumen mengurangi konsumsi jeruk dan mengganti (menambah) dengan konsumsi apel. Ini karena Rupiah terakhir yg dibelanjakan untuk jeruk menghasilkan Utilitas yg lebih kecil diabnding dengan Apel.

29 The Income Effect Ketika harga naik, maka hal tersebut akan menurunkan daya beli (purchasing power) konsumen turun. –Konsumen tidak bisa lagi membeli kombinasi jeruk & apel seperti sebelumnya. –Meskipun pendapatannya tetap tetapi daya belinya turun.

30 The General Principle Bila pilihan barang dan jasa lebih dari 2, maka prinsip equimarginal nya adalah sebagai berikut: MU good 1 P1P1P1P1 = MU good 2 P2P2P2P2 = MU good 3 P3P3P3P3 =..... MU per $ of income =


Download ppt "EQUIMARGINAL & PERMINTAAN. Review Pertemuan Sebelumnya Utilitas Cardinal Vs Ordinal Theory Pilihan yang rational Diminishing Marginal Utility Prinsip."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google