Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membuat APLIKASI SPK dengan Ms. Excel EXCEL Vs SPSS ? Pakailah SPSS : Saat membutuhkan pengolahan data yang membutuhkan ALAT STATISTIK (regresi, factor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membuat APLIKASI SPK dengan Ms. Excel EXCEL Vs SPSS ? Pakailah SPSS : Saat membutuhkan pengolahan data yang membutuhkan ALAT STATISTIK (regresi, factor."— Transcript presentasi:

1

2 Membuat APLIKASI SPK dengan Ms. Excel

3 EXCEL Vs SPSS ? Pakailah SPSS : Saat membutuhkan pengolahan data yang membutuhkan ALAT STATISTIK (regresi, factor analysis, cluster analysis, discriminant analysist. dsb) - Cocok untuk Pengolahan Statistik yang Kompleks - Input data terbatas : 1 kolom = 1 variabel (sama2 Aplikasi untuk Mengolah Data) Pakailah EXCEL : Saat membutuhkan pengolahan data yang membutuhkan penulisan MODEL2 Atau membutuhkan tools Statistik sederhana -Cocok untuk input data ke Spreedsheet yang 1 baris/kolom dpt berisi banyak model. Data EXCEL dapat di EKSPORT/IMPORT ke Data SPSS (dan sebaliknya)

4 Konsep- Konsep dalam Ms. EXCEL “Workbook” = File Terdiri dari “Worksheet” – “Worksheet” WORKSHEET 2x diperlukan saat kita ingin mengelompok-kelompokkan tiap-tiap Data dan Analisisnya Agar lebih mudah dan sistematis. Data-data antar WORKSHEET dapat saling dikaitkan Dalam workbook yang sama! (*contoh di EXCEL)

5 Klasifikasi Model berdasarkan Data yang Diketahui : DETERMINISTIC Model Semua data yang dibutuhkan untuk membentuk model sudah diketahui Contoh : Pada contoh kasus pabrik komputer* PROBABILISTIC Model Terdapat data yang dibutuhkan untuk membentuk model BELUM diketahui secara pasti sebelum sebuah keputusan diambil, Contoh : data penjualan  “Forecating Sub System”

6 MODEL-MODEL TAMPILAN SPK 1. Model Tampilan SPREADSHEET Tampilan hanya 1 Page yang berisi Tabel-Tabel Variabel sekaligus juga Tabel Result Cocok untuk SPK yang bertujuan mengetahui pengaruh perubahan nilai Variabel (Decision Variables) terhadap Result Variable Kelemahan Tampilan Spreadsheet : Modifikasi membutuhkan waktu relatif lama (menghapus nilai sebelumnya, mengisi nilai baru) Hanya menampilkan hasil terakhir, sehingga tidak dapat secara langsung dibandingkan dengan hasil dari nilai variabel lama

7 2. Model Tampilan TABEL Tampilan berisi 2 Page Page 1 : Form isian Tabel 1 atau 2 Variabel dengan Nilai Bervariasi Page 2 : Tabel Result Model Tampilan ini merupakan perbaikan dari Model Spreadsheet Cocok untuk SPK yang bertujuan mengetahui pengaruh variasi nilai 1 atau 2 Variabel (Decision Variables) terhadap Result Variable sehingga Decision Maker scr langsung dapat membandingkan dan memilih Decision Variables yang sesuai

8 3. Model Tampilan GOAL SEEKING Tampilan berisi 2 Page Page 1 : Form isian Nilai/Target Result Variable yang ingin dicapai Page 2 : Tabel Decision Variable agar Result Variable tercapai Cocok untuk SPK di mana Decision Maker menentukan dulu target Nilai Result Variable yang ingin dicapai selanjutnya ia ingin mengetahui Nilai-Nilai Decision Variablesnya

9 4. Model Tampilan SKENARIO Tampilan berisi 2 Page Page 1 : Form isian Nilai-Nilai Baru (Variasi) Lebih dari 1 Decision Variables (boleh 2,3,4,...variable yg divariasi) Page 2 : Summary dari Variasi Nilai Decision Variables & Result Variablesnya Model Tampilan ini merupakan perluasan dari Model Tampilan Tabel Cocok untuk SPK yang bertujuan mengetahui pengaruh variasi nilai banyak Variabel (Decision Variables) terhadap Result Variable sehingga Decision Maker scr langsung dapat membandingkan dan memilih Decision Variables yang sesuai (melalui tampilan “SUMMARY” nya)

10 5. Model Tampilan SOLVER Cocok untuk SPK Masalah OPTIMASI “Masalah Optimasi” adalah masalah perhitungan Result Variable Maksimal/Minimal berdasarkan kendala-kendala (constraint) pada nilai Decision dan Uncontrollable Variables nya

11 Contoh Kasus OPTIMASI Manajer sebuah perusahaan Detailer Obat bermaksud menugaskan Empat orang Salesman (Aswin, Bismar, Chandra, Deny) ke empat kota : - Jakarta - Bandung - Semarang - Surabaya Untuk setiap kota, Manajer hanya akan menempatkan 1 orang saja ( 1 Salesman maks & min hanya menjual di 1 Kota saja  Efisiensi!)

12 SALESMAN JakartaSurabayaBandungSemarang Aswin25 juta35 juta30 juta39 juta Bismar20 juta18 juta28 juta33 juta Chandra17 juta8 juta17 juta45 juta Deny15 juta9 juta40 juta2 juta Dari catatan kinerja keempat Salesman tsb di empat kota Selama ini dicatat : Pertanyaan : Berdasarkan Data Omset yang diperoleh tersebut, Bagaimana Manajer Pemasaran tersebut harus menempatkan masing-masing Salesman di Kota yang tepat agar Semua Salesman dapat Mencapai OMSET MAKSIMAL ?

13 Dapat dianalisis, Dari masalah yang dihadapi terdapat BATASAN (Constraint) berupa : -Syarat tiap kota harus berisi 1 salesman - Tiap salesman maksimal 1 kota


Download ppt "Membuat APLIKASI SPK dengan Ms. Excel EXCEL Vs SPSS ? Pakailah SPSS : Saat membutuhkan pengolahan data yang membutuhkan ALAT STATISTIK (regresi, factor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google