Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KAS. Motif Memegang Kas  Motif Transaksi.  Motif Berjaga-jaga.  Kebutuhan di Masa Mendatang.  Saldo Kas Minimal (Compensating Balances).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KAS. Motif Memegang Kas  Motif Transaksi.  Motif Berjaga-jaga.  Kebutuhan di Masa Mendatang.  Saldo Kas Minimal (Compensating Balances)."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN KAS

2 Motif Memegang Kas  Motif Transaksi.  Motif Berjaga-jaga.  Kebutuhan di Masa Mendatang.  Saldo Kas Minimal (Compensating Balances). Tiga hal yang dilakukan manajer keuangan untuk mengelola kas: 1) Mempercepat pemasukan kas 2) Memperlambat pengeluaran kas 3) Memelihara saldo kas yang optimal.

3 Mempercepat Pemasukan Kas 1. Penjualan kas. 2. Potongan kas (Cash discount). 3. Desentralisasi Pusat Penerimaan Pembayaran. 4. Lockboxes Memperlambat Pengeluaran Kas 1. Pembelian dengan Kredit. 2. Memanfaatkan Float. 3. Menggunakan Draft. 4. Pembayaran Secara Sentral. 5. Cek Dibayar pada Hari Tertentu

4 Analisis Manfaat dan Biaya untuk Mempercepat/Memperlambat Aliran Kas Analisis manfaat-biaya bisa digunakan untuk memutuskan apakah alternatif mempercepat atau memperlambat aliran kas sebaiknya dilakukan atau tidak. Alternatif akan dilakukan jika manfaatnya lebih besar dibandingkan dengan biayanya. Manfaat bisa dihitung sebagai biaya bunga yang bisa diperoleh jika perusahaan memegang kas.

5 Menentukan Saldo Kas Optimal Perusahaan diharapkan memegang saldo kas yg optimal, yaitu saldo kas yang bisa menjaga likuiditas perusahaan, tetapi juga bisa menjaga produktivitas perusahaan. Model Persediaan untuk Kas Untuk menghitung saldo kas optimal, kita perlu mengetahui biaya yang berkaitan dengan penyimpanan kas. Setelah itu kita bisa meminimalkan biaya tersebut. Dengan kata lain, tujuan dari model ini adalah menghitung saldo kas yang optimal, yaitu saldo kas yang bisa meminimalkan total biaya transaksi.

6 Total biaya transaksi yang akan diminimalkan untuk memperoleh saldo kas optimal terdiri dari : (1) Biaya simpan: yang berupa biaya kesempatan (opportunity cost) yang muncul karena perusahaan memegang kas, bukannya memegang surat berharga. Dengan kata lain, biaya kesempatan adalah pendapatan bunga yang tidak bisa diperoleh karena perusahaan memegang kas. (2) Biaya transaksi: biaya transaksi dihitung dari biaya yang harus dikeluarkan ketika manajer keuangan menjual surat berharga. Dengan kata lain, Biaya transaksi merupakan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh saldo kas tersebut.

7 Biaya total dituliskan sebagai berikut ini : Biaya Total = Biaya simpan + Biaya transaksi TC = (C / 2) i + (T / C) b……… (1) TC = (C / 2) i + (T / C) b……… (1) dimana C = Saldo kas optimal yang akan kita cari dimana C = Saldo kas optimal yang akan kita cari i = Tingkat bunga i = Tingkat bunga T = Total kebutuhan kas dalam satu periode T = Total kebutuhan kas dalam satu periode b = Biaya order kas b = Biaya order kas Jika saldo kas optimal besar, maka biaya simpan akan lebih tinggi, tetapi biaya transaksi akan lebih kecil. Sebaliknya, jika saldo optimal kecil, perusahaan akan semakin sering mengisi kas, berarti semakin tinggi biaya transaksi pengadaan kas; tetapi biaya simpan semakin kecil, karena rata-rata persediaan menjadi lebih kecil.

8 Contoh Jumlah kebutuhan uang tunai (T) selama satu tahun adalah Rp. 1,8 milyar. Biaya transaksi Rp Tingkat suku bunga adalah 10%, maka : 1. Jumlah Optimum surat berharga yang ditukar menjadi uang tunai adalah 2. Setelah menghitung C, yaitu saldo optimal dari transfer kas, maka saldo kas rata-rata sepanjang periode adalah :

9 3. Jumlah transaksi atau penukaran surat berharga yang diperlukan dalam setahun adalah : Jadi dalam setahun perusahaan melakukan pengisian kas sebanyak 60 kali 4. Jumlah seluruh biaya untuk mempertahankan saldo kas : TC = Rp (60) + 0,10(Rp ) = Rp Rp = Rp Maka jumlah biaya Rp pertahun inilah akan menekan biaya manajemen kas sampai minimum


Download ppt "MANAJEMEN KAS. Motif Memegang Kas  Motif Transaksi.  Motif Berjaga-jaga.  Kebutuhan di Masa Mendatang.  Saldo Kas Minimal (Compensating Balances)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google