Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Latar belakang 1.Permendiknas No. 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mengatur tentang serangkaian proses dalam program.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Latar belakang 1.Permendiknas No. 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mengatur tentang serangkaian proses dalam program."— Transcript presentasi:

1

2 Latar belakang 1.Permendiknas No. 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mengatur tentang serangkaian proses dalam program penyiapan kepala sekolah/ madrasah. 2.Seleksi untuk menjadi kepala sekolah/madrasah terdiri dari dua bagian, yaitu seleksi administratif dan akademik. 3.Seleksi Akademik : Penilaian Potensi Kepemimpinan (PPK), dan Penilaian Makalah Kepemimpinan (MK). 4.Penilaian Makalah Kepemimpinan ini diatur lebih lanjut dalam Pedoman Permendiknas No. 28 tahun Permendiknas No. 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mengatur tentang serangkaian proses dalam program penyiapan kepala sekolah/ madrasah. 2.Seleksi untuk menjadi kepala sekolah/madrasah terdiri dari dua bagian, yaitu seleksi administratif dan akademik. 3.Seleksi Akademik : Penilaian Potensi Kepemimpinan (PPK), dan Penilaian Makalah Kepemimpinan (MK). 4.Penilaian Makalah Kepemimpinan ini diatur lebih lanjut dalam Pedoman Permendiknas No. 28 tahun 2010.

3 Pengertian kepemimpinan pendidikan MEMPENGARU HI MENGGERAKAN MEMBERDAYAKAN

4 Cakupan kepemimpinan pendidikan KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN GURU KARYAWAN SISWA

5 MAKALAH KEPEMIMPINAN Makalah Kepemimpinan adalah uraian tertulis bebas (esai) yang disusun oleh calon kepala sekolah/madrasah tentang, wawasan, pengalaman penilaian diri dan rencana tindakan kepemimpinan sekolah/madrasah yang meliputi unsur mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan sumber daya pendidikan

6 PERKEMBANGAN MAKALAH KEPEMIMPINAN AWAL MULA Ketentuan Penulisan MK : Makalah dituliskan peserta dengan sistematika yang rigid (Bab I, II, III, referensi, dll). Setiap bagian dari sistematika dinilai. Penulisan dilakukan sebelum seleksi akademik di rumah. LESSON LEARNT Beberapa makalah yang dituliskan peserta di rumah diragukan orisinalitasnya. Sistematika yang begitu rigid membatasi ruang gerak peserta dalam menulis

7 PERUBAHAN PERTAMA Beberapa makalah yang dituliskan peserta di rumah diragukan orisinalitasnya. Sistematika yang begitu rigid membatasi ruang gerak peserta dalam menulis LESSON LEARNT Beberapa makalah yang dituliskan peserta di rumah diragukan orisinalitasnya. Sistematika yang begitu rigid membatasi ruang gerak peserta dalam menulis

8 PERUBAHAN KE DUA MK dituliskan pada saat seleksi akademik. Peserta tidak diperbolehkan untuk membawa referensi apapun. Kertas folio untuk menulis distempel. Substansi lebih menggali pengetahuan peserta ttg kepemimpinan yang telah ada, evaluasi diri mereka tentang praktik kepemimpinan, dan RT. Calon mendapatkan petunjuk untuk peserta LESSON LEARNT Originalitas dijamin Peserta tidak terjebak dengan uraian teori kepemimpinan (seperti pada piloting MK sebelumnya), tetapi benar-benar menuliskan pendapat/pemikiran/pengetahuan mereka tentang kepemimpinan. Petunjuk peserta memudahkan calon untuk mengerjakan. Potensi kepemimpinan tergali.

9 Tujuan penulisan makalah kepemimpinan  Mengetahui wawasan calon kepala sekolah/madrasah tentang keterampilan kepemimpinan.  Mengetahui gambaran tentang implementasi keterampilan kepemimpinan calon, yang ditunjukkan dengan uraian pengalaman dalam menjalankan tugas pokok dan tambahan di sekolah/madrasah.  Mengetahui kemampuan calon dalam melakukan penilaian diri atas implementasi keterampilan kepemimpinan.  Mengetahui kemampuan calon dalam merumuskan rencana tindakan kepemimpinan sekolah/madrasah yang meliputi rencana pengembangan diri dan pengembangan sekolah/madrasah.  Memilih dan memilah calon kepala sekolah/madrasah yang berpotensi untuk menjadi pemimpin sekolah/madrasah yang baik.

10 TERIMA KASIH


Download ppt "Latar belakang 1.Permendiknas No. 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mengatur tentang serangkaian proses dalam program."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google