Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tuna Pancingan Langkah 3: Penanganan Tuna di kapal Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Pengantar 3.1 Mematikan Ikan 3.2 Tusuk Kepala Ikan 3.3 Membuang Darah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tuna Pancingan Langkah 3: Penanganan Tuna di kapal Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Pengantar 3.1 Mematikan Ikan 3.2 Tusuk Kepala Ikan 3.3 Membuang Darah."— Transcript presentasi:

1 Tuna Pancingan Langkah 3: Penanganan Tuna di kapal Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Pengantar 3.1 Mematikan Ikan 3.2 Tusuk Kepala Ikan 3.3 Membuang Darah Ikan 3.4 Memasukkan Nylon 3.5 Mengambil Insang & Mengeruk

2 Pengantar Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Perhatian! Kualitas tuna grade A akan berharga paling tinggi, tetapi bila penanganan ikan diatas kapal tidak baik, maka grade dan harga tuna turun menjadi grade B dan grade C. Pengangkatan ikan ke kapal, mematikan ikan, pendarahan, penyiangan, pembersihan dan pendinginan harus dilakukan secara tepat dan cepat.

3 Langkah 3.1: Mematikan Ikan Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Sesampai diatas kapal, bila ikan tetap berontak maka ikan harus ditenangkan dengan menutupi / menekan mata dengan telapak tangan dan selimuti ikan dengan karung / kain basah. Selanjutnya ikan dapat dipingsankan dengan memukul kepalanya. Cabut mata pancing dari mulut ikan.

4 Langkah 3.2: Tusuk Kepala Ikan Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Temukan titik lunak di kepala ikan, kemudian tusuk dengan kemiringan 45 derajat, kemudian tekan sampai ke otak ikan untuk merusak otak ikan.

5 Langkah 3.3: Membuang Darah Ikan Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Keluarkan darah ikan dengan cara memotong pada bagian belakang sirip dada ikan. Dalamnya potongan tidak boleh lebih dari 2 cm. Panjang potongan antara 5-10 cm. Kemudian siranm air melalui mulut atau kerah insang agar darahnya keluar. Biarkan selama 3 menit sampai darahnya habis keluar.

6 Langkah 3.4: Memasukkan Nylon Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Masukkan nylon monofilamen panjang yang kaku atau kawat stainless steel ke otak melalui lubang yang dibuat oleh spike atau alat coring dan dorong sejuh mungkin ke dalam saluran saraf untuk menghancurkan sumsum tulang belakang. Ikan akan bergetar selama kawat ini (alat Tanaguchi) dimasukkan kedalam tubuh ikan. Apabila tusukannya berada pada titik yang benar maka ikan akan melakukan gerakan terakhir berupa tubuh akan bergetar, mulut akan jatuh terbuka dan sisri punggung… lebih lanjut

7 Langkah 3.5: Mengambil Insang & Mengeruk Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Perut kemudian dibelah menggunakan pisau, tarik dari daerah diantara bekas sisi perut ke arah dubur. Potong ujung usus ikan dekat anus. Masukkan pisau ke belakang penutup insang, potong ke arah depan menuju mata sampai terkena tulang. Lakukan pada kedua belah sisi ikan. Potong membran antara indang dan kerah insang… lebih lanjut


Download ppt "Tuna Pancingan Langkah 3: Penanganan Tuna di kapal Presented by: TA 8224 ADB / JFPR Pengantar 3.1 Mematikan Ikan 3.2 Tusuk Kepala Ikan 3.3 Membuang Darah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google