Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Nilai Rentabilitas dengan Kupon Tahunan. Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian (kontrak) tertulis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Nilai Rentabilitas dengan Kupon Tahunan. Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian (kontrak) tertulis."— Transcript presentasi:

1 1 Nilai Rentabilitas dengan Kupon Tahunan. Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian (kontrak) tertulis untuk membayar : (kontrak) tertulis untuk membayar : a. Sejumlah uang, yang disebut Nilai Nominal pada tanggal tertentu, yang disebut tanggal jatuh tempo. a. Sejumlah uang, yang disebut Nilai Nominal pada tanggal tertentu, yang disebut tanggal jatuh tempo. b. Bunga secara berkala, mulai dari periode pertama sampai periode terakhir (tanggal jatuh tempo). b. Bunga secara berkala, mulai dari periode pertama sampai periode terakhir (tanggal jatuh tempo).

2 Surat Obligasi adalah surat berharga yang dapat diperjual belikan di pasar uang atau pasar modal dengan nilai nominal biasanya merupakan kelipatan dari satuan uang, misalnya Rp1.000,00 ; Rp5.000,00 ; Rp10.000,00 atau lainnya. Persentase bunga yang tercantum pada surat obligasi disebut persentase bunga nominal, dan besarnya bunga tersebut dapat dibayarkan setiap tahun sekali yang disebut Kupon Tahunan atau setiap setengah tahun sekali atau Kupon Setengah Tahunan.

3 Jumlah Nilai Tunai dari semua uang yang akan kita terima berdasarkan perhitungan suku bunga yang kita kehendaki disebut Nilai Rentabilitas dari suatu pinjaman Obligasi dan persentase suku bunga yang kita kehendaki itu disebut persentase Bunga Efektif. Perbandingan antara Nilai Rentabilitas dengan Nilai Nominal disebut Kurs Emisi dan biasanya dinyatakan dalam bentuk persen (%). Jika nilai nominal suatu pinjaman M, persentase bunga nominal p% dan persentase bunga efektif e%, nilai tunai dari pelunasan NT a, nilai tunai dari pembayaran bunga NT b (NT a dan NT b dihitung berdasarkan suku bunga efektif) dan Nilai Rentabilitas adalah R, maka : R = NT a + NT b

4 Andaikan pinjaman tersebut bukan memberikan suku bunga p% melainkan e% maka nilai Rentabilitas adalah M dan nilai tunai pembayaran bunganya menjadi NT b sehingga M = NT a + NT b atau NT b = (M – NT a ) Jadi Rumus Nilai Rentabilitas menjadi : R = NT a + (M – NT a ) dan Kurs Emisi (KE) =  100 % Andaikan pinjaman tersebut bukan memberikan suku bunga p% melainkan e% maka nilai Rentabilitas adalah M dan nilai tunai pembayaran bunganya menjadi NT b sehingga M = NT a + NT b atau NT b = (M – NT a ) Jadi Rumus Nilai Rentabilitas menjadi : R = NT a + (M – NT a ) dan Kurs Emisi (KE) =  100 %

5 Contoh : 1. Pinjaman Obligasi sebesar Rp dengan bunga 5 % akan dilunasi sekaligus setelah 10 tahun. Bila bunganya dibayar setahun sekali, hitunglah nilai Rentabilitas dari pinjaman tersebut berdasarkan bunga efektif 6 % ! 2. Dari suatu pinjaman Obligasi 7,5% sebesar Rp ,00. Hitunglah nilai Rentabilitas pinjaman tersebut atas dasar bunga efektif 5,5 % jika nilai tunai pembayaran bunganya Rp ,00 dan bunganya dibayarkan pada setiap tahun ! Rp ,00. Hitunglah nilai Rentabilitas pinjaman tersebut atas dasar bunga efektif 5,5 % jika nilai tunai pembayaran bunganya Rp ,00 dan bunganya dibayarkan pada setiap tahun !

6 * Nilai Rentabilitas yang dilunasi dengan sistem Anuitas * Nilai Rentabilitas yang dilunasi dengan sistem Anuitas Karena Anuitas terdiri dari bagian untuk angsuran dan bagian bunga, maka untuk menghitung nilai Rentabilitas dari pinjaman dengan cara ini, tidak perlu menghitung Nilai Tunai Pelunasan dan Nilai Tunai pembayaran bunga secara terpisah-pisah, tetapi dihitung langsung dari Nilai Tunai semua pembayaran Anuitas berdasarkan bunga efektif.

7 Contoh : Sebuah pinjaman obligasi 6 % sebesar Rp ,00 dilunasi secara Anuitas selama 10 tahun. Jika bunga efektif 5 %, hitunglah nilai Rentabilitas dari pinjaman tersebut ! Sebuah pinjaman obligasi 6 % sebesar Rp ,00 dilunasi secara Anuitas selama 10 tahun. Jika bunga efektif 5 %, hitunglah nilai Rentabilitas dari pinjaman tersebut !

8 3. Nilai Rentabilitas dari suatu pinjaman yang tidak dapat dilunasi. Bila suatu pinjaman tidak dapat dilunasi, berarti nilai tunai pelunasannya (NT a ) = 0 sehingga tiap tahun hanya dibayar bunganya saja selama jangka waktu yang tidak terbatas. Jadi nilai Rentabilitasnya sama dengan nilai tunai pembayaran-pembayaran bunganya saja. R = M

9 4. Nilai Rentabilitas Pinjaman dengan Kupon Setengah Tahunan. Apabila bunga pinjaman dibayarkan pada setiap setengah tahun, maka setengah dari bunga tahunan itu diberikan pada akhir tengah tahun pertama dan setengahnya lagi pada akhir tahun, demikian seterusnya. Jika NT b adalah nilai tunai pembayaran bunga dengan kupon tahunan, maka nilai tunai pembayaran bunga dengan kupon setengah tahunan adalah :

10 1. 1. Yang dibayarkan pada akhir tahun NT b = ( )(M – NT a ) 2. Yang dibayarkan pada akhir tengah tahun NT b  ( )(M - NT a )(1+ )  ( )(M – NT a ) Jadi nilai Rentabilitasnya adalah : R = NT a + (M–NT a ) + ( )(M–NT a )

11 Contoh : 1. Sebuah pinjaman 5 % sebesar Rp dilunasi sekaligus setelah 4 tahun. Jika bunga dibayarkan setiap setengah tahun, hitunglah nilai Rentabilitas pinjaman itu berdasarkan suku bunga efektif 6% ! 2. Pinjaman obligasi 6% sebesar Rp ,00 dilunasi secara Anuitas selama 10 tahun. Jika bunga dibayarkan setiap setengah tahun berdasarkan suku bunga efektif 5 %, hitunglah nilai Rentabilitas dari pinjaman tersebut !


Download ppt "1 Nilai Rentabilitas dengan Kupon Tahunan. Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian Surat Obligasi adalah sebuah surat perjanjian (kontrak) tertulis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google