Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Database dan Tabel pada Ms Access Julian Adam Ridjal, SP., MP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Database dan Tabel pada Ms Access Julian Adam Ridjal, SP., MP."— Transcript presentasi:

1 Database dan Tabel pada Ms Access Julian Adam Ridjal, SP., MP.

2 Database  Sekumpulan data yang diinformasikan dalam bentuk yang spesifik. Contohnya antara lain : Buku telepon, Kamus, Buku Alamat, dll.

3 Sistem Manajemen Database  Suatu relasi database yang dibangun untuk menghubungkan data dalam suatu cara tertentu. Contohnya : Menghubungkan database mahasiswa dengan database dosen, dll.

4 Keuntungan Sistem Manajemen Database  Dengan relasi database ini, mempermudah dalam mencari, menganalisa, mengorganisasikan dan melindungi data sejak kita memasukkannya dalam database.

5 Database dalam Ms Access  Form  Query  Report  Tabel  Macro  Modul  Page

6 Tabel, Field, Record  Tabel adalah salah satu objek database yang digunakan sebagai penyimpanan data secara permanen. Contohnya : sebuah tabel yang berisi data tentang MAHASISWA, DOSEN atau DATA PENJUALAN.  Tabel mengatur data di dalam Kolom (pada Access disebut Field) dan Baris(pada Access disebut Record).  Setiap Field berisi informasi dalam kategori tertentu. Contohnya : NIP, NAMA, ALAMAT, KOTA, PENDIDIKAN, dll.

7 Tampilan Tabel Database

8 Kolom Tabel (Field) Baris Tabel (Record)

9 Catatan :  Agar database yang kita miliki dapat menyimpan data secara permanen, maka di dalam database tersebut harus terdapat minimal satu tabel.

10 3 Bagian Penting Tabel Database  Field Name digunakan untuk memasukkan nama masing-masing field.  Data Type untuk menentukan tipe data yang dimasukkan ke dalam field name.  Description bagian yang digunakan sebagai keterangan dari masing-masing field. Bagian ini bersifat optional.

11 Jenis Data Type pada Database Tipe FieldBerisiBatas Text (Default)Teks atau kombinasi teks dan angka atau hanya angka yang tidak dapat dilakukan suatu penghitungan, misal Nomor telepon. Sampai 255 karakter atau sesuai dengan pengaturan panjangnya dengan menggunakan properti Field Size. MemoTeks panjang atau kombinasi teks dan angka. Sampai karakter NumberData angka yang akan digunakan untuk perhitungan matematika. Misalnya Gaji, Pendapatan, Panjang, Lebar. 1,2,4,8 sesuai dengan jenis pengaturan yang digunakan, yaitu dalam properti field size.

12 Jenis Data Type pada Database Tipe FieldBerisiBatas Date/TimeNilai tanggal dan waktu untuk tahun 100 sampai bytes CurrencyNilai mata uang dan data angka yang bisa digunakan untuk perhitungan matematika yang disertai dengan satu sampai empat desimal. Ketelitian sampai 15 digits di sebelah kiri tanda desimal 8 bytes

13 Jenis Data Type pada Database Tipe FieldBerisiBatas Auto NumberSebuah daftar angka urut atau angka acak yang dimasukkan oleh program pada saat kita memasukkan record baru pada sebuah tabel. Field Auto Number tidak dapat diupdate. 4 bytes Yes/NoNilai Yes dan No pada field yang berisi hanya satu dari dua nilai (True/False, On/Off). 1 bit.

14 Jenis Data Type pada Database Tipe FieldBerisiBatas OLE ObjectSebuah objek (seperti spreadsheetnya Excell, dokumennya Word, grafik, suara) yang dihubungkan atau ditempelkan pada sebuah tabel database. Sampai 1 gigabyte (dibatasi dengan kapasitas disk yang dipakai). Lookup WizardNilai dari tabel atau dari nilai combo box Ukurannya sama dengan primary key field yang digunakan untuk lookup, ditulis 4 bytes.

15 SELAMATBELAJAR


Download ppt "Database dan Tabel pada Ms Access Julian Adam Ridjal, SP., MP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google