Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemateri Abelio Juniar / 13211111.  Fitur Pencacah pada ATMega. Menghitung dari nilai 0 ke nilai maksimal, kembali lagi ke 0.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemateri Abelio Juniar / 13211111.  Fitur Pencacah pada ATMega. Menghitung dari nilai 0 ke nilai maksimal, kembali lagi ke 0."— Transcript presentasi:

1 Pemateri Abelio Juniar /

2  Fitur Pencacah pada ATMega. Menghitung dari nilai 0 ke nilai maksimal, kembali lagi ke 0.

3  Timer0 dan Timer2 adalah Timer 8 bit, sesuai dengan namanya timer 8 bit yakni timer yang dapat mencacah dari atau 0x00 - 0xFF.  Timer1 adalah Timer 16 bit, sesuai dengan namanya timer 16 bit yakni timer yang dapat mencacah dari atau 0x xFFFF.

4  Register yang digunakan sebagai pencacah adalah TCNT.  TCNT = (1+0xFFFF) - (waktu *( XTAL / prescaler) )  waktu = waktu yg kita inginkan XTAL = frekuensi xtal yg dipakai prescaler = nilai prescaler

5  Prescaler diatur oleh TCCR1. Tepatnya pada TCCR1B bit ke 2..0

6  Register TCNT = register pencacah dari 0 sampai nilai maximum yg kita tentukan.  Register TCCR =Untuk pengaturan mode operasi Timer/Counter  Register TIMSK =Untuk memilih Timer Counter mana yg aktif.  Register TIFR = Untuk mengetahui adanya interupsi akibat operasi Counter Timer.  Register OC (output compare) = untuk menyimpan nilai pembanding dgn nilai pd register TCNT.

7

8  Normal Mode  Mode Input Capture  Fast PWM  Phase Correct PWM  CTC (Compare Time Match

9 Tab Timer 1 Tandai Timer 1 Overflow

10 fungsi ini akan menginterupsi program yang sedang diproses dan mengerjakan program lain yang ada dalamnterrupt Service Routine (ISR) yang akan melakukan apapun yang harus dilakukan saat terjadi interupsi. interupsi ini biasa digunakan ketika prosessor harus segera merespon ke interrupt atau dalam kasus- kasus dimana sangat tidak efektif atau boros untuk prosessor dalam memilih sebuah perintah untuk dilaksanakan. sumber sinyal interrupt : eksternal interrupt INT0, INT1, dan INT2, Nilai cacahan pada timer0, timer1, timer2, Kondisi transfer data serial, Konversi ADC telah selesai, Kondisi nilai output dari analog comparator, Transfer data Two-wire serial interface

11


Download ppt "Pemateri Abelio Juniar / 13211111.  Fitur Pencacah pada ATMega. Menghitung dari nilai 0 ke nilai maksimal, kembali lagi ke 0."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google