Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Argumen  Sejumlah pernyataan atau proposisi, satu diantaranya sebagai kesimpulan dari yang lainnya, sementara pernyataan- pernyataan lainnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Argumen  Sejumlah pernyataan atau proposisi, satu diantaranya sebagai kesimpulan dari yang lainnya, sementara pernyataan- pernyataan lainnya."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian Argumen  Sejumlah pernyataan atau proposisi, satu diantaranya sebagai kesimpulan dari yang lainnya, sementara pernyataan- pernyataan lainnya ini dinilai mendukung kebenaran kesimpulan yang ditarik

3  Argumen dengan logika formal  silogisme  Premis mayor: A – B  Premis minor: C – A  Konklusi: C – B  entimem (partial syllogism)  Satu premis dilampaui

4  Struktur Toulmin Data Klaim Warrant Backing Rebuttal Qualifier

5  INDUKSI  Kesimpulan yang diperoleh tidak lebih khusus daripada pernyataan (premis)  DEDUKSI  Kesimpulan yang diperoleh tidak lebih umum daripada premis.

6 Reasoning  From Cause  From Generalization  From Symptom/Sign  From Analogy

7 Beberapa Fallacies yg perlu diperhatikan Tautologi False dilemma Simplifikasi Generalisasi Truism Salah analogi Premis irasional Absolutis Bukti tak nyata “tergantung pada orangnya”

8  Contoh-contoh salah nalar  “Dia pasti cepat mati karena mengidap sakit jantung”  “Gadis Bandung cantik-cantik dan lelaki Spanyol seksi”  “Dia bunuh diri agar kejahatannya tak diketahui”  “Dia hamil sejak mulai membersihkan kuburan leluhurnya”

9  “Pongah, mahasiswa Fisip UAJY angkatan 2020, lulus matakuliah Penulisan Ilmiah dengan nilai A. Oleh sebab itu, Joli, mahasiswa Fisip UAJY angkatan 2030, tentu dapat lulus Penulisan Ilmiah dengan nilai A juga”  “Kamu tidak boleh berteman dengan dia karena bapaknya koruptor”  “Perbaikan konstruksi pembangunan gedung Fisip itu akhirnya diwujudkan sesuai saran dari Bapak Tua, seorang ahli linguistik”

10  NOTES:  Menulis tidak hanya untuk mengungkapkan apa yang kita pikirkan, tapi juga menunjukkan mengapa seseorang setuju dengan suatu hal dan mengapa itu menjadi masalah.

11  Apa yang kita pikirkan tidak lah akan menjadi kebenaran mutlak. Kesimpulan- kesimpulan kita adalah parsial, tidak lengkap dan akan selalu mengundang perdebatan. Tulisan seyogyanya memungkinkan pihak lain untuk menguji penalaran kita. Karenanya tulisan perlu menyodorkan serangkaian klaim, reasons dan tanggapan-tanggapan yang mungkin akan muncul.

12  Apa yang meyakinkan pembaca bahwa suatu hal itu penting bukanlah melalui pernyataan dalam kata “penting”, melainkan uraian yang menyatakan substansi dari hal tersebut.

13  CLARITY / KEJELASAN merupakan hal utama dalam sebuah tulisan. Karena kita tidak menulis untuk diri sendiri, tetapi untuk dibaca dan dipahami oleh orang lain.  Sebuah tulisan yang JELAS adalah yang tidak berulang kali mengundang pertanyaan: “What do you mean?”

14 Jalan terbaik untuk memiliki keterampilan menulis ilmiah adalah dengan berlatih dan praktek!


Download ppt "Pengertian Argumen  Sejumlah pernyataan atau proposisi, satu diantaranya sebagai kesimpulan dari yang lainnya, sementara pernyataan- pernyataan lainnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google