Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dipersiapkan oleh : Penny Handayani Tarmidi. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dipersiapkan oleh : Penny Handayani Tarmidi. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas."— Transcript presentasi:

1 Dipersiapkan oleh : Penny Handayani Tarmidi

2

3 Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas

4

5 PERUBAHAN PARADIGMA DALAM PENDIDIKAN From teacher-centered instruction From single-sense Stimulation From single-path Progression From single media From isolated work From information delivery To student-centered Instruction To multisensory stimulation To multipath progression To multimedia To collaborative work To information exchange

6 E-learning adalah cara pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan media elektronik (internet, intranet, satelite, tape audio/video, TV interaktif, CD ROM interaktif) untuk menyampaikan bahan ajar maupun interaksi antara siswa dan pengajar

7 Konsep E-Learning BUKAN teacher- controlled learning learner- controlled learning traditional physical classroom learning online learning

8 TYPOLOGY OF E-LEARNING Coomey and Stephenson (www.benvic.odl.org)

9 The four quadrants represent each a teaching- learning paradigm: teacher controlled, specified learning activities (NW quadrant) teacher controlled, open-ended or strategic learning (SW quadrant) learner managed specified learning activities (NE quadrant) learner managed open-ended or strategic learning (SE quadrant).

10 KEUNTUNGAN Menghemat waktu proses belajar mengajar Mengurangi biaya perjalanan Menghemat biaya pendidikan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)

11 KEUNTUNGAN Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas Adanya bantuan profesional secara on-line Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

12 Kekurangan E-Learning Butuh usaha lebih dalam mempersiapkan materi pembelajaran Siswa perlu selalu dimotivasikan dan diorganisasikan Harus memperhatikan sisi paedagogi dari suatu materi

13 ‘synchronously’ ‘ansynchronously’ Partisipan terlibat dalam pertukaran ide atau informasi tanpa adanya ketergantungan dari partisipan lainnya pada saat yang sama.  e-mail, blogs, forum diskusi Partisipan terlibat dalam pertukaran ide atau dengan partisipan lainnya pada saat yang sama.  chatting, face to face discussion

14 Metode pembelajaran e-learning memiliki 3 kunci penting: 1. Instruction  adanya arahan tugas yang jelas 2. Interaction  adanya sarana untuk berkomunikasi (siswa-siswa, siswa-pengajar, siswa-sumber lain) 3. Evaluation  adanya kriteria keberhasilan (bagi siswa & program)

15 E-Learning VS Distance Learning

16 Distance Learning is an educational process in which a significant proportion of the teaching is conducted by someone removed in time an/or place from the learner, but linked by various technologies transmitting voice, video, data, and print information.

17 Blended Learning An educational experience created cost-effectively using a mix of integrated distance learning technologies such as videoconferencing, e- learning, videos, and CD-ROM. A blend will include traditional F2F classroom activities, print materials and other instructional strategies such as action learning, interactivity and case studies.

18 Spectrum of Delivery Modes One Place Same Time Multiple Places, Same Time or Different Time Anywhere Anytime F2F Classroom Teaching Distance Learning Blended Learning Pure e- Learning

19 Faktor yang Perlu Diperhatikan E-learning  fokus utamanya adalah siswa Siswa mandiri dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya Siswa melakukan active learning

20 Tugas Pengajar Menyusun bahan belajar Mengemas menjadi bahan belajar on-line Berkomunikasi dengan siswa Memberi tugas Mendorong siswa untuk saling berkomunikasi Menyediakan waktu menjawab pertanyaan Mendorong siswa aktif berdiskusi

21 E-Learning is not just "E-Training" — it is the synergy of information-on-demand, multimedia communication, social collaboration, instruction, discovery and exploration that interactively engages the learner with greater learning opportunity. Richard Otto Cognitive Design Solutions

22


Download ppt "Dipersiapkan oleh : Penny Handayani Tarmidi. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google