Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODEL DATA LANJUTAN Latifah Rifani. PROSES DESAIN DATABASE Analisis persyaratan. Desain database konseptual. Desain database logika. Perbaikan skema.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODEL DATA LANJUTAN Latifah Rifani. PROSES DESAIN DATABASE Analisis persyaratan. Desain database konseptual. Desain database logika. Perbaikan skema."— Transcript presentasi:

1 MODEL DATA LANJUTAN Latifah Rifani

2 PROSES DESAIN DATABASE Analisis persyaratan. Desain database konseptual. Desain database logika. Perbaikan skema. Desain database fisik. Desain aplikasi dan keamanan.

3 ANALISIS PERSYARATAN Memahami dan mengetahui data yang harus disimpan dalam database, aplikasi apa saja yang harus dibangun di atasnya, jenis operasi apa yang akan digunakan, dll.

4 DESAIN DATABASE KONSEPTUAL Informasi yang dikumpulkan pada tahap analisis persyaratan digunakan untuk mengembangkan deskripsi data tingkat tinggi. Tahapan ini sering menggunakan ERD. Tujuannya untuk menciptakan gambaran sederhana tentang data yang mirip pemikiran pengguna.

5 DESAIN DATABASE LOGIKA Merubah ERD menjadi skema database relational. Tujuannya adalah untuk memperoleh skema konseptual pada model data relational yang sering dinamakan skema logika.

6 PERBAIKAN SKEMA Analisis sekumpulan relasi dalam skema database relasional untuk mengidentifikasikan permasalahan yang muncul dan memperbaikinya.

7 DESAIN DATABASE FISIK Mencakup pembuatan indeks pada beberapa tabel, mengelompokkan beberapa tabel atau melibatkan desain ulang yang substansial terhadap beberapa bagian skema database.

8 DESAIN APLIKASI DAN KEAMANAN Semua proyek perangkat lunak yang terlibat dalam DBMS harus mempertimbangkan aspek aplikasi yang berada di luar database. Enkripsi Digital Signature.

9 JENIS-JENIS ATRIBUT Key: – Atribut yang digunakan untuk menentukan suatu entity secara unik. Atribut Simple: – Atribut yang bernilai tunggal (atomik). Atribut Multivalue: – Atribut yang memiliki sekelompok nilai untuk setiap instan entity.

10 mahasiswa NIM Nm_mhs Tgl_lahir hobi

11 Cont… Atribut Composite: – Suatu atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil yang mempunyai arti tertentu. Karyawan Nopeg Nama Pertama Tengah Akhir

12 Atribut Derivatif Suatu atribut yang dihasilkan dari atribut yang lain. Karyawan Nopeg Tgl_Lahir Umur

13 Participation Constraint Participation constraint merupakan batasan yang menjelaskan apakah keberadaan suatu entity tergantung pada hubungannya dengan entity lain Terdapat 2 macam participation constraint, total participation contraints dan partial participation constraints

14 Total Participation Keberadaan suatu entity tergantung pada hubungannya dengan entity lain. karyawanbagian punya m1

15 Partial Participation Keberadaan suatu entity tidak tergantung pada hubungannya dengan entity lain. karyawanproyek kerja m1

16 Transformasi dari ERD ke Database Relasional Entity-Relationship Diagram menjadi basis data. Entity menjadi tabel dan atribut menjadi kolom/field dari tabel. Entitas lemah  key dari “owner” (entitas kuat) ke tabel entitas lemah. Setiap tipe Entity dibuat suatu relasi yang memuat semua atribut simple, sedangkan untuk atribut composite hanya dimuat komponen-komponennya saja.

17 Karyawan Nopeg Nama Pertama Tengah Akhir Karyawan (Nopeg, Pertama, Tengah, Akhir)

18 2.Setiap relasi yang mempunyai atribut multivalue, buatlah relasi baru dimana Keynya merupakan gabungan dari Primary Key dari relasi tersebut dengan atribut multivalue. mahasiswa NIM Nm_mhs Tgl_lahir hobi Hobi_Mhs(NIM, hobi)

19 3.Setiap Unary Relationship 1:N, pada relasi perlu ditambahkan suatu foreign key yang menunjuk ke nilai primary keynya. karyawanprojek mengerjakan m1 NIP Nama Kd_ProjekNIP

20 4.Setiap Unary Relationship M:N, buatlah relasi baru dimana primary keynya merupakan gabungan dari dua atribut dimana keduanya menunjuk ke primary key relasi awal dengan penamaan yang berbeda.

21 mahasiswaMata kuliah NIM Nm_mhsKd_mk Nm_mk nm semester SKS mempelajari NIM Kd_mk Pelajari(NIM, Kd_MK, JUMLAH)

22 5.Untuk CR 1:1 dengan atau tanpa total participation maka akan dibuat tabel baru berdasarkan relationship, dimana kolom- kolomnya terdiri dari alternate key, dan primary key dari masing-masing entity. nipNama_dos Tabel Dosenkode_jurnama_jur Tabel Jurusanperiodekode_jurnip Tabel kaprodi Dosen nipnama_dos Jurusan kode_jurnama_jur mengepalai 1 1 periode

23 6.Untuk CR 1:N dengan atau tanpa total participation maka primary key dari sisi 1 masuk ke sisi N. nipnama_dos Tabel Dosennimnama_mhsnip Tabel Mahasiswa Dosen nipnama_dos mahasiswa nimnama_mhs perwalian 1 N

24 Q UESTIONS ?

25 NARO Ticketing ingin membuat suatu sistem informasi ticketing. Mereka memiliki beberapa buah kapal. Setiap kapal memiliki nama, kelas, kode kapal, harga dan kapasitas. Di dalam setiap penjadwalan, kapal tersebut tidak hanya melayani satu penumpang saja. Data yang harus dicatat dari setiap penumpang berupa no tiket, nama, alamat dan no telp. Berdasarkan keterangan diatas, buatlah ERD dengan lengkap dan lakukan transformasi ke dalam tabel fisik.

26 mahasiswaMata kuliaj mengambil mn NIM Nama Kd_MKNm_MK nilai Buatlah tabel relational dari ERD di atas.


Download ppt "MODEL DATA LANJUTAN Latifah Rifani. PROSES DESAIN DATABASE Analisis persyaratan. Desain database konseptual. Desain database logika. Perbaikan skema."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google