Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGUTIP DAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN Oleh: Trisna Andarwulan S.S.,M.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGUTIP DAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN Oleh: Trisna Andarwulan S.S.,M.Pd."— Transcript presentasi:

1 MENGUTIP DAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN Oleh: Trisna Andarwulan S.S.,M.Pd

2 DEFINISI Kutipan adalah pengambilalihan gagasan, ide, pendapat penulis/orang lain, baik itu satu kalimat atau lebih untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen tulisan sendiri.

3 Buku Artikel Majalah Koran Dokumen resmi Skripsi Makalah Internet Kaset rekaman Apa yang bisa kita kutip?

4 SISTEM PELETAKAN KUTIPAN Catatan Perut Catatan Kaki

5 Catatan kaki (footnote)  keterangan tambahan yang terletak di bagian bawah halaman dan dipisahkan dari teks karya ilmiah oleh sebuah garis sepanjang dua puluh ketukan (dua puluh karakter) (Nama pengarang, judul dengan huruf italic, Jilid, cetakan, tempat, nama penerbit, tahun, dan halaman (disingkat h. Saja)) Catatan perut (innote)  keterangan tambahan yang terletak di setelah/sebelum teks yang dikutip dengan hanya mencantumkan nama belakang penulis, tahun, dan halaman buku. Contoh: Pelanggaran HAM anak yang terjadi mulai dari pembuangan bayi, penelantaran anak, gizi buruk, dan penularan HIV/AIDS (Sirait, 2010: 31).

6 PRINSIP DALAM MENGUTIP 1.Pengutipan dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Namun, pengutipan sebaiknya dilakukan secara tidak langsung untuk menghindari parade pengutipan. 2.Kutipan dianggap benar jika pengutip menunjukkan sumber atau asal kutipan 3.Sumber rujukan anonim tidak dikehendaki. Mengutip kutipan juga tidak diperkenankan 4.Kutipan hendaknya diambil seperlunya agar tidak merusak uraian sebenarnya. 5.Kutipan yang panjang sebaiknya dimasukkan dalam lampiran. 6.Menghilangkan bagian kutipan diperkenankan dengan syarat bahwa penghilangan bagian itu tidak menyebabkan perubahan makna.

7 CARA MENGUTIP Nama penulis ditulis pada bagian permulaan kalimat ◦ Contoh: “Emil (2007) melaporkan bahwa bahan dasar harus tersedia dengan cukup untuk menjamin kelancaran produksi”. Nama penulis ditulis pada tengah kalimat ◦ Contoh: “Meskipun komunikasi formal sangat penting bagi organisasi besar, seperti dilaporkan oleh Purwanto (2006:14), bagi sudut pandang individual maupun perusahaan dirasa kurang menguntungkan”. Nama penulis ditulis pada akhir kalimat ◦ Contoh: Hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa gelombang globalisasi membawa dampak besar bagi perkembangan teknologi di Indonesia (Andar, 2011).

8 Bila jumlah penulis ada 2 atau 3, semua nama penulis harus disebutkan dan dikutip dengan menggunakan kata “dan” atau tanda “&”. ◦ Contoh: “Menurut Evan dan Maxwell (2008:56) “faktur pajak merupakan bukti pungutan pajak yang dapat digunakan sebagai saran pengkreditan pajak masukan”. Bila jumlah penulis lebih dari 3, dikutip menggunakan “et all” atau “dkk”. ◦ Contoh: Ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar (Soebronto dkk, 1990:120).

9

10 KUTIPAN LANGSUNG Kutipan langsung adalah pengambilalihan penuh gagasan, ide, pendapat orang lain sesuai teks aslinya (salin-tempel teks).

11 Jenis Kutipan Langsung Kutipan kurang dari 40 kata Kutipan ini berisi kurang dari 40 kata atau kurang dari 4 baris, sering disebut juga dengan kutipan langsung pendek. Cara penulisannya adalah diketik seperti ketikan teks; diawali dan diakhiri dengan tanda petik (“ “); terpadu dalam teks utama; diikuti dengan nama akhir penulis, tahun dan nomor halaman tanpa spasi; nama penulis dapat ditulis terpadu dalam teks atau menjadi satu dengan tahun dan nomor halaman di dalam kurung. Contoh ◦ Soebroto (1990:123) menyimpulkan “ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar”. ◦ Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah “ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar” (Soebronto, 1990:123).

12 Kutipan 40 Kata atau Lebih Kutipan ini terdiri atas 4 baris atau 40 kata atau lebih, sering disebut juga dengan kutipan langsung panjang. Cara penulisannya adalah: ditulis tanpa tanda kutip; nomor halaman harus ditulis; dimulai 5-7 ketukan dari batas tepi kiri sesuai dengan alinea teks pengutip; bila kutipan dimulai dengan alinea baru, maka baris pertama kutipan dimasukkan lagi 5-7 ketukan; sumber rujukan ditulis langsung sebelum teks kutipan; dan diketik dengan spasi tunggal. Lihat contoh berikut! Mangkunegara (2009:86) memberikan penjelasan benefit yang lugas pada uraian berikut ini. Program benefit bertujuan untuk memperkecil turnover, meningkatkan modal kerja, dan meningkatkan keamanan. Adapun kriteria program benefit adalah biaya, kemampuan membayar, kebutuhan, kekuatan kerja, tanggung jawab, sosial, reaksi kekuatan kerja, dan relasi umum.

13 Kutipan Penghilangan Sebagian Cenderung digunakan pada jenis kutipan langsung panjang agar lebih efisien. Ditulis dengan menggunakan tanda elipsis (...). Tanda ini digunakan untuk menghilangkan kata-kata atau bagian kalimat yang kurang diperlukan. Contoh: “Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah … diharapkan sudah melaksanakan kurikulum baru” (Manan, 1995:278). Apabila ada kalimat yang dibuang, kalimat tersebut diganti dengan empat titik (….). Contoh: ◦ “Gerak manipulatif adalah keterampilan yang memerlukan koordinasi antara mata, tangan, atau bagian tubuh lain …. Yang termasuk gerak manipulatif antara lain menangkap bola, menendang bola dan menggambar” (Asim, 1995:315).

14 KUTIPAN TIDAK LANGSUNG Kutipan tidak langsung adalah pengambilalihan ide, gagasan, pendapat orang/karya lain dengan mengubah ke dalam bahasa pengutip (salin- tempel ide).

15 CONTOH “Persuasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain agar mereka percaya dan akhirnya bertindak dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara” (Keraf, 1983:3). Kutipan langsung di atas, dapat diubah menjadi kutipan tidak langsung berikut ini. Menurut Keraf (1983:3), persuasi pada dasarnya tulisan yang bersifat mempengaruhi keyakinan pembaca agar bertindak bahkan mengikuti apa yang dikatakan penulis.

16 ATURAN PADA KUTIPAN TIDAK LANGSUNG Kutipan berupa intisari dari kutipan asli Kutipan tidak diapit tanda kutip (“ “) Kutipan terpadu/terintegrasi dalam teks Ketentuan spasi dan margin sama dengan teks yang lain Sumber rujukan dapat ditulis sebelum atau sesudah kalimat- kalimat yang mengandung kutipan Apabila ditulis sebelum teks kutipan, nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka masuk ke dalam teks, diikuti dengan tahun terbit diantara tanda kurung. Apabila ditulis sesudah teks kutipan, rujukan ditulis di antara tanda kurung, dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka, titik dua, dan diakhiri dengan tahun terbit.

17 DAFTAR RUJUKAN Daftar rujukan/pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul-judul buku, artikel, makalah, dan bahan-bahan dalam bentuk lainnya yang dijadikan sumber atau rujukan untuk sebuah buku atau bentuk tulisan lain. Daftar kepustakaan atau bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan yang tengah digarap.

18 FUNGSI DAFTAR RUJUKAN

19 UNSUR-UNSUR PADA DAFTAR RUJUKAN Nama penulis, ditulis secara lengkap dan disusun terbalik. Judul buku, juga termasuk anak judulnya atau judul tambahan. Data publikasi, meliputi nama penerbit, tahun terbit, dan di mana terbitnya buku tersebut. Jika perlu sertakan cetakan ke berapa. Untuk artikel atau tulisan di majalah, perlu ditulis juga nama pengarangnya, judul artikel, nama majalah, nomor, dan tahun terbit.

20 Buku : Penulis, tahun, judul buku (harus ditulis miring) volume (jika ada), edisi (jika ada), kota penerbit dan nama penerbit. Yamin, H.M Profesionalisme Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press. Cahyono, C.H Ensiklopedia Politik (Volume 3). Surabaya: Usaha Nasional. Buku Terjemahan : Penulis asli, tahun buku terjemahan, judul buku terjemahan (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), (diterjemahkan oleh : nama penerjemah), kota penerbit terjemahan dan nama penerbit terjemahan. Bambang Hastobroto Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Terj. John Creswell. Jakarta: KIK Press. Artikel dalam Buku : Penulis artikel, tahun, judul artikel, nama editor, judul buku (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), halaman (jika ada), kota penerbit dan nama penerbit. Margono Manajemen Jurnal Ilmiah. Dalam M.G. Waseso & A. Saukah (Eds.), Menerbitkan Jurnal Ilmiah (hlm ). Malang: Univ. Negeri Malang. RUJUKAN DALAM BENTUK BUKU

21 RUJUKAN DALAM BENTUK ARTIKEL DI MAJALAH ILMIAH Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume dan halaman. Contoh: Catur, S. 14 Juli HKTI dalam Sandra Parpol. Jawa Pos, hlm. 4. Suryadarma, S.V.C Prosesor dan Interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4):

22 RUJUKAN DALAM BENTUK MAKALAH PADA SEMINAR ILMIAH Makalah dalam prosiding seminar: Penulis, tahun, judul makalah (cetak miring), diikuti “Makalah disajikan dalam…”, nama pertemuan, lembaga penyelenggara, tempat, dan tanggal serta bulan. Suwono, H Survei Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Pembelajaran Sains SD di Kota Batu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang, 3 Desember. Makalah diseminarkan dan dimuat di Internet Nama, tahun, judul, tempat, dan tanggal penyajian ditulis seperti makalah tercetak, situs, alamat situs dan tanggal akses. Schafer, M. & Moody, M Designing Accountability Assessments for Teaching. Makalah disajikan pada the Annual Meeting of the National Council on Measurement in Education, Chicago, 22 April Dalam Eric database, (Online), (http://www.erics), diakses 3 Mei 2005http://www.erics

23 RUJUKAN CATATAN KULIAH YANG DIMUAT DI INTERNET Nama pengajar, tahun kuliah, kode dan nama mata kuliah (dicetak miring), nomor pertemuan, alamat situs (dalam tanda kurung), dan diakhiri tanggal akses. Bond, T ED1401: Childhood and Adolescence, Catatan Minggu ke-12, (Online), (http://learnjcu2004.jcu.edu.au), diakses 23 Februari 2005.

24 RUJUKAN KARYA AUDIO/VISUAL/AUDIOVISUAL Nama, tahun, judul (dicetak miring), dan diberi keterangan tentang bentuk produk (misalnya kaset rekaman), kota tempat diproduksi, nama perusahaan rekaman. Dewa Laskar Cinta, (Kaset rekaman). Jakarta: Ahmad Dhani Production-PT Aquarius Musikindoreg.

25 RUJUKAN DARI INTERNET BERUPA PRIBADI Nama pengirim (jika ada), disertai keterangan dalam kurung (alamat pengirim), diikuti tanggal, bulan, tahun, topik isi bahan (dicetak miring), nama yang dikirimi disertai keterangan dalam kurung (alamat yang dikirimi). Naga, Dali S. 1 Oktober Artikel untuk JIP. kepada Ali Saukah

26 RUJUKAN ARTIKEL DALAM INTERNET (tidak diperkenankan melakukan sitasi artikel dari internet yang tidak ada nama penulisnya) Artikel majalah ilmiah versi cetakan : Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume dan halaman. Artikel majalah ilmiah versi online Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume, halaman dan alamat website, diakses Artikel umum Penulis, tahun, judul artikel, alamat website (harus ditulis miring), diakses tanggal

27 LATIHAN Niken Saraswati menulis suatu artikel di surat kabar Kompas pada 3 Oktober 2012 yang berjudul indahnya berbagi antar sesama. Mac Dower menulis buku yang berjudul planning aspects of second homes. Buku ini diterbitkan tahun 1997, yang kemudian diedit oleh J.T. Coppock dan D. Hunt dengan judul Second Homes: Curse or Blessing? Pada halaman , di Oxford. Penerbit buku ini yaitu Pergamon. G.I Meter menulis disertasi yang berjudul hubungan antara perilaku kepemimpinan, iklim dan profesionalisme guru dengan motivasi guru pada SMUN di Bali tahun Karyanya ditulis di malang, pada PPS UM. Artikel di Jurnal Ilmu Pendidikan, nomor 16 (1), hal 12-21berjudul budaya tawuran pelajar jabodetabek, ditulis oleh Aji Wira Dwija pada tahun Diakses tanggal 2 Oktober 2012 di Makalah yang berjudul penggunaan bahasa jawa dalam keluarga muda etnis jawa, ditulis oleh Suparno pada Makalah disajikan dalam kongres bahasa jawa II 1996.

28 TERIMA KASIH


Download ppt "MENGUTIP DAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN Oleh: Trisna Andarwulan S.S.,M.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google