Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KULIAH MATERIAL KONSTRUKSI Oleh : Ir. Sri Utami Setyowati, MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KULIAH MATERIAL KONSTRUKSI Oleh : Ir. Sri Utami Setyowati, MT."— Transcript presentasi:

1 KULIAH MATERIAL KONSTRUKSI Oleh : Ir. Sri Utami Setyowati, MT.

2 BAB II 2. Bahan bangunan yang dapat dibudidayakan kembali 2.1 Kayu dan bahan perkayuan Mengenal kayu Kayu merpkn sumber kekayaan alam yg tdk akan habis2nya,apabila dikelola/diusahakan dng baik.Kayu jg dikatakan sbagai renewable resaouces(sumber kekayaan alam yg dpt diperbarui/diadakan lagi). Kayu merpkn bhn mentah dijdkn barang lain.misalkan:kertas,tekstil dan sebagainya dibuat dr kayu. Kayu mempny sifat2 spesifik. Misalnya,kayu mempny sifat elastis,ulet,mempnyketahanan terhdp pembebanan yg tegak lurus dg seratnya atau sejajar seratnya dan masih ada sifat-sifat lain. Pertumbuhan kayu Peroses asimilasi : zat menagandunggizi daritnah dialirkan dari akar ke daun. Zat asam arang dari udara dan zat mineral dari dalam tanah diproses menjadi energi, zat gula, protein bahan sel. Kemudian dibagikan ke seluruh bagian melalui kulit dalam dan disalurkan ke jaringan kambiumuntukpertumbuhan. Pertumbuhan terjadi pada lapisan cambium, selmemecah,bertumbuh dan memecah lagi untuk membentuk sel-sel kulit baru atau sel kayu baru.

3 Bagian-bagian kayu Sebatang pohon dipotong melintang akan diperoleh secara kasar gambaran dan bagian2 kayu.

4 Jenis-jenis Kayu Kayu jati (tectona grandis) -Tempat tumbuh:jawa,sulsel,NTB Kayu kamfer (Dryobalanops spp) -Tempat tumbuh:aceh,Sumatra utara Kayu keruing (Dipterocapus spp) -Tempat tumbuh: Sumatra, Kalimantan, Jawa Kayu meranti merah (Shoreaspp) -Tempat tumbuh: Sumatra, Kalimantan, Maluku Kayu mahoni (swetenia mahoni spp) -Tempat tumbuh: Jawa Kayu kelapa (cocos nucifera), -Tempat tumbuh:seluruh Indonesia

5 Cacat dalam pembentukan batang Cacat dalam pembentukan dalam anatomis

6 Kerusakan kayu oleh hama Cacat pengaruh dari luar

7 Kerusakan kayu disebabkan oleh jamur -Jamur yang makan lignin kayu Jamur lapuk yang mengakibatkan kayu menjadi lapuk. -Jamur yang makan selulosa kayu Jamur kuping yang mengakibatkan kayu akan patah secara mendadak - Jamur yang makan isi sel kayu Jamur yang mengkibatkan psrubahan warna kayu,tanpa merusak kayu. Siklus jamur: Spora selalu ada di dalam udara dan di permukaan kayu. Kalau kelembaban kayu dan suhu udara cocok jamur mulai berkembang. Pengawetan kayu (pencegahan terhadap hama dan jamur)

8 Rotan Sintetis untuk Furniture

9

10

11 TERIMA KASIH Ir. Sri Utami, MT.


Download ppt "KULIAH MATERIAL KONSTRUKSI Oleh : Ir. Sri Utami Setyowati, MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google