Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORGANISASI DAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN HAKEKAT MAHASISWA Kelompok ilmiah akademik rasional, kritis, terbuka, aset nasional, pemimpin masa depan, pribadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORGANISASI DAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN HAKEKAT MAHASISWA Kelompok ilmiah akademik rasional, kritis, terbuka, aset nasional, pemimpin masa depan, pribadi."— Transcript presentasi:

1

2 ORGANISASI DAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN

3 HAKEKAT MAHASISWA Kelompok ilmiah akademik rasional, kritis, terbuka, aset nasional, pemimpin masa depan, pribadi yang sedang berkembang.

4 DINAMIKA MAHASISWA sosok akademis berusia menuju kedewasaan menyesuaikan diri dengan perubahan bersifat radikal tantangan internal dan eksternal “change of agent”

5 Karakteristik Mahasiswa vulgar emotif senang pada posisi ketidakpastian rentang kendali diri (spand of control ) kadang rendah

6 Potensi Dasar Mahasiswa Pemikir, tenaga ahli dan tenaga professional serta sekaligus sebagai penopang pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. Dijadikan panutan, tumpuan dan harapan para pelajar, pemuda dan masyarakat di sekitarnya. Memiliki kebebasan akademik yang memberi peluang untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penguasaaan metode dan berbagai teori yang telah teruji kebenarannya.. Intelektualitas dan motivasi yang tinggi untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

7 ORGANISASI KEMAHASISWAAN Dasar Hukum : Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Undang-undang No. 9 tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan N0. 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

8 Kepmendikbud N0. 155/U/1998 = Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. Pasal 1 Organisasi kemahasiswaan intra. perguruan tinggi adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Pasal 2 Organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi diselenggarakan berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa dengan memberikan peranan dan keleluasaan lebih besar kepada mahasiswa.

9 Organisasi kemahasiswaan intra perguruan tinggi mempunyai fungsi sebagai sarana dan wadah : 1. Perwakilan mahasiswa tingkat perguruan tinggi untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, menetapkan garis-garis besar program dan kegiatan kemahasiswaan; 2. Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan; 3. Komunikasi antar mahasiswa; 4. Pengembangan potensi jatidiri mahasiswa sebagai insan akademis, calon ilmuwan dan intelektual yang berguna di masa depan; 5. Pengembangan pelatihan keterampilan organisasi, manajemen dan kepemimpinan mahasiswa; 6. Pembinaan dan pengembangan kader-kader bangsa yang berpotensi dalam melanjutkan kesinambungan pembangunan nasional; 7. Untuk memelihara dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang dilandasi oleh norma-norma agama, akademis, etika, moral, dan wawasan kebangsaan.

10 Konsep Pendidikan Mahasiswa Kurikuler Ekstra kurikuler Tujuan PT Softskill Hardskill Luar Jam Kuliah/ Organisasi Mahasiswa Jam Kuliah Mutu/ Kualitas Lulusan Mutu/ Kualitas Lulusan Mahas iswa aktif Mahas iswa aktif

11 Pengetahuan Dibidangnya Keterampilan Profesional Soft Skill Komitmen- Integritas Hard SkillSoft Skill Kepekaan Sosial terhadap Kebutuhan KUMKM Kepekaan Sosial terhadap Kebutuhan Masyarakat Komunikasi Persuasif Jejaring Kerja Sistem Kerja ICT Kepemimpinan Kewirausahaan Profil Civitas Akademika Dikembangkan melalui lingkungan belajar yang sarat dengan etika dan budaya akademik, seperti: kejujuran ilmiah, pelaksanaan tridharma perguruan tinggi

12 Ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal.

13 ORGANISASI KEMAHASISWAAN (ORMAWA) Struktur Organisasi adalah bagan yang menggambarkan susunan, kedudukan, hak tanggung jawab dari bagian bagian organisasi yang diharapkan dapat menampung dan menyalurkan minat, bakat, dan kegemaran sekaligus menjadi wadah kegiatan peningkatan penalaran dan keilmuan, serta profesi mahasiswa.

14 STRUKTUR ORGANISASI LEMBAGA KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UB

15 Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Adalah forum tertinggi dalam kehidupan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Administrasi. Pelaksana harian dipegang oleh 3 (tiga) orang mahasiswa selaku presidium. Bertugas merumuskan Garis-Garis Besar Haluan Kerja Organisasi (GBHKO) bagi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

16 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Adalah lembaga tinggi eksekutif dalam kehidupan kemahasiswaan di tingkat fakultas. Ketua Umum disebut Presiden dipilih oleh mahasiswa fakultas melalui Pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa) Fakultas. Bertugas melaksanakan GBHKO sebagai haluan kerja organisasi selama 1 (satu) tahun.

17 Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Adalah lembaga Tinggi Legislatif dalam kehidupan mahasiswa di FIA Universitas Brawijaya. Anggotanya sebanyak 7 (tujuh) orang, yang dipilih melalui Pemilwa fakultas. Bertugas merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan kelembagaan FIA bersama-sama dengan BEM.

18 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Adalah lembaga eksekutif dalam kehidupan mahasiswa di tingkat jurusan/program. Pengurus dipilih melalui Pemilwa Jurusan. Terdapat 2 (dua) HMJ yang terdiri atas: 1. HMJ Administrasi Publik yang disebut HUMANISTIK (Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik). 2. HMJ Administrasi Bisnis yang disebut HIMABIS (Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis).

19 LEMBAGA OTONOMI FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI adalah unsur pelaksana kegiatan ekstrakurikuler di tingkat fakultas. Bergerak dalam penelusuran dan pengembangan minat dan bakat. Terdapat 9 (sembilan) Lembaga Otonomi Fakultas, yaitu: RSC (Research Study Club), pengembangan minat dalam bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah. RSC (Research Study Club) LPM DIANNS, sebagai lembaga pers kampus yang bergerak dalam pengembangan minat bakat bidang jurnalistik. FORKIM (Forum Kajian Islam dan Masyarakat), pengembangan dalam bidang kereligiusan agama Islam. AEC (Administration English Club), mengasah kemampuan berbahasa lnggris.

20 AMC (Administration Music Club), pengembangan minat bakat bidang seni musik. PSM (Paduan Suara Mahasiswa), pengembangan minat bakat bidang tarik suara. MAFIOSO (Master Fight in Organization of Sport), pengembangan minat bakat mahasiswa di bidang olahraga. SEC (Student Entrepreneur Center), pengembangan minat bakat di bidang wirausaha mahasiswa. SSM (Sanggar Seni Mahasiswa), pengembangan minat bakat mahasiswa di bidang seni.

21 PENGURUS LEMBAGA

22

23 RAPAT KERJA LEMBAGA KEMAHASISWAAN I

24 RAPAT KERJA LEMBAGA KEMAHASISWAAN II

25 MINAT DAN BAKAT

26 SEMINAR NASIONAL

27 PRESTASI MAHASISWA TINGKAT NASIONAL

28

29

30


Download ppt "ORGANISASI DAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN HAKEKAT MAHASISWA Kelompok ilmiah akademik rasional, kritis, terbuka, aset nasional, pemimpin masa depan, pribadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google