Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP IE PPMJ 4-11 Oktober 2012 Nadya Inda Syartanti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP IE PPMJ 4-11 Oktober 2012 Nadya Inda Syartanti."— Transcript presentasi:

1 KONSEP IE PPMJ 4-11 Oktober 2012 Nadya Inda Syartanti

2 DEFINISI KELUARGA

3 Pendahuluan Para ahli antropologi melihat keluarga sebagai suatu satuan sosial terkecil yang dimiliki manusia sebagai mahluk sosial.

4 Keluarga menurut... Budi SantosoParsudi SuparlanMurdockNakane Chie

5 Budi Santoso 1 Berkembangnya bentuk-bentuk keluarga di dalam masyarakat, tidak lepas dari pengaruh kehidupan sosial, kehidupan ekonomi & kebudayaan yang menjadi latar belakang keluarga secara keseluruhan.

6 Budi Santoso 2 Bentuk-bentuk keluarga dapat dipergunakan sebagai cermin untuk memahami kehidupan sosial & budaya masyarakat tersebut.

7 Parsudi Suparlan 1 Keluarga adalah suatu satuan kekerabatan yang juga merupakan satuan tempat tinggal yang ditandai oleh adanya...

8 Parsudi Suparlan 2  kerjasama ekonomi,  memiliki fungsi untuk berkembang biak,  mensosialisasi atau mendidik anak,  menolong serta melindungi yang lemah khususnya merawat orang- orang tua mereka yang telah jompo.

9 Murdock Suatu kelompok sosial yang ditandai kerjasama ekonomi & reproduksi, dengan memiliki satu anak atau beberapa anak dari pasangan suami istri.

10 Nakane Chie Prinsip-prinsip struktur kelompok sosial masyarakat Jepang dapat dilihat pada struktur rumah tangga.

11 Keluarga merupakan... Wadah yang sejak dini para anggota masyarakat dikondisikan dan dipersiapkan untuk kelak dapat melakukan peranan- peranan dalam dunia orang dewasa.

12 Keluarga merupakan... Anggota masyarakat menghabiskan paling banyak waktu dalam keluarga jika dibandingkan dengan tempat bekerja.

13 Keluarga merupakan... Melalui pelaksanaan peranan-peranan itu pelestarian berbagai lembaga & nilai-nilai budaya pun akan dapat tercapai dalam masyarakat.

14 Keluarga merupakan... Jembatan yang menghubungkan individu yang berkembang dengan kehidupan sosial tempat ia sebagai orang dewasa harus melakukan peranannya.

15 ISTILAH-ISTILAH KELUARGA JEPANG

16 Klasifikasi Keluarga Jepang Kuantitas/StrukturPewarisanTeori Murdock

17 Berdasarkan Kuantitas/Struktur Daikazoku だいかぞく 大家族 Shokazoku しょうかぞく 小家族

18 Berdasarkan Kuantitas/Struktur Daikazoku  Keluarga besar  Terdiri dari suami, istri, orangtua, saudara kandung-keponakan (bokeisha).  Disebut juga Bokei Kazoku Shokazoku  Keluarga kecil  Terdiri dari suami istri & anak-anak yang belum menikah.

19 Berdasarkan Pewarisan Chokkei Kazoku ちょっけいかぞく 直系家族 Fufu Kazoku ふうふかぞく 夫婦家族

20 Berdasarkan Pewarisan Chokkei Kazoku keluarga yang ditetapkan berdasarkan garis keturunan laki-laki, dimana warisannya diturunkan kepada anak laki-laki sulung. Fufu Kazoku Keluarga yang terdiri dari suami istri yang belum dikarunia anak.

21 Berdasarkan Teori Murdock Kaku KazokuKakudai KazokuFukkon Kazoku

22 Kaku Kazoku 核家族 Nuclear Family Keluarga Inti/Batih

23 Kaku Kazoku Terdiri dari suami-istri dan anak-anak yang belum menikah.

24 Kakudai Kazoku 拡大 家族 Extended Family Keluarga Besar

25 Jenis Kakudai Kazoku ぼけいどうきょうかぞく 父系同郷家族 ぼけいどうきょうかぞく 母系同郷家族 しょうけいどうきょうかぞく 晶系同郷家族

26 Arti dari Jenis Kakudai Kazoku FDK Patrilokal Pihak Laki- laki BDK Matrilokal Pihak Perempuan SDK Bilokal Pihak Laki- laki & Perempuan

27 Fukkon Kazoku 複婚 家族 Polygamus Family Keluarga Poligami

28 Jenis Fukkon Kazoku いっぷたさいかぞく 一夫多妻家族 いっさいたふかぞく 一妻多夫家族 しゅうだんこんかぞく 集団婚家族

29 Arti dari Jenis Fukkon Kazoku IpTK Poligini Suami dengan istri lebih dari 1 IsTK Poliandri Istri dengan suami lebih dari 1 SDK Kelompok orang yang sudah menikah

30 ISTILAH-ISTILAH LAIN

31 Istilah-istilah Lain Rumah TanggaKeluargaKerabat

32 Rumah Tangga House hold せたい世帯

33 SETAI Unit keluarga yang tinggal bersama, tidak mempunyai hubungan dengan struktur keluarga atau kelompok seketurunan.

34 Jenis Setai 普通世帯(ふつうせたい) Rumah Tangga Biasa 準世帯(じゅんせたい) Rumah Tangga Luar Biasa

35 FUTSUU SETAI Sekelompok orang yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan, yang biasanya tinggal bersama dan makan dari satu dapur.

36 JUN SETAI  Sekelompok orang yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan, yang biasanya makan dari satu dapur dan jumlah anggotanya 10 orang atau lebih.  Misalnya, sekelompok orang yang tinggal di asrama, panti asuhan, dan di tempat indekos

37 Keluarga Family かぞく家族

38 Kazoku 1  Kelompok yang paling dasar  Sifat kebersamaan  Sebagai pusat kehidupan manusia

39 Kazoku 2 Kelompok yang membentuk hubungan saudara dekat penting seperti kakak adik, orangtua-anak dan suami istri sebagai dasar dengan didukung oleh rasa kesatuan yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan.

40 Kazoku 3  Beranggotakan orangtua & anak serta keluarga dekat seperti saudara.  Kelompok yang terdiri dari kerabat, yaitu orang-orang yang diakui dan diikat menurut tali perkawinan & pertalian darah.  Kelompok yang mengutamakan kesejahteraan, yang anggotanya diikat oleh ikatan emosional yang kuat antara satu sama lain.

41 Ciri-Ciri Kazoku Kelompok yang melakukan kehidupan bersama dalam ekonomi, 2. tinggal bersama di tempat tinggal yang sama, 3. berproduksi bersama, 4. melakukan perayaan/penyembahan bersama, 5. Melakukan pertahanan bersama yang didasarkan pada hubungan suami-istri.

42 Kerabat RelativeShinzoku

43 Shinzoku 1  Orang yang diikat menurut pertalian darah (ketsuzoku) dan pertalian perkawinan (inzoku).  Kelompok kekerabatan yang melampaui ego dengan ayah, ibu, suami, istri (melalui perkawinan), dan anak-anak tanpa mempermasalahkan hubungan dengan leluhur.  Sering digunakan sebagai sinonim dari shinrui

44 Shinzoku = Shinrui Shinzoku しんぞく 親族 Shinrui しんるい 親類

45 Shinzoku 2  Hubungan antara sanak keluarga yang berpusat pada ego yang membawa pengaruh dalam hukum perdata.  Shinrui lebih menekankan pada hubungan pertalian keluarga dan hubungan dengan seseorang.

46 Shinzoku 3 Seseorang dianggap kerabat oleh orang lain karena orang tersebut dianggap masih seketurunan atau memiliki hubungan darah dengan ego, tetapi mungkin saja belum perrnah bertemu muka dengan ego.

47 Shinzoku 4 Ego Individu 1Individu 3Individu 4Individu 2Individu 5

48 SISTEM KEKERABATAN JEPANG

49 Definisi Sistem Kekerabatan Serangkaian aturan-aturan yang mengatur penggolongan orang- orang yang sekerabat, yang melibatkan adanya berbagai tingkat hak dan kewajiban di antara orang-orang yang sekerabat.

50 Sistem Kekerabatan Jepang 家いえ Ie

51 Terminologi Ie 1 家 Bangunan rumah 竈

52 竈 (かまど) Cooking stove; kitchen range

53 竈 (かまど)

54 Terminologi Ie 2  makan dari dandang yang sama tidur di bawah atap yang sama memiliki kepercayaan yang sama.  keterikatan dengan bangunan rumah akibat memiliki hubungan darah.

55 Definisi Ie Merupakan unit kekerabatan, dimana mementingkan kesinambungan ie yang berasal dari garis keturunan ayah kepada anak laki-laki tertua (chonan).

56 Ciri Utama Ie 生活集団 せいかつしゅうだん 生活共同体 せいかつきょうどうたい

57 Ciri Utama Ie Seikatsu Shudan Sekelompok orang- orang yang tinggal bersama di bawah satu atap, dan makan dari dandang yang sama. Seikatsu Kyodotai Unit usaha bersama

58 SISTEM IE  Sistem Ie mengambil bentuk keluarga daikazoku.  Anggota Ie tinggal dalam desa yang sama atau berdekatan.  Menjalankan berbagai aspek kehidupan secara bersama.  Harta kekayaan Ie & usaha Ie dijalankan & diturunkan berdasarkan garis keturunan laki-laki.

59 Sistem Ie di berbagai bidang  Politik  pimpinan tertinggi sampai terendah dilaksanakan berdasarkan IE.  Ekonomi  usaha perekonomian dilaksanakan oleh dan untuk kepentingan bersama, bukan organisasi ekonomi.  Sosial-budaya  kelahiran, perkawinan, kematian, perceraian yg dilaksanakan bersama oleh seluruh anggota IE.

60 Fungsi Sistem Ie 1 Mengatur kehidupan beragama orang Jepang  adanya penyelenggaran sosen suhai, yaitu penghormatan kpd arwah pimpinan & anggota Ie yang sudah meninggal.

61 Fungsi Sistem Ie 2 Tidak hanya berfungsi mengatur orang yang hidup saja, tetapi juga anggota ie yang sudah meninggal  penempatan abu jenazah, pemanggilan sosen (nenek moyang) setelah meninggal beberapa lama

62 Fungsi Sistem Ie 3 Mengatur cara berpikir anggotanya.

63 SISTEM IE IE ≠ KAZOKU ≠ SETAI Ie lebih menekankan pada hubungan kerjasama

64 KEANGGOTAAN IE 1a Ie merupakan kelompok yang menjalankan usaha dan kekayaan keluarga, yang dalam hal ini sebagai satuan unit kehidupan dalam masyarakat.

65 KEANGGOTAAN IE 1b Orang-orang yang berpartisipasi dalam kehidupan ie, walaupun tidak ada hubungan darah dengan anggota yang mempunyai hubungan darah tetap dianggap sebagai satu keluarga.

66 KEANGGOTAAN IE 2a Anggota ie adalah harus dapat bekerja sama untuk mengelola usaha ie dan fungsional dalam hubungan kehidupan ie.

67 KEANGGOTAAN IE 2b..artinya mereka mempunyai kesadaran berkeluarga yang tercakup dalam kazoku ishiki (kesadaran berkeluarga) dan kazoku shudan (Kelompok keluarga).

68 KEANGGOTAAN IE 2c...yaitu sebagai anggota ie harus dapat menjaga nama ie, menjaga harta ie dan menjalankan usaha dengan baik serta sehingga ie tidak menjadi bangkrut dan ie tidak hancur karena dipermalukan oleh anggota ie.

69 KEANGGOTAAN IE 3 Keberadaan ie bukan hanya bagi anggota yang masih hidup saja, tetapi keberadaan ie juga mengatur anggota yang sudah meninggal dan sampai anggota tersebut menjadi leluhur.

70 Jenis Keanggotaan Ie 1 Ie sebagai satuan unit kerjasama kehidupan yang dihitung secara patrilineal, yang disebut dengan...  ( 男性制度 / だんせいせいど )  ( 父系制度 / ふけいせいど )

71 Jenis Keanggotaan Ie 2 kacho chonan Ie dipimpin oleh seorang kacho yang diangkat dari chonan (anak laki-laki sulung) atau anak laki-laki tunggal/anak tunggal.

72 Kacho & Chonan 1 Kacho かちょう 課長✘ 家長✔ Chonan ちょうなん 長男

73 Jenis Kekuasaan Kacho 家長権(かちょうけん) Hak kekuasaan sebagai kepala rumah tangga 父権(ふけん) Hak kekuasaan sebagai ayah

74 Hak Kekuasaan Kacho 1  Berhak menentukan siapa yang akan menggantikannya.  Mempunyai kekuasaan terakhir untuk memberi keputusan tentang semua hal yang berkaitan dengan milik Ie.  Membagi tugas kepada semua anggota Ie.

75 Hak Kekuasaan Kacho 2  Mengatur dan mengawasi usaha- usaha yang dijalankan oleh anggota Ie.  Mengatur pendapatan dan pengeluaran keuangan Ie.  Menguasai secara penuh bidang produksi dan konsumsi Ie.  Menjamin kehidupan seluruh anggota Ie.

76 Hak Kekuasaan Kacho 3  Bertugas juga sebagai pemimpin agama Ie.  Berhak mengusir anggota Ie yang tidak menaati peraturan.  Memiliki kekuasaan dan wewenang utk memutuskan segala masalah yang terjadi dalam Ie.

77 Sistem Ie dari masa ke masa  Zaman Edo  adat kebiasaan samurai  Zaman Meiji  adat kebiasaan dalam setiap masyarakat diatur dalam UU untuk mengatur anggota masyarakat  Meiji Minpo  kazoku kokka/Ie Kokka  Masa sesudah PD II  dihapuskan karena adanya Shin Minpo.

78 Sistem Ie menurut para antropolog Jepang Aruga Kizaemon Chie Nakane Aoi Kazuo Takeda Chosu Torigoe Hiroyuki

79 Aruga Kizaemon 1  Meneliti dalam masyarakat pertanian, dimana bertujuan untuk menopang ekonomi keluarga, dan mewujudkan kesejahteraan keluarga.  Wadah kelangsungan keluarga Jepang secara berkesinambungan.

80 Aruga Kizaemon 2  Ie adalah unit kelompok sosial terkecil dalam masyarakat.  Ie merupakan bentuk yang khas Jepang, dimana tidak sama dengan kazoku.

81 Chie Nakane 1  Berawal dari penelitiannya di suku Nayar, India.  Hubungan kekeluargaan, yaitu hubungan antar saudara kandung kurang diterima.  Konsep keluarga Jepang adalah rumah tangga, didasarkan pada kerjasama atas dasar pekerjaan.

82 Chie Nakane 2  Masyarakat Jepang merupakan masyarakat kelompok, sehingga pola hubungan manusia Jepang berdasarkan prinsip vertikal dan horizontal.  Pola hubungan ini menjadi dasar dalam norma hubungan antar individu dalam masyarakat Jepang.

83 Chie Nakane 3 Hubungan Vertikal Hubungan antar pribadi atau individu, yaitu hubungan orangtua & anak, hubungan atasan-bawahan. Hubungan Horizontal Hubungan antara saudara kandung, atau hub antara sesama pekerja yang bersifat horizontal.

84 Aoi Kazuo 1 Menekankan pada makna kehidupan manusia, dimana menjalani kehidupan di dalam keluarga & mengakhirinya di dalam keluarga.

85 Aoi Kazuo 2 Ikatan solidaritas dalam masyarakat merupakan solidaritas pada kaum kerabat dan keluarga, contoh : pada berbagai acara ritual dalam keluarga, seperti perkawinan, kematian.

86 Aoi Kazuo 3 Ketsuen Hubungan darah Shokuji Pangan Juukyo Papan (tempat tinggal) Keizai Keuangan (konsumsi, produksi & harta benda) Unsur-unsur Hubungan Solidaritas dalam sistem Ie

87 Aoi Kazuo 4: Masy.Jpg adl masy. yg... Tate Shakai Masyarakat Vertikal Tanin Shiko Shudan Kisokusei Masyarakat hidup berkelompok dengan orang lain Amai Teki Taido Bersikap manis Shizen Shugi Masyarakat yang naturalis

88 Takeda Chosu 1 Sama dengan Aruga Kizaemon, dimana dasar kelangsungan ie ditopang oleh keberadaan kacho.

89 Takeda Chosu 2 Kacho wajib mempertahankan keluarga, dimana harus melakukan penyembahan arwah leluhur (konsep sosen suhai).

90 Takeda Chosu 3 Terbentuknya ie berdasarkan perpaduan antara segi yang bersifat kepercayaan (roh nenek moyang) dengan segi kemasyarakatan.

91 Takeda Chosu tentang Sosen Suhai  Gerak hidup orang Jepang dalam mempertahankan keluarganya dalam bentuk pemujaan kepada leluhur.  Implementasi bagi kelangsungan ie & anggotanya.  Bagian yang tidak dapat dipisahkan dari lingkaran hidup orang Jepang dalam mempertahankan kelangsungan negaranya.

92 Torigoe Hiroyuki 1 Memiliki arti lebih dari sekedar sebuah keluarga, dimana tidak hanya mengacu pada seluruh anggota keluarga yang terdiri dari individu- individu yang masih hidup, tetapi di dalamnya terkandung juga rumah (secara fisik), harta kekayaan, makam tempat leluhur dimakamkan dan orang yang meneruskan usaha keluarga.

93 Torigoe Hiroyuki 1 Merupakan suatu kesatuan yang mengikat antara masa lalu dan masa sekarang, sehingga didalamnya terdapat ikatan atau kesinambungan antara para leluhur dengan individu- individu yang masih hidup.

94 Ie dalam Perubahan Teknologi & Industri

95 Perubahan Teknologi & Industri  Pd thn 1955  perkmbgan teknologi  profesi di bid perindustrian  mt pencaharian terbnyk  neg industri  Perubahan teknologi atau industri  faktor utama terjdnya perubahan kel;  Ronalt Lippit  pendorong bg perubahan kel  berkembangnya kebdyan materi, tingkat penemuan & inovasi, tingkat penemuan & inovasi teknologi, perbaikan fasilitas transportasi & komunikasi, & meluasnya industrialisasi & urbanisasi;

96 Perubahan Teknologi & Industri  Industrialisasi  terjd urbanisasi  penddk desa membntk rmh tangga baru  mempercpt terjdnya pemchan kel bsr menjd kel kcl  Pendorong perubahan kel  berkembangnya kebdyan materi, tingkat penemuan & inovasi teknologi, perbaikan fasilitas trasnportasi, & komunikasi  meluasnya industrialisasi & urbanisasi

97 Perubahan Teknologi & Industri  Kel yg terbntk pd awal jaman Meiji ~ berakhirnya PD II  Kel yg diatur sesuai dgn UUD Meiji  mengacu pd sistem ie  2 alasan yg menyatakan sistem ie yg tetap diberlakukan pd masa Kindai: 1)sdt ideologi  pemkran yg mendsr dr pemkran Konfusianisme & ajran Shinto  melhrkan kazoku kokka; 2)sisi konsep  konsep kel inti di Brt≠ mdl kel Jep yg mengacu pd sistem ie

98 Perubahan Teknologi & Industri  Sft kindai kazoku :1)ken-iteki kazoku (kel yg bersft otoriter); 2)kazokushugi (keluargaisme); 3)katoku soozokusei (sistem wrsan dlm kel); 4)oyako chuushin no kazoku (tate kazoku  kel yg bertumpu pd hub ayah-anak dgn sistem kacho & bersft hub vertikal); 5)dozoku; 6)kazoku no suizoku (kel yg bersft trn temurun)

99 Perubahan Teknologi & Industri  Terbentuk setelah PD II  berdasarkan perubahan budaya, akibat perubahan sistem politik pada tahun 1945  fufu kazoku/kaku kazoku, dimana menjadi keluarga yang memiliki ciri khas di zaman sekarang.

100 Perubahan Teknologi & Industri  Sifat kaku kazoku (Tominaga): a) Minshuteki kazoku (kel demokratis); b) Kojinshugi kazoku (bersft individual) c) Fufuchusin no kazoku  yoko kazoku (kel yg terpst pd hub suami istri  mengacu pd hub horizontal; d) Kaku kazoku (kel batih); e) Ichidaikagiri (Kel yg terbts pd satu generasi).

101 Perubahan Teknologi & Industri  Kel masy agraria  extended family sbg pelaku produksi pertanian = keuntungan ekonomi  Masy industri  kel inti (tdk termsk anak2 yg kcl & manula)  pelaku produksi industri  Industrialisasi  kel inti bersft mobile  berpindah dr satu tempat ke tempat lain  Kel tdk terikat lg pd tanah  sbg sumber penchran

102 Perubahan Teknologi & Industri  Perkembangan industri  pergeseran struktur pek dr industri primer ke manufacturing & sektor jasa  bertambah pek wanita di pabrik, perusahaan & kantor  Peningkatan jlh rmh tangga  suami istri bekerja  Perubahan peran wanita dlm rmh tangga  ibu rmh tangga sbg istri, ibu & pencr nafkah  Angt kel  unit produksi semkn mengecil & meningkat sbg konsumsi

103 Perubahan Teknologi & Industri  Dlm kel inti  istri memp kebebasan dlm mengatur rmh tangga  suami istri slg bekrjsm & slg membantu utk menjlnkan kehdpan rmh tangga  Menrm pertimbangan yg sama rata  tindakan ketdk setiaan dr slh satu pihak  dsr terjdnya perceraian

104 Perubahan Teknologi & Industri  Konstitusi  perkwnan hanya dilksnkan berdsrkan persetujuan bersm kedua belah phk  Diperthnkan dgn saling krj sm dgn hak2 yg sm antara suami-istri sbg dasar  Mkn bnyk perkwnan yg berdsrkan cinta ksh  Ikatan pernkhan  meningkatnya kadar kebebasan ekonomi yg diperoleh wanita

105 Perubahan Teknologi & Industri  Industrialisasi  memicu semua warga utk mencapai penddkan tinggi  mnclnya tenaga krj wanita  Tgkt kebebasan ekonomi  kebebasan dlm hdp melajang, membrkan kekuasaan yg lbh kpd warga utk tdk menikah, memtskan bentuk2 kehdpan mrk sendiri  menikah atau tdk menikah

106 Perubahan Teknologi & Industri  Pembgan warisan yg sama besar  UUD menjamin hak2 warisan bagi semua anak  Perubahan hkm tdk dpt merubah seketika kehdpan se-hr2 masy petani  sistem ie & kehdpan se-hr2 msh sesuai  Di kota2  pegw dgn gaji tdk dpt mendukung tradisi ie

107 SISTEM KELUARGA MODERN

108  Adanya pek yg dilkkan secr individual  Bentuk kel  Kaku kazoku = kel batih  Kel demokrasi  setiap anggt mempunyai hak & kewjban yg sama  Kel demokrasi  kebebasan utk menikah / tdk menikah, memp anak/tdk memp anak  Kel demokrasi  menentukan tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan

109 SISTEM KELUARGA MODERN  Kel demokrasi  individualisme dlm masy  Perawatan orgtua bkn se-mata2 tanggung jawab chonan  berdampak hak chonan dpt diberikan kpd jinnan dst atau juga kpd mukoyoshi  Ie sbg adat kebiasaan  tampak dlm perayaan O-BON, perkawinan, kematian, manajemen perusahaan

110 Ada pertanyaan? おわり


Download ppt "KONSEP IE PPMJ 4-11 Oktober 2012 Nadya Inda Syartanti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google