Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH : MUHAMMAD SYAFII NUR HASANNAL 20100720034. PENDAHULUAN  Pada saat ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju pesat.  Tidak hanya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH : MUHAMMAD SYAFII NUR HASANNAL 20100720034. PENDAHULUAN  Pada saat ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju pesat.  Tidak hanya."— Transcript presentasi:

1 OLEH : MUHAMMAD SYAFII NUR HASANNAL

2 PENDAHULUAN  Pada saat ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju pesat.  Tidak hanya di lingkungan pendidikan saja kemajuan teknologi sudah merambah secara luas, bahkan di dunia pemerintahan yang salah satunya di bidang militer.  Pada dasarnya penggunaan teknologi adalah sebagai alat untuk mempermudah kerja manusia sehari-hari

3 Pengertian teknologi Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani,yang berarti "seni, keahlian, keterampilan, kerajinan“teknologibahasa Yunani Istilah ini dapat diterapkan secara umum maupun khusus pada suatu cakupan tertentu: misalnya teknologi konstruksi, teknologi medis, dan teknologi informasi.

4 Korelasi IT dengan Islam وَعَلَّمْنَاهُ صَنْعَةَ لَبُوسٍ لَكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِنْ بَأْسِكُمْ فَهَلْ أَنْتُمْ شَاكِرُونَ Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah). (al-anbiya’ :80) Menurut tafsir yang ada pada kitab Al-Qurthubi, ayat ini merupakan pokok landasan tentang upaya pembuatan alat-alat yang sekarang ini semakin maju menjadi peralatan militer untuk menunjang dalam setiap peperangan.

5

6 Dampak IT Teknologi Informasi dan Komunikasi itu memang memiliki dua sisi. bisa bermanfaat jika digunakan dengan tujuan yang baik, atau bisa menjadi musuh jika digunakan untuk tujuan yang tidak baik.

7 Dampak positif Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi(termasuk ekonomi global masa kini).masyarakatekonomi global

8 Mempermudah Kinerja Manusia

9 Dampak Negatif وَكَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُمْ مِنْ قَرْنٍ هُمْ أَحْسَنُ أَثَاثًا وَرِئْيًا Berapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka, sedang mereka adalah lebih bagus alat rumah tangganya dan lebih sedap di pandang mata. Maryam : 74 Maksud ayat diatas yaitu semakin maju dan semakin baik suatu teknologi akan berdampak negatif bagi dirinya dan bisa berakibat buruk apabila dalam tujuan dan pelaksaanya untuk keburukan

10 Kehancuran akibat senjata semakin cangih

11 UU Mengatur Tentang IT UU HAKI (Undang-undang Hak Cipta) yang sudah disahkan dengan nomor 19 tahun 2002 yang diberlakukan mulai tanggal 29 Juli 2003 didalamnya diantaranya mengatur tentang hak cipta. UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) yang sudah disahkan dengan nomor 11 tahun 2008 yang didalamnya mengatur tentang : 1. Pornografi di Internet 2. Transaksi di Internet 3. Etika penggunaan Internet

12 Etika IT Pengertian etika Etika berhubungan dengan perilaku manusia. Manusia itu yakin dan wajib berbuat baik dan menghindari yang jahat. Oleh karena itu dalam etika mempermasalahkan hal-hal seperti: apakah yang disebut baik itu, apakah yang buruk itu, apakah ukuran baik dan buruk itu.

13 Etika IT 1. Menerapkan ilmu IT guna kemaslahatan dan kebaikan manusia 2. Mempergunakan dan menerapkan Teknologi maupun Informasi dengan tujuan yang baik 3. Mendasari pemanfaatan IT dengan moral yang baik serta tidak bertentangan dengan ajaran islam. 4. Menjadikan kemajuan IT sebagai hikmah akan kebesaran dan maha agungnya ALLAH SWT atas segala yang telah diciptakan. 5. Menerapkan IT yang ramah lingkungan.

14 IT Ramah Lingkungan Salah satu catatan dari Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim (UNCCC) di Bali Desember 2007 lalu adalah keinginan negara-negara berkembang untuk mendapatkan transfer teknologi ramah lingkungan guna ikut mensukseskan pengurangan emisi demi mencegah pemanasan global.

15 5 Teknologi ramah lingkungan untuk masa depan: Meningkatkan Sistem Panas Bumi (Enhanced Geothermal Systems / EGS) Tujuan dari sistem ini adalah memanfaatkan panas alami yang dihasilkan oleh bumi untuk menghasilkan sumber listrik. Nanosolar (Energi listrik tenaga surya) Energi listrik tenaga surya selalu menjadi salah satu sumber energi terbaik, karena dalam pengoperasiannya tidak melepaskan gas gas berbahaya ke udara. Namun biaya produksi dan operasionalnya secara historis cukup tinggi, tetapi lebih intensif dalam menghasilkan energi listrik.

16 Mencegah dan Mengendalikan Emisi CO2 (Carbon Capture & Storage / CCS) Berbagai cara ditempuh untuk mencegah dan mengendalikan emisi CO2. Mencegah emisi CO2 jelas lebih murah tetapi lebih sulit. Bagaimana mungkin menghentikan pengeboran migas (bahan bakar fosil), menghentikan industri baja, semen, LNG serta menghentikan transportasi Tenaga Nuklir Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik.

17 Jaringan Cerdas (Smart Grids) Smart grid merupakan sistem ketenagalistrikan generasi baru yang dicirikan akibat meningkatnya penggunaan komunikasi dan teknologi informasi dalam pembangkitan, distribusi dan konsumsi energi listrik. Ini merupakan sumber energi kelistrikan dengan mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

18 Jurnalis yang Baik Jurnalisme kuning Ciri: Beritanya penuh sensasi sexs Berita” kriminal dan sadis” Berita” musibah yang fulgar.... Ciri berita baik : Pro pada kebenaran Loyal kepada kepentingan masyarakat Ada ferivikasi terhadap berita Penggelola media bersikap independent Media harus keritis terhadap kekuasaan

19 KELEBIHAN PERSENTASI 1. Menjelaskan pengertian secara singkat IT 2. Memberikan gambaran IT dilihat dalam pandangan islam 3. Memberikan contoh IT ramah lingkungan 4. Contoh jurnalis yang baik dan ciri-ciri jurnalis kuning

20 Kekurangan Perlu adanya penjelasan yang lebih terinci tentang IT ramah lingkungan


Download ppt "OLEH : MUHAMMAD SYAFII NUR HASANNAL 20100720034. PENDAHULUAN  Pada saat ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju pesat.  Tidak hanya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google