Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB II VISI DAN MISI BISNIS Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, “ Apakah Bisnis Kita ? “ “ Apakah Bisnis Kita ? “

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB II VISI DAN MISI BISNIS Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, “ Apakah Bisnis Kita ? “ “ Apakah Bisnis Kita ? “"— Transcript presentasi:

1 BAB II VISI DAN MISI BISNIS Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, “ Apakah Bisnis Kita ? “ “ Apakah Bisnis Kita ? “ Pernyataan Visi menjawab Pertanyaan, “Ingin Menjadi apakah Kita ? “ Pernyataan Visi menjawab Pertanyaan, “Ingin Menjadi apakah Kita ? “

2 Pengertian : Misi, keseluruhan tugas pokok yang dijabarkan dari tujuan startegik untuk mewujudkan visi organisisasi. Misi, keseluruhan tugas pokok yang dijabarkan dari tujuan startegik untuk mewujudkan visi organisisasi. Visi, adalah gambaran kondisi masa depan dari suatu organisasi yang belum tampak sekarang tetapi merupakan konsepsi yang dapat dibaca oleh setiap organisasi (anggota organisasi). Visi, adalah gambaran kondisi masa depan dari suatu organisasi yang belum tampak sekarang tetapi merupakan konsepsi yang dapat dibaca oleh setiap organisasi (anggota organisasi).

3 Pentingnya Pernyataan Misi Memastikan adanya kesatuan tujuan dalam organisasi tersebut. Memastikan adanya kesatuan tujuan dalam organisasi tersebut. Menjadi landasan atau standar dalam mengalokasikan sumber daya organisasi. Menjadi landasan atau standar dalam mengalokasikan sumber daya organisasi. Menciptakan nada dan iklim organisasi yang sama. Menciptakan nada dan iklim organisasi yang sama. Sebagai acuan bagi setiap individu dalam memahami tujuan dan arah organisasi, dan membatasi mereka yang tidak memahami tujuan dan arah organisasi tersebut secara lebih jauh turut serta dalam kegiatan orgainsasi. Sebagai acuan bagi setiap individu dalam memahami tujuan dan arah organisasi, dan membatasi mereka yang tidak memahami tujuan dan arah organisasi tersebut secara lebih jauh turut serta dalam kegiatan orgainsasi. Memfasilitasi penerjemahan tujuan-tujuan organisasi ke struktur kerja termasuk penugasan kerja kepada bagian- bagian yang bertanggung jawab dalam orginasasi. Memfasilitasi penerjemahan tujuan-tujuan organisasi ke struktur kerja termasuk penugasan kerja kepada bagian- bagian yang bertanggung jawab dalam orginasasi. Menjelaskan tujuan-tujuan organisasi dan memterjemahkan tujuan-tujuan tersebut menjadi beberapa sasaran kegiatan yang memiliki parameter biaya, waktu, dan kinerja yang dapat dinilasi dan diawasi. Menjelaskan tujuan-tujuan organisasi dan memterjemahkan tujuan-tujuan tersebut menjadi beberapa sasaran kegiatan yang memiliki parameter biaya, waktu, dan kinerja yang dapat dinilasi dan diawasi.

4 KOMPONEN PERNYATAAN MISI Produk atau jasa yang disediakan usaha ini dapat memberikan manfaat setidak-tidaknya sama dengan harganya. Produk atau jasa yang disediakan usaha ini dapat memberikan manfaat setidak-tidaknya sama dengan harganya. Produk atau jasa ini dapat memuaskan kebutuhan pelanggan di segmen pasar tertentu yang pada saat itu belum terpenuhi secara memadai. Produk atau jasa ini dapat memuaskan kebutuhan pelanggan di segmen pasar tertentu yang pada saat itu belum terpenuhi secara memadai. Tekonologi yang digunakan dalam produk atau jasa yang biaya dan kualitas bersaing. Tekonologi yang digunakan dalam produk atau jasa yang biaya dan kualitas bersaing. Dengan kerja keras dukungan pihak-pihak lain, bisnis tidak saja dapat bertahan melainkan juga tumbuh dan memberikan keuntungan. Dengan kerja keras dukungan pihak-pihak lain, bisnis tidak saja dapat bertahan melainkan juga tumbuh dan memberikan keuntungan. Filosofi manajemen dari bisnis ini akan menghasilkan citra yang baik dimata publik dan akan memberikan imbalan keuangan dan psikologis bagi mereka yang bersedia menginvestasikan tenaga dan dana dalam membantu bisnis untuk berhasil. Filosofi manajemen dari bisnis ini akan menghasilkan citra yang baik dimata publik dan akan memberikan imbalan keuangan dan psikologis bagi mereka yang bersedia menginvestasikan tenaga dan dana dalam membantu bisnis untuk berhasil. Konsepsi diri wirausaha dari bisnis ini dapat dikomunikasikan kepada, dan diterapkan oleh oleh, para karyawan dan pemegang saham. Konsepsi diri wirausaha dari bisnis ini dapat dikomunikasikan kepada, dan diterapkan oleh oleh, para karyawan dan pemegang saham.

5 MISI DALAM PERUSAHAAN JASA MENCAKUP Segmen Pasar mencakup mengidentifikasi karakteristik- karakteristik umum pasar, kebutuhan penting pasar dan kekuatan pesaing yang ada. Segmen Pasar mencakup mengidentifikasi karakteristik- karakteristik umum pasar, kebutuhan penting pasar dan kekuatan pesaing yang ada. Konsep Jasa mencakup upaya-upaya untuk menanamkan dalam pikiran konsumen, karyawan, pemegang saham dan persepsi jasa itu sendiri. Konsep Jasa mencakup upaya-upaya untuk menanamkan dalam pikiran konsumen, karyawan, pemegang saham dan persepsi jasa itu sendiri. Strategi Operasi perlu dikembangkan dengan tidak mengabaikan peran operasi, keuangan, pemasaran dan kualitas serta biaya dari jasa tersebut. Strategi Operasi perlu dikembangkan dengan tidak mengabaikan peran operasi, keuangan, pemasaran dan kualitas serta biaya dari jasa tersebut. Sistem Penyajian jasa harus dibangun dengan memperjelas peran orang (karyawan/konsumen) versus tehnologi, membuat spesifikasi peralatan, layout, dan prosedur yang harus digunakan dalam menyajikan jasa, serta mempertahankan standar kualitas dan cara penyajian yang sudah baik. Sistem Penyajian jasa harus dibangun dengan memperjelas peran orang (karyawan/konsumen) versus tehnologi, membuat spesifikasi peralatan, layout, dan prosedur yang harus digunakan dalam menyajikan jasa, serta mempertahankan standar kualitas dan cara penyajian yang sudah baik.

6 HAL-HAL YANG PERLU DIHINDARI DALAM MERUMUSKAN MISI : Jangan terlalu luas, misal Perusahaan Taxi merumuskan misinya sebagai Perusahaan Jasa Transportasi (mencakup Darat, Laut, dan Udara untuk konteks bisnisnya. Jangan terlalu luas, misal Perusahaan Taxi merumuskan misinya sebagai Perusahaan Jasa Transportasi (mencakup Darat, Laut, dan Udara untuk konteks bisnisnya. Jangan terlalu sempit, misal Hotel Berbintang yang hanya merumuskan misinya sebagai penyedia jasa penginapan para tamunya. Jangan terlalu sempit, misal Hotel Berbintang yang hanya merumuskan misinya sebagai penyedia jasa penginapan para tamunya.

7 PERUMUSAN MISI GLOBAL LANGKAH-LANGKAH DIPERHATIKAN UNTUK MENUJU GLOBALISASI : Operasi global lebih rumit dan menghadapi lingkungan Politik, Ekonomi Sosial dan Budaya yang beragam, disamping juga laju perubahan yang berlainan pada masing-masing faktor ini. Operasi global lebih rumit dan menghadapi lingkungan Politik, Ekonomi Sosial dan Budaya yang beragam, disamping juga laju perubahan yang berlainan pada masing-masing faktor ini. Interaksi antara nasional dan asing bersifat kompleks, karena masalah kedaulatan nasional dan sangat berbeda kondisi ekonomi sosialnya. Interaksi antara nasional dan asing bersifat kompleks, karena masalah kedaulatan nasional dan sangat berbeda kondisi ekonomi sosialnya. Keterpisahan geogragis, perbedaan budaya dan kebangsaan serta perbedaan cara berbisnis, kesemuanya cenderung menyulitkan komunikasi dan upaya pengendalian antara kantor pusat dan afialisasi seberang lautan. Keterpisahan geogragis, perbedaan budaya dan kebangsaan serta perbedaan cara berbisnis, kesemuanya cenderung menyulitkan komunikasi dan upaya pengendalian antara kantor pusat dan afialisasi seberang lautan. Operasi global menghadapi persaingan yang ekstrim, karena perbedaan dalam struktur industri. Operasi global menghadapi persaingan yang ekstrim, karena perbedaan dalam struktur industri. Operasi global terbatas dalam hal pilihan strategi bersaing yang ada karena beragamnya bloik-blok ekonomi. Operasi global terbatas dalam hal pilihan strategi bersaing yang ada karena beragamnya bloik-blok ekonomi.

8 VARIABEL-VARIABEL PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN : Tujuan, adalah landasan kuat untuk menggariskan kebijakan yang ditempuh dan arah tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan, adalah landasan kuat untuk menggariskan kebijakan yang ditempuh dan arah tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sasaran, adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut. Sasaran, adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut. Strategi, adalah sebuah rencana dasar yang luas dari suatu tindakan organisasi untuk mencapai tujuan. Strategi, adalah sebuah rencana dasar yang luas dari suatu tindakan organisasi untuk mencapai tujuan. Kebijakan, adalah sebuah metode atau rangkaian tindakan yang dipakai oleh manajemen untuk menuntun secara rutin bagi pengambil keputusan. Kebijakan, adalah sebuah metode atau rangkaian tindakan yang dipakai oleh manajemen untuk menuntun secara rutin bagi pengambil keputusan. Taktik, adalah sarana operasional bagi pelaksana sebuah strategi. Taktik, adalah sarana operasional bagi pelaksana sebuah strategi.

9 GAMBAR : KELOMPOK PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN DARI SUATU ORGANISASI Orang-orang yang dipengaruhi oleh Pihak yang berkepentingankinerja perusahaan dan yang dimiliki klaim atas kinerja tersebut Pihak yang Berkepentingan Sehubungan dengan Pasar Modal Pemegang Saham Pemegang Saham Pemasok Modal besar (misal Bank) Pemasok Modal besar (misal Bank) Pihak yang Berkepentingan Pihak yang Berkepentingan Sehubungan dengan Produk Sehubungan dengan Produk Konsumen Primer Konsumen Primer Pemasok Pemasok Pemerintah setempat Pemerintah setempat Serikat Buruh Serikat Buruh Pihak-pihak yang Berkepentingan Pihak-pihak yang Berkepentingan Sehubungan dengan Masalah Organisasi Sehubungan dengan Masalah Organisasi Pekerja Pekerja Manajer Manajer Non Manajer Non Manajer

10 PERNYATAAN MISI PRIBADI DALAM BEKERJA Filosofi Pribadi Rolfe Kerr 1. Berhasilah di rumah sendiri 2. Carilah dan layakkan diri untuk mendapatkan pertolongan illahi 3. Jangan pernah kompromi dalam hal kejujuran 4. Ingatlah orang-orang terlibat 5. Dengarkanlah kedua belah pihak sebelum memutusakan 6. Dapatkan nasehat orang lain 7. Belalah mereka yang tidak hadir 8. Tuluskan, tetapi sekaligus tegas 9. Kembangkan satu kecakapan baru setiap tahun 10. Desaklah sewaktu menunggu 11. Pertahankan sikap yang positip 12. Pertahankan sikap humor 13. Jadilah pribadi dan pekerja teratur 14. Jangan takut berbuat salah 15. Bantulah bawahan untuk berhasil 16. Dengarkanlah dua kali lebih banyak dari pada berbicara 17. Konsentrasikan semua kemampuan dan usaha pada tugas yang sedang dihadapi jangan kuatir tentang pekerjaan promosi berikutnya jangan kuatir tentang pekerjaan promosi berikutnya

11 PERNYATAAN VISI dan MISI MASSACHUSETTS DEVISION OF BANKS Pernyataaan Visi Pernyataaan Visi Menjamin kepentingan umum, memastikan persaingan, aksesibilitas, dan kejujuran di dalam berbagai industri jasa keuangan yang terkait, secara inovatif beradaptasi terhadap lingkungan yang cepat berubah, dan mempertahankan dampak positif bagi perekonomian Negara-negara Persemakmuran. Pernyataan Misi Pernyataan Misi Menjaga persaingan yang aman dan sehat di bidang perbankan dan jasa keuangan di seluruh Negara Persemakmuran serta memastikan dilaksanakannya undang-undang reinvestasi masyarakat dan perlindungan konsumen dengan melakukan kontrak, memberi lisensi, serta mengawasi lembaga-lembaga keungan yang diatur negara bagian serta profesional dan inovatif.

12 PERNYATAAN MISI CELESTIAL SEASONINGS Misi kami adalah tumbuh dan mendominasi pasar The Special AS dengan melampaui harapan pelanggan dengan : Misi kami adalah tumbuh dan mendominasi pasar The Special AS dengan melampaui harapan pelanggan dengan : –Teh Panas dan Teh Es dengan rasa terbaik yang 100% asli, di kemas dengan seni dan falsafah celstial, menciptakan pengalaman menikmati teh yang paling berharga –Melalui kepemimpinan, inovasi, fokus, dan kerjasama tim kami mengabdi untuk terus-menerus meningkatkan nilai bagi konsumen kami, pelanggan kami, karyawan kami dan pemegang saham dengan organisasi bermutu kelas satu

13 PERNYATAAN VISI DAN MISI UNIVERSITAS MERDEKA MALANG Visi Visi Pengembangan kualitas sumber daya manusia seutuhnya yang mempunyai keunggulan kompetitif. Misi Misi Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional dalam berbagai bidang ilmu dan strata pendidikan, pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan lembaga yang handal dan mampu menghasilkan sumberdaya manusia seutuhnya.

14 Adapun penjabaran Misi adalah sebagai berikut : Mewujudkan suatu perguruan tinggi yang memiliki iklim yang kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya,spiritual, dan religi yang mempunyai sistem pengelolaan yang efisien dan produktif dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mewujudkan suatu perguruan tinggi yang memiliki iklim yang kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya,spiritual, dan religi yang mempunyai sistem pengelolaan yang efisien dan produktif dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan unggul (profesional dan bermutu), bertaqwa, berjiwa Pancasila, berwawasan luas, beebudi luhur, tangguh, cerdas, kreatif, inovatif dan disiplin (perkasa dan rendah hati). Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan unggul (profesional dan bermutu), bertaqwa, berjiwa Pancasila, berwawasan luas, beebudi luhur, tangguh, cerdas, kreatif, inovatif dan disiplin (perkasa dan rendah hati). Meningkatkan jenis dan strata program-program studi secara berkelanjutan. Meningkatkan jenis dan strata program-program studi secara berkelanjutan. Meningkatkan produktivitas penelitian menuju Research University. Meningkatkan produktivitas penelitian menuju Research University. Mengembangkan hubungan kerjasama dengan dalam dan liuar negeri dalam rangka pendayagunaan Sumber Daya Manusia secara optimal dalam pengembangan IPTEK. Mengembangkan hubungan kerjasama dengan dalam dan liuar negeri dalam rangka pendayagunaan Sumber Daya Manusia secara optimal dalam pengembangan IPTEK. Meningkatkan sistem informasi dan komunikasi sebagai perwujudan kemampuan lembaga dalam peningkatan layanan IPTEK untuk kepentingan masyarakat. Meningkatkan sistem informasi dan komunikasi sebagai perwujudan kemampuan lembaga dalam peningkatan layanan IPTEK untuk kepentingan masyarakat. Menghasilkan sumber daya manusia mandiri yang peduuli pada masyarakat. Menghasilkan sumber daya manusia mandiri yang peduuli pada masyarakat.

15 PERNYATAAN VISI,MISI, TUJUAN DAN SASARAN FAKULTAS EKONOMI UNIV. MERDEKA MALANG VISI VISI Menjadi pusat unggulan pengembangan IPTEKS dalam ilmu ekonomi bidang manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan melalui pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi. Misi Misi Menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesional didukung dengan komitmen atas program kemandirian dan pendidikan nilai pada setiap program studi untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif. Tujuan Tujuan Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dengan kualifikasi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, menguasai IPTEKS, mandiri, dan berkepribadian baik sehingga mampu meraih berbagai peluang partisipasi di masyarakat. Mengembangkan IPTEKS untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui penelitian bermutu dan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan. Sasaran Sasaran Untuk menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki bekal penguasaan IPTEKS, ketrampilan memadai, mandiri dan berpegang teguh pada etika dan moral dalam mengembangkan diri untuk bersaing di pasar kerja. Untuk menghasilkan pengembangan IPTEKS yang bermanfaat bagi khasanah ilmu dan aspek guna laksana dalam rangka meningkatkan kesekahteraan masyarakat.


Download ppt "BAB II VISI DAN MISI BISNIS Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, Pernyataan Misi menjawab Pertanyaan, “ Apakah Bisnis Kita ? “ “ Apakah Bisnis Kita ? “"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google