Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PAKAR Operasi File 1/7 Operasi File. SISTEM PAKAR Operasi File 2/7 Outline Membaca dan menulis file Aplikasi turbo pada bidang AI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PAKAR Operasi File 1/7 Operasi File. SISTEM PAKAR Operasi File 2/7 Outline Membaca dan menulis file Aplikasi turbo pada bidang AI."— Transcript presentasi:

1 SISTEM PAKAR Operasi File 1/7 Operasi File

2 SISTEM PAKAR Operasi File 2/7 Outline Membaca dan menulis file Aplikasi turbo pada bidang AI

3 SISTEM PAKAR Operasi File 3/7 Sebelum melakukan operasi file, maka harus ditentukan terlebih dahulu file tersebut sebagai piranti masukan atau keluaran dengan menggunakan predikat standar readdevice atau writedevice Contoh : –writedevice(file_tulis) –readdevice(file_baca)

4 SISTEM PAKAR Operasi File 4/7 Suatu file dapat dibuka dengan 4 jenis tujuan : –Untuk membaca isi file –Untuk menulis ke file –Untuk menambahkan isi file –Untuk mengubah isi file Untuk membaca file, gunakan predikat standar : –openread(NamaSimbolik,NamFile) Untuk menulis ke file, gunakan predikat standar : –openwrite(NamaSimbolik,NamaFile) Sebuah file yang telah dibuka (open) jika selesai digunakan harus ditutup kembali menggunakan predikat standar : –closefile(NamaSimbolik)

5 SISTEM PAKAR Operasi File 5/7 Untuk menambah isi file gunakan predikat standar : openappend(NamaSimbolik,NamaFile) Untuk mengubah isi file gunakan predikat standar : openmodify(NamaSimbolik,NamaFile) Untuk memeriksa apakah saat itu file berada pada posisi akhir atau belum digunakan predikat standar : eof(NamaSimbolik) Apabila file pada posisi akhir, maka predikat tersebut akan memberikan hasil True, sebaliknya maka False.

6 SISTEM PAKAR Operasi File 6/7 Operasi file lainnya : –Memeriksa apakah nama file yang dimaksud sudah ada pada direktori yang aktif saat itu. existfile(NamaFile) : (i) –Mengganti nama file lama dengan nama file yang baru renamefile(FileLama,FileBaru) : (i,i) –Menghapus file yang berada pada direktori aktif deletefile(NamaFile) : (i) –Menentukan direktori aktif disk(DosPath) : (i), (o)

7 SISTEM PAKAR Operasi File 7/7 Referensi Andrey Andoko bab 11


Download ppt "SISTEM PAKAR Operasi File 1/7 Operasi File. SISTEM PAKAR Operasi File 2/7 Outline Membaca dan menulis file Aplikasi turbo pada bidang AI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google