Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penemuan Transistor & IC. Tahun 1947, ilmuwan pada Bell Laboratories membuat kemajuan ilmiah yang berpengaruh terhadap teknologi komputer : mereka menemukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penemuan Transistor & IC. Tahun 1947, ilmuwan pada Bell Laboratories membuat kemajuan ilmiah yang berpengaruh terhadap teknologi komputer : mereka menemukan."— Transcript presentasi:

1 Penemuan Transistor & IC

2 Tahun 1947, ilmuwan pada Bell Laboratories membuat kemajuan ilmiah yang berpengaruh terhadap teknologi komputer : mereka menemukan transistor, sebuah alat kecil yang mampu untuk mengubah signal elektronik melewati sebuah resistor. Atas hasil kerjanya, kelompok ini menerima hadiah Nobel pada tahun Transistor mengubah secara revulusioner industri komputer karena transistor jauh lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat dipercaya dan lebih sedikit memerlukan energi dibanding tabung vakum. Penemuan Transistor & IC

3 Pengembang Integrated Circuits (IC) dimulai tahun 1959 oleh Jack St.Clair Kilby Terbuat dari silicon, yang ditemukan pada pasir pantai, batu dan lempung tertentu. Teknologi IC secara cepat menggantikan transistor sebagai komponen utama komputer karena dapat dipercaya, lebih kecil dan dapat diproduksi secara masal dengan biaya mura ( cost-effectively). Jack Kilby dan perangkat yang menggunakan IC IC pertama milik Kilby

4 Kilby’s first integrated circuit Penemuan Transistor & IC

5 Mulai tahun 1965, komputer dan industri komputer mulai bermunculan. Lebih dari 30 tahun kemudian, nasib individu, teknologi dan industri akan ditentukan

6 IBM Melanjutkan Usahanya Tahun 1964, IBM telah menemukan komputer yang digunakan untuk keperluan bisnis yaitu System/360 Computers Usaha lain yang perlu digaris bawahi adalah memasarkan software secara terpisah dari hardwarenya. Usaha pemasaran ini merupakan cikal bakal industri software saat ini.

7 Penemuan Mikroprosesor Terobosan teknologi selanjutnya terjadi pada tahun 1971 yang dilakukan oleh Intel Corporation dengan penemuan mikroprosesor ( Integrated Circuit berukuran sangat kecil dalam komputer yang berfungsi memanipulasi data). Pada perkembangan selanjutnya, processor-on-a-chip tersedia secara komersial, dan digunakan pada setiap mesin-mesin rumah tangga maupun bisnis : mobil, fotokopi televisi, jam digital, mesin pemanggang roti dan tentu saja komputer pribadi.

8 Terbentuknya Microsoft dan Apple Tahun 1975 Bill Gates dan Paul Allen membentuk Microsoft Corporation, yang kemudian mengembangkan dua Software Sistem Operasi yang paling terkenal di dunia yaitu DOS and Windows. Dua tahun kemudian, hanya dengan uang $1300 (dari hasil penjualan sebuah mobil Volkswagen tua dan menggunakan kalkulator Hewlett-Packard) serta sebuah garasi sebagai kantor, dua remaja belasan tahun (Steve Jobs & Steve Wozniak) mengembangkan personal computer (PC) pertama yang khusus untuk digunakan di rumah, disebut the Apple I. Setelah menciptakan Apple I dan memperkenalkan Apple II PC, mereka segera terkenal dan sukses, serta menjadi landasan dalam inovasi komputer pribadi.

9 Apple I Apple II Terbentuknya Microsoft dan Apple

10 Inovasi Xerox Komputer pribadi versi awal sebetulnya ditemukan oleh peneliti-peneliti di Xerox's Palo Alto Research Center (PARC) Saat berkunjung ke PARC, Steve Jobs melihat komputer pribadi PARC dan merealisasikan potensinya. Jobs tertarik dengan graphical user interface (GUI) dan perangkat input unik dari komputer tersebut yang dikenal sebagai “mouse”. Sebagai penemu Apple Computer, Jobs menyalurkan pengetahuannya selama di Xerox dan menggunakan teknologi PARC untuk menciptakan Lisa PC, yang kemudian dilanjutkan dengan MacIntosh.

11 Inovasi Xerox's & Apple Mouse pertama Apple LISA

12 Pertempuran Sistem Operasi Tahun 1980-an menunjukkan perkembangan perangkat keras komputer dan teknologi perangkat lunak yang cepat. Melihat kepopuleran komputer Apple, IBM sebagai raksasa industri komputer melakukan program terobosan dengan memproduksi komputer pribadi. IBM sudah berada di ambang keberhasilan, meskipun demikian mereka masih memerlukan satu hal lagi yaitu perangkat lunak Sistem Operasi. IBM menoleh pada seorang jebolan Harvard yang masih miskin yaitu Bill Gates dan perusahaannya yang masih muda yaitu Microsoft. Dengan langkah bisnis yang cerdas, Gates segera mempatenkan perangkat lunak sistem operasinya yang kita kenal sebagai DOS Dia melisensikan patennya kepada IBM. Peristiwa ini merupakan fondasi pengembangan Microsoft. DOS disewakan, tidak dijual, pada IBM dan kemudian pada beberapa perusahaan perangkat keras yang lain.

13 IBM memperkenalkan PC pertamanya pada tahun 1981 dan mencapai puncak pemasarannya hanya dalam waktu 1,5 tahun. Meskipun komputer ini belum menggunakan perangkat antar muka grafis seperti Apple Computer, sistem operasi DOS yang digunakan sangat intuitif. Dengan berkembangnya perusahaan lain yang memproduksi klone IBM, mereka juga melisensi (menggunakan) hak sistem operasi DOS dari Microsoft. DOS, menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Perkembangan DOS

14 Inovasi Software Dalam industri software paket “word processing” WordPerfect's menjadi software yang paling laris pada tahun 1982, dibanding Word Star dan Microsoft Word. Satu tahun kemudian, perusahaan Lotus Development mengembangakan sebuah lembar kerja electronic program Lotus 1-2-3, yang juga menjadi “top seller”. Tahun 1984, Steve Jobs and Steve Wozniak memperkenalkan komputer MacIntosh. Sistem operasi MacIntosh hanya berjalan pada komputer Apple Macintosh saja. Sistem operasi ini menggunakan antar muka grafis (icon-based) sehingga lebih mudah digunakan. Apple Computer mendesain perangkat keras dan lunaknya secara bersama sejak awal (merupakan penemuan monumental).

15 Decreasing Size of Computers Dengan semakin kecilnya komponen komputer, maka ukuran komputer akan semakin kecil pula. Pada dekade awal, komputer merupakan sistem yang berukuran besar yang memerlukan pendingin ruangan untuk bekerjanya. Dengan ber- jalannya waktu, saat ini kita dapat bekerja dengan komputer yang “portable”, diletakkan di meja, dipangkuan, dan ccukup kecil untuk dimasukkan dalam koper. Sekarang, komputer seukuran telapak tangan biasa digunakan untuk keperluan bisnis seperti membuat janji, mencatat daftar telefon, dll.

16 Perubahan Landscapes pada th.1980an Tahun 1985, tiga perkembangan penting terjadi di bidang komputer : 1. Microsoft memperkenalkan Windows, software pertamanya yang menggunakan antar muka grafis untuk PC. 2. Intel memperkenalkan chip mikroprosesor yang merupakan chip tercepat di pasaran. 3. Steve Jobs dipecat dan keluar dari perusahaan yang didirikannya, Apple Computer.

17 Multimedia Dimulai Inovasi teknologi menarik lainnya adalah tersedianya hardware dan software multimedia pada tahun Alat-alat ini digunakan untuk membuat presentasi, courses/tutorials, dan games yang menggunakan suara, video, serta animasi.

18 The Evolution of Windows Windows 95, penerus dari sistem operasi Window's 3.x, diluncurkan bulan Agustus 1995 Windows 95 mendukung , transmisi fax, dan program multimedia. Windows 95 juga dilengkapi dengan menu yang telah dikembangkan (Windows explorer) kemampuan untuk menggunakan nama file yang panjang (di atas 256 karakter ), dan kemampuan “plug and play”. Microsoft terus melanjutkan versi baru dari sistem operasi Windows termasuk Windows 98, Windows CE ( version untuk komputer saku) dan Windows NT ( sistem operasi multitasking, multi-user network).

19 Kebangkitan Information Super Highway Ide tentang “konektivitas" dan "interaktivitas" antar komputer, memunculkan salah satu revolusi terbesar dalam sejarah komputer. Konektivitas berarti ada lebih satu komputer yang dihubungkan melalui modem, jaringan, atau jalur komunikasi. Interaktivitas menunjuk pada dialog bolak-balik antara pengguna dan komputer Kedua konsep ini bertindak sebagai dasar salah satu peristiwa besar dalam sejarah modern, yaitu kelahiran dan perkembangan Internet dan World Wide Web.

20 Selama perang dingin (1950an), Departemen Pertahanan AS khawatir akan dampak serangan nuklir terhadap kemampuan komputasi dan komunikasinya. Oleh karena itu, mereka menginginkan, apabila ada satu atau sekelompok jaringan komputer terkena serangan, masih ada jaringan lain yang dapat beroperasi. Pesan yang dikirim bolak-balik antara komputer pada jaringan ini, dibagi dalam paket-paket data. Setiap paket diberi label dengan alamat tujuan, dan akan dikirim melalui jalurnya sendiri-sendiri dalam jaringan, untuk kemudian direkonstruksi menjadi pesan aslinya di tempat tujuan. Jaringan Komputer (Computers Network)

21 Software yang mengelola paket-paket informasi dalam jaringan komputer disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Software ini menjadi standar universal dalam pertukaran informasi di Internet. Salah satu keuntungan utama model komunikasi ini adalah setiap paket dapat mengambil rutenya sendiri asalkan dapat sampai ke tujuan yang telah ditentukan Singkatnya, suatu paket dapat menempuh berbagai jalan untuk mencapai tujuan. Jaringan Komputer (Computers Network)

22 Sejarah Internet relatif pendek dibanding dengan sejarah evolusi teknologi yang lain. Sejarah Internet memakan waktu labih kurang 25 tahun sebelum hadir di masyarakat umum. Dr. Tim Berners-Lee, ahli fisika yang bekerja di Geneva, Switzerland, pertama kali mengemukakan ide tentang Internet, atau "web" dari jalur-jalur (highways) informasi antara sistem komputer yang terpisah secara geografis. Jaringan yang divisikannya berbentuk seperti jaring laba-laba dan nama “Web” (Jaring) kemudian ditemukan. Dr. Berners-Lee dianggap sebagai penyumbang lahirnya World Wide Web (WWW). Penemuan World Wide Web

23 Marc Andreessen, seorang mahasiswa, th.1993 menemukan web browser pertama, mampu untuk mencari dan melihat informasi yang terdapat dalam komputer yang terhubung dengan Internet. Salah satu Web browser pertama bernama Mosaic. Saat ini, Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer merupakan dua Web browsers terlaris di pasaran. Penemuan World Wide Web

24 Mengapa Internet Berkembang ? Kecepatan dan keberhasilan pertumbuhan Internet disebabkan oleh empat faktor utama : 1)Adopsi TCP/IP sebagai standar universal untuk pembagian dan berbagi informasi 2) Kemampuan untuk menghubungkan komputer ke komputer atau dari situs ke situ dalam WWW (hanya dengan meng”klik” mouse) 3) Kemudahan penggunaan browser dengan antar muka grafisnya 4) Meningkatnya popularitas dan pertumbuhan komputer PC serta LAN (Local Area Networks) yang dapat dihubungkan ke Internet.

25 Any Question ?


Download ppt "Penemuan Transistor & IC. Tahun 1947, ilmuwan pada Bell Laboratories membuat kemajuan ilmiah yang berpengaruh terhadap teknologi komputer : mereka menemukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google