Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KIAT BERBISNIS YANG BENAR OLEH : Nurul Widyaningsih 41613010012 OLEH : Nurul Widyaningsih 41613010012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KIAT BERBISNIS YANG BENAR OLEH : Nurul Widyaningsih 41613010012 OLEH : Nurul Widyaningsih 41613010012."— Transcript presentasi:

1 KIAT BERBISNIS YANG BENAR OLEH : Nurul Widyaningsih OLEH : Nurul Widyaningsih

2  Judul : Kiat Berbisnis yang Benar  Penulis : Nurul Widyaningsih  Abstraksi : Jurnal ini dibuat untuk mengetahui bagaimana cara berbisnis yangbenar dan bagaimana untuk mempertahankan keberadaan bisnnis yang kita tekuni. Data-data yang ada dia dalam jurnal ini didapat dari metode reading di internet dengan mengumpulkan kemudian memilih dan memilah data yang ada sehingga bis ditemukan ke akuratannya. Dalam berbisnis ada beberapa jhal yang harus diperhatikan sebelum memulai memutuskan untuk berbisnis, dan ada beberapa hal yag harus diperhatikan agar bisnis yang kita tekuni bisa terus berjalan dan tidak terancam gulung tikar.

3 Pendahuluan Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Ada beberapa jenis bisnis di dunia ini, tetapi intinya hanya ada dua model bisnis, yakni bisnis jasa dan bisnis jual beli. Berdasarkan aktivitas yang dijalankan dalam bisnis, bisnis dibagi menjadi beberapa model, yakni manufacture, bisnis jasa, pengecer, bisnis pertanian dan pertambangan, bisnis financial, bisnis informasi, utilitas, bisnis real estate, dan bisnis transportasi.

4 Dari masing-masing jenis bisnis tersebut memiliki resiko dan tantangan tersendiri untuk kita dalam memulai bisnis. Tidak sedikit pula pengusaha yang gulung tikar karena tidak bisa mempertahankan bisnis nya atau salah dalam memilih jenis bisnis yang akan mereka geluti. Ada beberapa kiat-kiat yang harus kita jalankan agar bisnis yang kita jalankan tetap bisa bertahan. Dan juga kita harus bisa menentukan langkah-langkahdan kiat-kiat agar bisnis kita bisa sukses. Selain itu ada sekarang sudah merebak penipuan dalam berbisnis. Untuk itu kita harus tau langkah-langkah dan tips-tips agar kita tidak tertipu dalam berbisnis.

5 Metode Penelitian Dalam mengumpulkan data yang akan digunakan untuk membuat jurnal ini, beberapa metode digunakan agar bisa mendapatkan data yang medukung jurnal ini, yakni : 1. Pengumpulan data Pengumpulan data dilakukan dengan mencari beberapa sumber data di internet dan dibuku. 2. Pengolahan data Data yang sudah didapat kemudian dipilih dan dipilah dicari yang paling akurat dan benar secara obyektif.

6 BAB II Pembahasan Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda- beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan. Ada beberapa jenisnya, yakni :  Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.  Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.  Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.  Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang- barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.

7  Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.  Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).  Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.  Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.  Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. Indonesia sendiri bukan merupakan negara yang paling mudah untuk mendirikan perusahaan baru atau untuk berperan aktif di bidang bisnis. Dan sekarang ini persaingan bisnis semakin ketat, tak heran jika makin banyak pengusaha yang gulung tikar karena salah alam menyikapi peraingan bisnis.

8 Dalam berbisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan, yakni meliputi :  Sesuaikan bidang bisnis yag akan kita geluti dengan karakter kita.  Pertimbangkan bidang bisnis yang akan anda geluti di masa depan.  Temukan market pasar.  Pelajari tingkat persingannya. Setelah mempersiapkan itu semua dan bisnis sudah berjalan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bisnis yang digeluti bisa mencapai perkembangan dan kemajuan.  Berpikir cermat  Menentukan keinginan pelanggan  Menawarkan solusi  Membuat strategi baru.

9 Namun selain mempersiapkan hal-hal tersebut sebelum berbisnis, harus diperhatikan juga penipuan-penipuan yang sering terjadi dalam dunia bisnis. Ada beberapa cara untuk menghindari penipuan dalam berbinsnis, yakni :  Jangan malu untuk belajar  Jangan mudah terayu dengan promo investasi  Buat grup atau kelompok untuk berbagi  Hindari bisnis investasi instan  Hindari bisnis investasidari orang yang baru dikenal  Tanyakan legalitas perusahaan penyedia investasi

10 Daftar Pustaka  ian-bisnis-dalam-ilmu-ekonomi.html ian-bisnis-dalam-ilmu-ekonomi.html  


Download ppt "KIAT BERBISNIS YANG BENAR OLEH : Nurul Widyaningsih 41613010012 OLEH : Nurul Widyaningsih 41613010012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google