Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERIAL HANDLING PADA PT. KAMI BAHAGIA (PRODUSEN PERMEN COKLAT)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERIAL HANDLING PADA PT. KAMI BAHAGIA (PRODUSEN PERMEN COKLAT)"— Transcript presentasi:

1 MATERIAL HANDLING PADA PT. KAMI BAHAGIA (PRODUSEN PERMEN COKLAT)

2 Kelompok 2: Alfien Aminul Islam (CO): Daud Madari: Muhammad Idham W.: Muhammad Ridhwan A.: Rhamdani Widyo Utomo: PT. KAMI BAHAGIA

3 Profil Perusahaan Company Profile (CP / Profil Perusahaan) adalah sebuah data atau profil mengenai sebuah perusahaan atau instansi, sebuah CP biasanya dibuat untuk ditujukan kepada calon klien atau rekanan bisnis perusahaan itu sendiri sebagai media dalam memperkenalkan sebuah perusahaan agar dapat meyakinkan calon klien dan menjadi bahan pertimbangan untuk dapat diajak kerjasama atau bermitra dalam berbisnis.

4 Profil PT. KAMI BAHAGIA Pabrik cokelat ini adalah salah satu produsen yang memiliki produk permen di Indonesia. Pabrik ini berdiri pada tahun Pabrik ini memulai produksi pertama kali di daerah Jawa Timur, yakni di daerah Madiun. Pabrik permen coklat ini berdiri atas prakasa Bapak Alfin Aminul sebagai pendiri utama pabrik PT. KAMI BAHAGIA

5 Profil PT. KAMI BAHAGIA Visi Menjadi perusahaan paling unggul dalam sumbangsihnya untuk masyarakat yang lebih baik Misi Menjalankan kegiatan perusahaan dengan standar etika yang tinggi dengan kejujuran dan integritas Menyediakan sarana berkarya untuk para karyawan dalam suasana kerja yang profesional, sejahtera dan secara individu bermartabat Bekerja dengan penuh tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan tempat berusaha Memberikan keuntungan yang layak bagi perusahaan dan untuk para karyawan serta masyarakat sekitar

6 Coklat adalah salah satu pengolahan biji kakao yang paling banyak digemari. Dalam perkembangannya, coklat tidak hanya untuk produk minuman tetapi juga untuk produk makanan ringan yang banyak digemari segala usia. Permen coklat merupakan salah satu produk hasil olahan biji coklat yang telah melalui proses penyangraian, penguapan, penggilingan, pencampuran, penghalusan, proses conching dan pencetakan (Minifie, 1970).

7 Permen coklat / soft candy coklat mempunyai tekstur lembut dan rasa manis. Pengolahan soft candy coklat umumnya dilakukan blending yaitu pencampuran bermacam-macam mutu dan jenis coklat. Hal ini dilakukan untuk memperoleh produk coklat dengan rasa, aroma dan warna yang khas serta dapat mempertahankan kualitas permen coklat. Pada dasarnya, produk coklat yang digunakan dalam pembuatan permen coklat adalah sebagai perasa dan bahan pelapis. Berbagai macam rasa pada coklat (pahit, manis dan susu), bubuk coklat dan lemak coklat akan bercampur menjadi satu sehingga akan menghasilkan produk dengan komposisi dan kualitas yang baik.

8 Lesitin secara komersial untuk keperluan pengemulsi, dan lesitin efektif memperendah tegangan interfasial antara lemak dan air, tetapi mampu menjaga kestabilan emulsi dalam adonan Untuk menghasilkan produk soft candy coklat yang baik, selain ditambahkan lesitin, dapat juga ditambahkan susu skim. Susu skim adalah bagian susu yang tertinggal sesudah krim diambil sebagian atau seluruhnya. Susu skim mengandung semua zat makanan dari susu kecuali lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.

9

10 Pemilihan Lokasi Pada perusahaan Kami, berikut pemaparan pertimbangan pemilihan lokasi perusahan: 1.Sumber Bahan Baku 2.Lokasi Pasar 3.Infrastuktur 4.Buruh dan tingkat upah Dari beberapa pertimbangan diatas dapat diputuskan pemilihan lokasi perusahaan terletak di Madiun. Karena apa yang menjadi pertimbangan perusahaan sesuai kondisi pada wilayah Madiun.

11 Urut-Urutan Material Dari Supplier ke Konsumen Pada produsi pembuatan permen coklat dibutuhkan bahan baku yang terdapat di wilayah Madiun. Pohon kakao didapat langsung dari koperasi unit desa yang menyetor bahan baku cokelat yang diperoleh dari petani kakao. Kemudian bahan baku diolah sedemikian rupa menjadi produk permen coklat. Pemasaran yang dilakukan yakni dengan menyebarkan produk ke toko-toko yang tersedia di sekitar wilayah Madiun dan sekitarnya. Pemasaran produk dengan cara tersebut dengan pertimbangan dapat menyebarkan produk langsung ke konsumen dengan jangkauan wilayah yang luas.

12 Tipe Layout Produk layout atau line layout adalah tata letak fasilitas dimana mesin, peralatan, dan atau perlengkapan suatu sistem operasi disusun menurut urutan-urutan proses produksi produk tsb. Mulai dari bahan baku sampai dengan produk jadi atau mulai dari awal pelayanan sampai akhir pelayanan. Product Layout cocok untuk proses pembuatan produk dalam jumlah yang besar (mass-production) dengan macam/variasi produk yang sedikit (terbatas). Pengaturan fasilitas produksi pada product layout berdasarkan prinsip “machine after machine”; dimana mesin diatur berdasarkan urutan proses produksi, sehingga material handling bisa dilakukan dalam jarak yang sependek- pendeknya.

13

14 Peralatan Material handling Suplyer ke storage menggunakan mobil pick up karena jumlah bahan baku yang diambil dari supliyer banyak dan berat. Gudang dibawa ketempat pengyangraian dibawa dengan menggunakan hand truck kakao diletakkan dalam karung, karena dengan menggunakan hand truck supaya perpindahannya fleksibel. Penyangraian menuju ketempat pemecahan kulit kemudian ketempat pemastaan menggunakan ember yang diangkut dengan menggunakan hand truck, hal ini bertujuan untuk fleksibelitas dalam perusahaan, karena jika menggunakan truck industri akan terlalu besar. Pemastaan menuju ketempat pengempaan kemudian menuju tempat pencampuran dan tempat menghalusan menggunakan chain konveyor untuk benda lembek, hal ini dikarenakan jika menggunakan hand truck akan banyak bahan yang tertinggal pada alat, dan ditakutkan terjadi kontaminasi pada bahan karena pada tahap ini bahan baku berbentuk padat lembek.

15 Peralatan Material Handling Penghalusan menuju ke tempat conching, kemudian ketempat tempering, ketempat pencetakan dan pendinginan sampai pada tahap pengemasan menggunakan chain conveyor karena pada tahap ini ditakutkan terjadi kontaminasi dan perpindahannya pun lebih cepat Pengemasan ke pemesikasaan menggunakan belt conveyor, hal ini dikarenakan di bahan sudah dalam bentuk kemasan dan dalam keadaan berat sehingga harus menggunakan conveyor yang dapat menahan beban berat Pemeriksaan ke gudang akhir perpindahannya menggunakan palet kayu yang diangkat dengan menggunakan industrial truck karena dalam pengemasan ini terdapat orang yang menata bungkusan permen dengan ukuran kemasan sedang kedalam kardus sehingga mudah untuk dibawa dengan menggunakan industrial truck.

16 OMH PT KAMI BAHAGIA membeli alat forklift dengan harga Rp ,- diharapkan umur ekonomis 3 tahun. Biaya bahan bakar adalah Rp /jam. Dan biaya perawatan sebesar Rp 4000/jam. Jika forklift rata-rata berjalan m/ hari. Tentukan biaya persatuan jarak (m). Diasumsikan bahwa alat angkut beroperasi 300 hari/tahun dan upah operator adalah Rp /jam

17 OMH Depresiasi Garis Lurus Jarak Angkutan Tiap Jam Total Biaya OMH


Download ppt "MATERIAL HANDLING PADA PT. KAMI BAHAGIA (PRODUSEN PERMEN COKLAT)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google