Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS KELOMPOK MANAJEMEN DISTRIBUSI Andhytha Anggriana0911011004 Khairul Fadli0911011066 Mz. Jalaludin Abdurahman0911011079 Tia Adisti0911011110 Ivan Kurnia0911011150.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS KELOMPOK MANAJEMEN DISTRIBUSI Andhytha Anggriana0911011004 Khairul Fadli0911011066 Mz. Jalaludin Abdurahman0911011079 Tia Adisti0911011110 Ivan Kurnia0911011150."— Transcript presentasi:

1 TUGAS KELOMPOK MANAJEMEN DISTRIBUSI Andhytha Anggriana Khairul Fadli Mz. Jalaludin Abdurahman Tia Adisti Ivan Kurnia

2 Perusahaan ini didirikan pada tahun 1972 oleh Sudono Salim dengan nama PT Panganjaya Intikusuma. Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di Jakarta. Per oktober 2009, dengan keputusan manajerial PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi (IDX: ICBP) namanya pun dirubah menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Yang membagi kegiatan usahanya dalam empat kelompok usaha. Salah satunya kelompok usaha makanan bermerek CBP tersebut. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia dan Eropa.

3 Produk Produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen yang memiliki nilai untuk dipertukarkan satu sama lain. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ingin menjadikan dirinya sebagai perusahaan yang dapat menjadi penyedia utama makanan dan consumer products bermerek terkemuka bagi jutaan consumen di Indonesia dan juga diberbagai penjuru dunia.

4 Nampak jelas sekali dalam simulasi gambar diatas, bahwa berbagai lini produk telah coba dimasuki oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

5 PT Indofood CBP Sukses Makmur mengkhususkan dirinya sebagai perusahaan makanan dan minuman. Jenis produk yang dihasilkan pun beragam. Sesuai dengan visi PT Indofood CBP Sukses Makmur untuk menjadi Total Food Solution Company Sehingga PT Indofood CBP Sukses Makmur berkomitmen untuk terus menyertai kehidupan sehari- hari konusmennya. Itulah sebabnya tidak heran, dalam kehidupan sehari- hari banyak sekali kita jumpai produk- produk berlebelkan Indofood DIVISI NOODLES, DIVISI MAKANAN RINGAN, DIVISI PERUSAHAAN SUSU, DIVISI PERASA MAKANAN, DIVISI MINYAK GORENG DAN MARGARIN, DIVISI TEPUNG TERIGU, DIVISI MAKANAN BERGIZI

6 PT Indofood Sukses Makmur Tbk memiliki 15 cabang pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia, Hal ini melihat perkembangan kebutuhan mie instant yang memang digemari oleh masyarakat Indonesia. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah salah satu perusahaan makanan instant yang merupakan anak perusahaan dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Mie adalah hal yang sangat familiar bagi kita. Khususnya bagi orang- orang yang memiliki aktivitas tinggi. Waktu yang singkat dan kepraktisan dalam megolah makanan yang satu ini, menjadi daya tarik sendiri bagi mie instant. Mie instant memang tidak bisa menjadi makanan pokok dan tidak bisa dikonsumsi terlalu banyak. Namun bukan berarti mie instant tidak memiliki manfaat. Banyak kandungan vitamin di dalam mie instant, karena mie instant terbuat dari tepung gandum.

7 Pergeseran pola konsumsi masyarakat ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan instan, terutama industri mie instan. Salah satu produsen mie instan terbesar di Indonesia saat ini adalah Indofood. Makanan berbasis tepung gandum siap saji atau yang sering kali kita sebut dengan mie instan. Kualitas mie instan produk Indofood tidak diragukan lagi, meskipun mie ini begitu praktis dan mudah penyajiannya tapi tetap saja tidak mengurangi kandungan gizi yang memang harus ada didalamnya dan juga dibutuhkan oleh konsumen. Perusahaan ini menguasai hampir 80 % dari produksi mie instan di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, mie memang sudah menjadi bagian penting dalam pola makan rumah tangga, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pedesaan.

8 INDOMIE Indofood mengakui bahwa pemberi sumbangan terbesar terhadap pendapatan PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk adalah mie instant INDOMIE Indomie mie instant nomer satu yang menyumbang pendapatan terbesar. Disusul dengan supermi, sarimi dan sakura. Selain itu ada juga mie dalam kemasan seperti pop mie. Dan juga mie kering seperti mie telor cap 3 ayam.

9 INDOMIE Sebagai mie instant nomer satu dalam pangsa pasar mie instant, bukan hanya menang dikandang sendiri (unggul dibanding supermie, sarimi dan mie sakura) namun juga tetap menjadi pilihan dibanding mie SEDAAP yang menjadi pendatang baru dan sempat membuat goncang pasar mie instant dan posisi INDOMIE. Semua hal itu bisa diatasi oleh INDOMIE sebagai leader dan penguasa market share. Bukan tak beralasan INDOMIE menjadi yang nomer 1, selain keaslian cita rasa mie instant dan inovasi rasa yang terus dilakukan. Namun juga karena kemampuan dalam penyetokan barang yang tepat dan lancar yang mendukung dalam pemasaran INDOMIE

10 Menurut Kotler (1991) Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen. Menurut Nitisemito (1993) Saluran Distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan atau menyampaikan barang-barang atau jasa- jasa dari produsen ke konsumen. Menurut Warren J. Keegan (2003) Saluran Distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri. Menurut Assauri (1990) Saluran distribusi merupakan lembaga-lembaga yang memasarkan produk, yang berupa barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

11 Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Barang dan Jasa : 1. Produsen ---> Konsumen (Umumnya Jasa) 2. Produsen ---> Retailer ---> Konsumen 3. Produsen ---> Wholesaler ---> Retailer ---> Konsumen 4. Produsen ---> Agen ---> Wholesaler ---> Retailer ---> Konsumen 5. Produsen ---> Industri (Produsen) 6. Produsen ---> Wholesaler ---> Industri (Produsen) Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE Produsen ---> Wholesaler ---> Retailer ---> Konsumen Karena, produk mie instant tahan lama dan tidak mudah rusak sehingga produk INDOMIE tidak ada masalah jika menggunakan saluran distribusi yang panjang. Jadi dari produsen menyalurkan ke wholesaler (pedagang besar) lalu disalurkan kembali (biasanya dibeli) retailer (pedagang pengecer) seperti warung- warung dan akhirnya sampai ke tangan konsumen.

12 Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Barang dan Jasa : 1.Langsung 2.Semi langsung 3.Tidak Langsung Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE TIDAK LANGSUNG Karena, produk mie instant INDOMIE menggunakan saluran distibusi produsen menyalurkan ke wholesaler (pedagang besar) lalu disalurkan kembali (biasanya dibeli) retailer (pedagang pengecer) seperti warung- warung dan akhirnya sampai ke tangan konsumen. sehingga tidak ada hubungan antara PRODUSEN INDOMIE dalam hal ini PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk dengan konsumen secara langsung.

13 Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Barang dan Jasa : 1.Agent Midlemant 2.Merchant Midlemant Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE Agent Midlemant Karena, produk mie instant INDOMIE dalam saluran distribusinya tidak memiliki tanggung jawab terhadap produk yang sudah dibeli baik dalam partai besar maupun partai pengecer.

14 Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Barang dan Jasa : 1.Pedagang desa 2.Pedagang kota 3.Pedagang lokal 4.Pedagang regional 5.Pedaganag nasional 6.Pedagang internasional Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE Pedagang Nasional Karena, produk mie instant INDOMIE dalam saluran distribusinya berskala NASIONAL. Melayani permintaan dari berbagai wilayah di Indonesia, sabang sampai merauke. Selain itu, kini INDOMIE dapat lebih memuaskan permintaan produk INDOMIE dengan memastikan stocknya cukup di gerai- gerai INDOMARET retailer selain di warung- warung pada umumnya.

15 Sebenarnya, saluran distibusi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sudah mendunia. Tidak hanya mencukupi permintaan dalam negeri. Namun Negara Australia, Eropa hingga Amerika telah akrab dengan produk- produk Indofood. Namun Indofood pun hanya ada di beberapa mini market (sejenis Indomaret) dan biasanya stock terbatas.

16 Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Barang dan Jasa : 1.Intensif, memanfaatkan SD yang ada dan sering 2.Ekstensif, menggunakan SD sebanyak- banyaknya 3.Selektif, menggunakan SD yang terbatas 4.Eksklusif, menggunakan SD satu- satunya Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE Ekstensif Karena, produk mie instant INDOMIE dalam saluran distribusinya menggunakan Saluran Distribusi yang luas. Banyak menggunakan terutama retailer atau pedagang pengecer. Sehingga Saluran Distribusi yang digunakan sebanyak- banyaknya untuk terus menjaga permintaan agar tidak ada loss demand. Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE Ekstensif Karena, produk mie instant INDOMIE dalam saluran distribusinya menggunakan Saluran Distribusi yang luas. Banyak menggunakan terutama retailer atau pedagang pengecer. Sehingga Saluran Distribusi yang digunakan sebanyak- banyaknya untuk terus menjaga permintaan agar tidak ada loss demand.

17 PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk. Memiliki 15 cabang pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk melayani dan menjaga stock demand WHOLESALER Masing- masing daerah di Indonesia Bersifat Agent Midleman RETAILER Warung- warung/ mini market/ Indomaret KONSUMEN AKHIR Tidak ada hubungan penjualan secara langsung. Namun PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk selalu memperhatikan kesediaan produk dipasaran. Kepuasaan/ Ketidakpuasan Feed Back secara tidak langsung pada penjualan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

18 KESIMPULAN Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampaian produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga pengguna akhir sebagai tujuan akhir dapat memperoleh barang yang dibutuhkan tepat waktu. Sebaik- baik apapun suatu produk dihasilkan dan dipromosikan, namun jika kesediaannya tidak dijamin keberadaannya (sulit didapat) konsumen pun pasti akan enggan untuk bertahan pada produk tersebut. Itulah sebabnya INDOMIE sebagai mie instant yang menguasai pasar (market share tebesar) dan leader terus berupaya memuaskan konsumennya bukan hanya dlam inovasi rasa dan produk namun juga dalam menjaga kesediaan barang. Hal ini didukung dengan saluran distribusi yang lancar dan tidak terlalu panjang tahapannya, sehingga produk cepat sampai ke tangan konsumen akhir (pengguna) dan juga bekerjasama dengan gerai- gerai retailer seperti INDOMARET yang kini hampir ada di setiap wilayah pedesaan atau semi desa.

19


Download ppt "TUGAS KELOMPOK MANAJEMEN DISTRIBUSI Andhytha Anggriana0911011004 Khairul Fadli0911011066 Mz. Jalaludin Abdurahman0911011079 Tia Adisti0911011110 Ivan Kurnia0911011150."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google