Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Kokom Komariah  Pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistim pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Kokom Komariah  Pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistim pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Kokom Komariah

2  Pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistim pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu berkerja pada suatu kelompok pekerjaan atau satu bidang pekerjaan daripada bidang bidang perkerjaan lainnya. (Rupert Evans; 1978)

3  Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang mempersiapkan perserta didik untuk dapat berkerja dalam bidang tertentu. (Undang – Undang No.2 tentang Sistim Pendidikan Nasional )  Pendidikan Menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk pelaksanaan jenis pekerjaan tertentu. (Peraturan Pemerintah No.29 Tahun 1990).

4  Memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga kerja  Meningkatkan pilihan pendidikan bagi setiap individu  Mendorong motivasi untuk belajar terus.  Penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional.  Mempersiapkan perserta didik sebagai calon tenaga kerja dan mengembangkan eksistensi peserta didik, untuk kepentingan peserta didik, masyarakat, bangsa dan negara.

5 1. Model Pasar ( Market Model ) merupakan sistim pendidikan yang merupakan tanggung jawab industri dan di jalankan sepenuhnya oleh industri. Pada model pasar pemerintah tidak terlibat dalam proses kualifikasi kejuruan. Model ini sering juga disebut Model Liberal dan langsung di arahkan pada produksi dan pasaran kerja.

6 2. Model Sekolah ( School Model ) adalah pendidikan dimana pemerintah berperan merencanakan, mengorganisasikan, dan memantau pelaksanaan pendidikan kejuruan. Model ini sering juga disebut Model Birokratik. 3. Model Sistim Ganda ( Dual System ) Merupakan perpaduan antara model pasar dan model sekolah dalam hal ini pemerintah berperan sebagai pengawas model pasar, model ini disebut juga dual system.

7 4. Model Pendidikan Koperatif ( Cooperative Education ) Pendidikan kejuruan yang diselenggarakan bersama antara sekolah dan perusahaan. Terbagi dalam dua macam : a. School and Enterprise, pendidikan kejuruan yang merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah dan industri. b. Training Center and Enterprise.

8 5. Informal Vocational Education. Sistim pendidikan yang lahir dengan sendirinya, atas inisiatif pribadi atau kelompok untuk memenuhi ketrampilan yang tidak dapat dipenuhi di pendidikan formal.

9  Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu;  Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara program sarjana;  Pendidikan Profesional merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus.

10  Sekolah Pertukangan pada Pertengahan abad ke-19.  Penambahan jumlah sekolah kejuruan pada zaman Belanda sejak dimulainya Politik Etika (1901).  Pendirian sekolah-sekolah dan PPPG lingkup kejuruan.  Pendirian IPT, BLTP, STM Pembangunan pada tahun an.  Didirikan dan dikembangkannya Pendidikan Politeknik sejak tahun 1980-an.  Dialihfungsikan SLTP Kejuruan pada tahun 1980-an untuk kemudian “ruh” nya dihidupkan kembali pada pertengahan tahun 1990-an dalam bentuk Program Ketrampilan di SLTP.  Pengembangan model PSG, hingga lahirnya dokumen “Ketrampilan menjelang 2020”.


Download ppt "Oleh : Kokom Komariah  Pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistim pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google