Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL (KPM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL (KPM."— Transcript presentasi:

1 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL (KPM 398) Soeryo Adiwibowo Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia – Institut Pertanian Bogor Bogor, 16 September Pokok Bahasan ke-2: Fokus/Topik, Latar Belakang, dan Perumusan Masalah Penelitian

2 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MINAT ?  Y Y  ? GAGASAN X > Y A > B TEORI ? ? AB C F D XY E KONSEPTUALISASI Tentukan konsep dan variabel yang akan diteliti PEMILIHAN METODE PENELITIAN Penelitian lapang, analisa data sekunder, eksperimen, penelitian evaluasi, penelitian survey POPULASI DAN SAMPEL -Kesimpulan dan diambil dari kelompok mana? -Siapa yang diobservasi untuk itu? OPERASIONALISASI Bagaimana variabel penelitian diukur? OBSERVASI Kumpulan data untuk analisa dan penafsiran PENGOLAHAN DATA Ubah data unutk dianalisa ANALISA Analisa data dan Kesimpulan PROSES PENELITIAN Fokus/Topik Penelitian Singarimbun dan Effendi (1989) Tiap tahap dilaksanakan dengan kritis, cermat, & sistematis

3 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN SURVAI (Singarimbun & Effendi 2008, dan Creswell 1994) 1.Merumuskan Topik atau Fokus Penelitian, Pertanyaan atau Masalah Penelitian, & menentukan Tujuan Penelitian; 2.Menentukan Konsep dan Hipotesis serta menggali Kepustakaan; 3.Pengambilan Sampel 4.Pembuatan Kuesioner 5.Pekerjaan Lapangan (termasuk memilih dan melatih pewawancara/enumerator) 6.Pengolahan Data 7.Analisis dan pelaporan

4 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB 1. Merumuskan Fokus/Topik Penelitian (Creswell 1994) Menetapkan minat dan gagasan penelitian setelah menelusuri dan menelaah pustaka secara intensif, mendengar saran kolega, peneliti, pembimbing skripsi/tesis/disertasi, atau diperoleh dari pengalaman pribadi sendiri. Dituangkan dalam tulisan yang padat, singkat, sehingga dapat menjadi judul riset (working title). Judul penelitian yang baik: singkat, tiadakan kata-kata yang tidak perlu. Wilkinson (dalam Creswell 1994) menyarankan judul maksimum terdiri atas 12 kata. Konteks: bahasa Inggris lebih padat. Topik penelitian diteliti sesuai dengan sumberdaya yang tersedia.

5 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB Fokus/Topi k Penelitian Kepekaan & minat untuk mengetahui masalah/fenomena sosial tertentu Bacaan, diskusi, seminar, atau pengamatan atau kombinasinya Ditopang oleh akal sehat (common sense) Apakah penelitian untuk: 1) mengisi kekosongan tertentu; 2) replikasi; 3) memperluas; 4) mengembangkan ide-ide baru dalam literatur akademik? Singarimbun dan Effendi (1989) Creswell (1994) DALAM MENETAPKAN FOKUS/TOPIK PENELITIAN, BUKAN METODE PENELITIAN YANG PENTING

6 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB Teori Hasil Penelitian Data Informasi tentang dunia sekitar Informasi yang diperoleh dapat mendukung teori atau mendorong mengembangkan atau merubah teori yang ada Apa yang kita ketahui, atau yang kita fikir kita ketahui, mempe- ngaruhi apa yang ingin kita teliti & temukan SINTESIS PERTANY AAN ANALISIS Ford (2000)

7 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB Teori Data Kreativitas PERTANY AAN Analisis Kritis Ford (2000) Definisi dari Kajian terhadap Membangun penjelasan baru & melakukan uji coba Melihat apa yang belum pernah dilihat sebelumnya

8 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB Pertanyaan-pertanyaan terkait Perencanaan Penelitian dan Metode ilmiah (David Ford, 2000) 1 Bagaimana agar saya dapat tiba pada suatu pertanyaan penelitian? 2 Saya memiliki beberapa gagasan dan tema tetapi saya tidak memiliki proyek penelitian 3 Bagaimana agar saya bisa memperbaiki pertanyaan penelitian sehingga dapat diperoleh suatu jawaban? 4 Saya mempunyai proyek penelitian. Dapatkah saya menemukan cara yang inovatif untuk melihat masalah ? Dapatkah saya menemukan suatu cara sementara yang lain tidak? 5 Ketika penelitian dimulai bagaimana kita apa analogi yang akan digunakan? Bagaimana memperoleh gagasan-gagasan baru?

9 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB 6 Apakah saya telah memberikan kontribusi signifikan kepada pengetahuan? 7 Saya mempunyai proyek penelitian, namun adakah sesuatu yang tanpa sadar terlewatkan? 8 Bagaimana saya tahu bahwa saya melakukan duplikasi riset yang lain? 9 Bagaimana saya tahu apakah proyek saya relevan atau penting untuk suatu teori, atau suatu pertanyaan praktis, atau hanya satu ide bodoh belaka? 10 Bagaimana saya bisa melakukan tinjauan pustaka? Bagaimana saya mengetahui bahwa suatu riset sedang berlangsung, apa yang sudah dikerjakan? Bagaimana bila riset dalam bahasa asing ? 11 Bagaimana saya tahu apakah proyek saya terlalu besar atau terlalu kecil ?

10 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB 12 Bagaimana agar saya bisa membatasi pertanyaan agar pertanyaan tersebut merupakan suatu topik penting, dan bukan suatu penelitian seumur hidup? 13 Bagaimana saya (sebagai individu) tahu kapan menghentikan penelitian dengan memperhatikan karakter siklus sains ? 14 Bagaimana saya membatasi proyek penelitian agar dapat diselesaikan dalam dua tahun? 15 Bagaimana saya menganalisis data dan menulis tesis? Bagaimana saya tahu apa yang harus disimpulkan? Sudahkah saya mendapatkannya ? 16 Anda membuat suatu hipotesis, dan kemudian anda berusaha untuk membuktikannya. Bagaimana kalau tidak betul ?

11 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB 17 Kita mulai dengan berusaha membuktikan suatu hipotesis, tetapi dapatkah kita mengakhiri penelitian dengan berusaha merumuskan satu hipotesis baru? 18 Akankah saya mengumpulkan data yang buruk, atau data yang tidak mencukupi untuk menjawab pertanyaan ? 19 Beberapa pertanyaan mempunyai jawaban. Beberapa masalah bersifat eksploratif. Bagaimana anda melakukan penelitian eksploratif? Ini sulit karena budaya ilmiah mengharapkan jawaban 20 Apa jenis kontrol atau desain eksperimental yang saya butuhkan? 21 Bagaimana saya dapat menginterpretasikan hasil penelitian dengan tidak bias sehingga saya dapat merumuskan hasil penelitian tanpa prasangka apapun ?

12 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB LIMA PROSES PERENCANAAN PENELITIAN (David Ford, 2000) 1.Merumuskan pertanyaan penelitian (Pertanyaan 1-3) 2.Mengembangkan kreativitas untuk merumuskan gagasan-gagasan baru penelitian (Pertanyaan 4-5) 3.Memastikan rancangan penelitian sesuai dengan pengetahuan ilmiah (Pertanyaan 6-10) 4.Memastikan secara teknis rancangan penelitian layak dan dapat dilakukan dengan sumberdaya yang ada (Pertanyaan 11-14) 5.Menetapkan bagaimana kesimpulan dirumuskan (Pertanyaan 15-21)

13 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB PERTANYAAN PENELITIAN  Inti suatu penelitian ialah karena adanya masalah yang perlu diatasi, ada fenomena yang belum diketahui dan penting untuk diketahui;  Cara peneliti untuk merumuskan hal tersebut secara jelas ialah dengan membuat pertanyaaan penelitian yang akan dijawab dalam penelitian.

14 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB CIRI-CIRI PERTANYAAN PENELITIAN YANG EFEKTIF 1.Pertanyaan penelitian harus menarik Aktual Ada paradoks Pendekatan yang berbeda 2. Pertanyaan penelitian harus relevan Mengisi potongan teka-teki yang hilang Membuat hubungan.

15 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB CIRI-CIRI PERTANYAAN PENELITIAN YANG EFEKTIF 3. Pertanyaan penelitian harus jelas Buat pertanyaan yang “membumi” Batasi variabel 4. Pertanyaan penelitian harus dapat diteliti

16 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB PERTANYAAN PENELITIAN  Pertanyaan umum (general research question)  Pertanyaan spesifik (specific research questions)

17 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB GRQ SRQ-3 SRQ-2 SRQ-4 SRQ-1 SRQ-n GRQ: General Research Question SRQ: Specific Research Questions

18 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MERUMUSKAN PERTANYAAN PENELITIAN 1. Bagaimana saya merumuskan suatu pertanyaan (David Ford 2000)? Tindakan : dengan mengamati fenomena sosial, menerapkan teori pada suatu situasi baru, atau memecahkan kesenjangan teoritis – berfikir tidak eksklusif. Terpenting adalah bahwa anda menganalisis beberapa pertanyaan umum menjadi pertanyaan spesifik

19 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MERUMUSKAN PERTANYAAN PENELITIAN 2. Saya mempunyai beberapa gagasan dan tema (topik) tetapi saya tidak memiliki suatu proyek (David Ford 2000) Tindakan : menjawab suatu pertanyaan mengenai hal–hal yang anda tidak ketahui jawabannya - kembalikan pertanyaan ke suatu proposisi dan diikuti dengan proses analisis konseptual dan proposisional.

20 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MERUMUSKAN PERTANYAAN PENELITIAN 3. Bagaimana saya bisa memperbaiki pertanyaan sehingga suatu jawaban dapat diperoleh (David Ford 2000)? Tindakan : Gunakan cara yang sama seperti dalam menjawab pertanyaan sebelumnya. Rumuskan kembali pertanyaan penelitian anda ke dalam bentuk suatu proposisi.

21 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB PENDAHULUAN Pendahuluan ini dimaksudkan untuk menerangkan pokok permasalahan (subject matter) yang akan ditelaah dengan memaparkan sub bab berikut ini. Latar Belakang Bagian ini menerangkan asal-usul kajian dan kondisi saat sekarang. Masalah yang akan ditelaah itu timbul atas dasar apa, misalnya timbul dari minat penulis, pengalaman kerja, saran pakar atau kajian orang lain, dan sumber-sumber lain. Bagian ini mengungkapkan bukti-bukti atau fakta-fakta yang menjadi sebab atau alasan timbulnya suatu masalah. Pada paragraf terakhir paparkan pokok permasalahan atau permasalahan penelitian dengan kalimat tanya (“Pertanyaan Pokok Penelitian”) (Lihat cara merumuskan masalah)

22 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB Perumusan Masalah Bagian ini memaparkan permasalahan spesifik atau pertanyaan penelitian spesifik yang terkait dengan pokok permasalahan atau permasalahan pokok penelitian (parachute paradigm). Meskipun berupa narasi upayakan agar permasalahan spesifik disajikan dalam bentuk yang tegas, biasanya dalam bentuk pertanyaan bukan dalam bentuk kalimat proposisi.

23 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB Tujuan dan Manfaat Tujuan yang dirumuskan harus sesuai dengan perumusan pokok permasalahan penelitian (tujuan umum) dan permasalahan spesifik (tujuan spesifik). Sedangkan manfaat umumnya mencakup: (1) manfaat ilmiah/akademik; dan (2) manfaat pembangunan (penanganan masalah, kebijakan, dan program pembangunan).

24 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB CONTOH PERTANYAAN PENELITIAN  Pertanyaan umum (general research question) Bagaimana pola pelaksanaan CSR sebagai upaya pengembangan masyarakat dalam mendukung keberhasilan perusahaan dengan masyarakat di sekitarnya ?  Pertanyaan spesifik (specific research questions). 1.Sampai sejauh mana kebijakan CSR PT Holcim telah mempertimbangkan 3P ? 2.Bagaimana pelaksanaan CSR PT Holcim ? 3.Bagaimana hubungan antara kelas sosial dan tingkat partisipasinya dalam CSR ? 4.Bagaimana dampak CSR PT Holcim terhadap masyarakat ?

25 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB GRQ SRQ-3 SRQ-2 SRQ-4 SRQ-1 SRQ-n GRQ: General Research Question SRQ: Specific Research Questions Pelaksanaan CSR ? Hubungan Kelas Sosial-Partisipasi ? Dampak CSR pada Masyarakat ?

26 DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB TERIMAKASIH Pengelola Matakuliah Metodologi Penelitian Sosial Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia - Institut Pertanian Bogor


Download ppt "DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT – FEMA IPB MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL (KPM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google