Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Permulaan Aplikasi Sains Modern. Awal Pemanfaatan Sains Dimulai dengan pembuatan peta dan kalender selama jaman perunggu  diperbaiki oleh orang Yunani.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Permulaan Aplikasi Sains Modern. Awal Pemanfaatan Sains Dimulai dengan pembuatan peta dan kalender selama jaman perunggu  diperbaiki oleh orang Yunani."— Transcript presentasi:

1 Permulaan Aplikasi Sains Modern

2 Awal Pemanfaatan Sains Dimulai dengan pembuatan peta dan kalender selama jaman perunggu  diperbaiki oleh orang Yunani dan Arab Belum ada penerapan di bidang pertanian Pemanfaatan lebih banyak pada penerapan di bidang navigasi pelayaran

3 Pemanfaatan di bidang navigasi Didasari karena adanya perdagangan kemudian orang Eropa mencari jalan alternatif menuju ke Timur Negara yang banyak berperan adalah Porugis dan Spanyol

4 Penjelajah Eropa yang pertama adalah Genoese Henry sang navigator : Pertama kali yang tiba di Pantai Afrika Barat Bartholomew Diaz 1489 : sampai di Tanjung Harapan Vasco da Gama 1497: sampai di India Colombus 1492 : sampai di Hindia Barat

5 Masalah yang timbul karena adanya penjelajahan Penentuan posisi suatu tempat dengan garis bujur dan garis lintang Pembuatan peta datar dari bentuk bumi yang bulat

6 Penentuan garis lintang Garis lintang ditentukan dengan mengukur ketinggian matahari pada suatu tempat di siang hari atau dengan mengukur ketinggian bintang kutub pada malam hari di belahan bumi utara seperti yang dilakukan oleh orang Yunani.

7 Penentuan garis bujur Johannes Muller Peeter Bennewitz Martin Waldseemuller Gemma Frisius Gerrard Mercator Galileo

8 Yang menjadi masalah adalah merepresentasikan dari bumi yang berbentuk bola pada peta datar Dipecahkan oleh Mercator dengan membuat proyeksi sederhana tentang garis lintang dan garis bujur Pembuatan peta datar permukaan bumi

9 Penemuan jam mekanik dengan prinsip pendulum Ditemukan oleh Galileo dan Christian Huygens Dengan prinsip bahwa pendulum yang bergetar dengan amplitudo yang kecil akan memberikan periode waktu yang sama

10 Sains di Inggris Muncul para ahli matematika antara lain : 1.Robert Recorde ( ) 2.Leonard Digges (…-1571) 3.John Dee ( ).

11 Recorde menerbitkan beberapa buku tentang astronomi antara lain Castle of Knowledge (1556) dan Whetstone of Witte (1557) yang didedikasikan untuk Gubernur Muscovy.

12 Dee ia melakukan pengamatan astronomi untuk memperbaiki kalender. Thomas Digges mengamati bintang baru (1572) dengan instrumen dimana pengamatannya menjadi yang kedua dalam hal akurasi setelah Tycho Brahe.

13 Pada 1570, Dee menulis pengantar penting yang mengatur aturan filosofi dan aplikasi praktis matematika untuk terjemahan bahasa Inggris pertama dari geometri Euclid yang dibuat oleh temannya, Henry Billingsley Dee mengatakan bahwa melalui matematika, kita dapat menerapkan matematika untuk perhitungan dagang, masalah arsitektur, astrologi, musik, geografi, astronomi, navigasi, kedokteran, dan perang.

14 Perguruan tinggi Gresham Thomas Smith mendirikan perkuliahan matematika di London untuk melatih navigator dan kapten milisi pada saat ancaman armada pada Perkuliahan tersebut tidak berlangsung lama karena Sir Thomas Gresham ( ) mendirikan lembaga pendidikan yang lebih penting dan permanen

15 Lanjutan… perguruan tinggi Gresham menjadi fokus utama kegiatan ilmiah di Inggris selama paruh pertama abad ketujuh belas. Terdapat kelompok-kelompok di luar perguruan tinggi, seperti yang dipimpin oleh Sir Walter Raleigh dan Earl of Northumberland yang terdiri dari Thomas Harriot ( ), Hues Robert dan Robert Warner, yang disebut Earle of Northumberland ‘s three magi.

16 Harriot pergi ke Amerika dengan Raleigh dan memetakan Virginia. Harriot berhubungan dengan Kepler membahas pertanyaan astronomi, optik dan dalam subjek matematika, dia mengantisipasi beberapa elemen dari geometri analitis Descartes.

17 Grup lain di luar perguruan tinggi dipimpin oleh John Wells dan anaknya yang memegang jabatan sebagai penjaga toko HM Naval di Deptford pada paruh pertama abad ketujuh belas. Di rumah Well berkumpul para pembuat kapal, Phineas Pett, Edward Stevens, Hugh Lyiard, dan Henry Goddard, ayah dari Jonathan Goddard yang menjadi professor kedokteran di perguruan tinggi Gresham.

18 Percobaan tentang Kemagnetan Henry Briggs Edward Wright William Gilbert Marke Ridley William Barlow

19 Penyimpangan jarum kompas magnetik Columbus  penyimpangan dari kompas magnetik dari arah utara yang bervariasi Sebastian Cabot dan Jean Rotz  penyimpangan dari kompas magnetik dapat digunakan untuk menentukan garis bujur dari tempat, tetapi penyimpangan kompas ini ditemukan bervariasi tidak teratur dari satu tempat ke tempat lain untuk memenuhi tujuan ini. William Gilbert  bahwa penyimpangan kompas dari arah utara yang sebenarnya pada posisi tertentu disebabkan oleh adanya massa tanah dan kebebasan garis bujur dari posisi itu  meramalkan bahwa penyimpangan jarum dianggap sebuah posisi vertikal di daerah kutub

20 Penyimpangan jarum kompas magnetik Hudson  dalam pelayarannya menemukan fenomena penyimpangan jarum kompas magnetik berada dalam posisi vertikal di daerah kutub Gellibrend  menemukan bahwa penyimpangan dari kompas magnetik dari arah utara yang sebenarnya bervariasi dengan waktu serta dengan tempat  garis bujur di permukaan bumi tidak dapat ditandai dengan nilai invarian waktu deklinasi atau pengukuran magnetik lainnya.

21 Bidang matematika John Napier ( ) menemukan logaritma untuk memfasilitasi teknik perhitungan aritmatik. Edmund Gunter ( ) menghasilkan penggaris dengan skala logaritma untuk memudahkan penghitungan. William Oughtre ( ) menghasilkan mistar hitung dengan menyusun dua penggaris Gunter

22 Bidang pembuatan kapal Briggs, Gunter, dan Henri Gellibrend  bergabung dengan para pembuat kapal, para navigator, dan para pedagang besar dengan bantuan John Wells. Briggs  menilai di antara dua faksi pembuat kapal dalam kontroversi tentang beberapa inovasi yang Phineas Pett perkenalkan. Gunter dan Wells  menemukan metode perhitungan yang lebih baik tentang tonasi kapal.

23 Gerakan Ilmiah di Inggris Ilmuwan Inggris dari abad keenam belas  lebih memperhatikan teknis daripada aspek ideologis dari ilmu astronomi baru dan penerapan ilmu pengetahuan lebih untuk masalah navigasi dan komersial daripada untuk masalah industri mekanik dan kimia.

24 Gerakan Ilmiah di Inggris Robert Recorde William Gilbert Francis Bacon

25 Robert Recorde Tidak hanya penasihat teknis Perusahaan Muscovy dan pelayar Cathay, tetapi juga pengawas keuangan dari Royal Mines dan Monies Diskusinya tentang teori Coopernican adalah teknis bukan filosofis.

26 William Gilbert mencurahkan perhatian kepada masalah kerajinan dan pada pertanyaan yang memberikan penjelasan fisik rasional bagi pergerakan benda langit, bukan hanya matematis. 1/10 Magnete De-nya untuk teori kosmologi dan 10 lainnya untuk peleburan, pertambangan, dan penciptaan dari besi, ¼ yang lain dikhususkan untuk navigasi dan instrumen bahari, dan sisanya berisi karyanya tentang kemagnetan.

27 Francis Bacon Menaruh perhatian dengan penerapan ilmu pengetahuan untuk seni dan kerajinan, bukan untuk perdagangan dan navigasi, Bagi Bacon seni dan kerajinan adalah dasar peradaban manusia.


Download ppt "Permulaan Aplikasi Sains Modern. Awal Pemanfaatan Sains Dimulai dengan pembuatan peta dan kalender selama jaman perunggu  diperbaiki oleh orang Yunani."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google