Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendahuluan MATA KULIAH :DESAIN WEB Oleh : Denny Sagita R, S.Kom., M.Kom TAHUN AJARAN 2013/2014 SEMESTER GANJIL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendahuluan MATA KULIAH :DESAIN WEB Oleh : Denny Sagita R, S.Kom., M.Kom TAHUN AJARAN 2013/2014 SEMESTER GANJIL."— Transcript presentasi:

1 Pendahuluan MATA KULIAH :DESAIN WEB Oleh : Denny Sagita R, S.Kom., M.Kom TAHUN AJARAN 2013/2014 SEMESTER GANJIL

2 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Deskripsi Mata Kuliah Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa memahami, mengetahui konsep, dan mampu membangun website yang baik, kreatif, dan interaktif. Selain itu mahasiswa diarahkan untuk dapat berpikir kritis dan analisis, intrapersonal dan interpersonal, serta berorientasi pada target.

3 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Kompetensi Mahasiswa

4 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Kompetensi Mahasiswa

5 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Koordinator Kelas SI Kelas A : HAFIZ | SI Kelas B :

6 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Strategi Perkuliahan Kuliah akan dilakukan dengan menggunakan cara ceramah, latihan, tugas-tugas mandiri, tanya–jawab, diskusi, studi kasus, serta praktek membangun website. Untuk proyek akhir mahasiswa diwajibkan untuk bekerja dalam tim untuk membuat proyek desain web yang baik, kreatif, dan interaktif. Proyek tersebut akan dijadikan proyek akhir mata kuliah yang dipresentasikan di akhir perkuliahan sebagai bahan untuk evaluasi kompetensi.

7 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Kontrak Kuliah  Kehadiran Mahasiswa 80% dari kehadiran dosen  Perkuliahan dapat dilaksanakan di kelas maupun di laboratorium  Jika dosen terlambat lebih dari 40 menit dan tidak ada konfirmasi, mahasiswa bisa meninggalkan kelas  Plagiarisme Tugas, UTS, dan UAS dikenakan sanksi penilaian

8 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Kontrak Kuliah  Berpakaian Rapi, Sopan, dan tidak menggunakan sandal  Tidak ada tugas atau ujian remidi untuk MK IMK  Surat sakit(surat dokter)/ Ijin, maksimal diberikan 1 minggu setelah sakit atau ijin berlangsung  Ponsel : Silent Mode

9 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Unsur Penilaian Absen 5% Tugas 15% Quiz 10% Afektifitas 5% UTS 30% UAS 35%

10 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Pokok Bahasan Konsep komunikasi data, jaringan internet dan website Membangun konsep, konteks, dan content website. Good design and bad design Layout dan sistem grid Teknologi dan optimalisasi grafis untuk web Cascading Style Sheet Elemen-elemen HTML dan DOM Teks dan tipografi Warna untuk web Javascript dan jQuery Asynchronous Javascript and XML (AJAX) CSS media queries dan web responsif

11 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Outline Web Komunikasi Client-Server Internet Teknologi HTML

12 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Web (www) Sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

13 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Web (www) Penemu website adalah Sir Timothy John “ Tim ” Berners - Lee, sedangkanwebsite yang tersambung dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempatnya bekerja.

14 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Website Website Statis Website Dinamis Website Interaktif

15 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Perlembangan Web Web 1.0 – Web 1.0 secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif Sifat web 1.0 adalah read Web 2.0 – Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut. Sifat dari web 2.0 adalah read write. Teknologi CSS, XML, XHTML, AJAX

16 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi

17 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Perlembangan Web

18 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi

19 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Unsur Website Nama Domain Web Hosting Bahasa Pemrograman Desain Website Publikasi Website

20 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Web Page Process

21 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Konsep Client Server

22 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Arsitektur Client Server

23 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Karakteristik Client Server

24 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Karakteristik Client Server

25 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Protocol HTTP Hypertext Transport Protocol (RFC 1945) Language of the Web – Protocol yang digunakan untuk komunikasi antara web browsers dan web servers – Since 1990 HTTP bersifat request – response: – HTTP client (user agent misalnya) mengirimkan permintaan (request) ke HTTP server dan server meresponse sesuai request tersebut User agent: Mozilla, Netscape, Microsoft Internet Explorer atau browser berbasis teks, Lynx atau links

26 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Protocol FTP Sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. FTP sendiri merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. Atau dalam bahasa Indonesianya berarti Protokol Pengiriman File (berkas, data).

27 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Protocol FTP Sebuah server FTP diakses menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut. FTP menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol) untuk komunikasi data antara FTP klien dan FTP server. Sehingga di antara kedua komponen tersebut akan tercipta sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai.

28 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Internet

29 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Internet

30 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi URL URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu sarana untuk menentukan informasi pada suatu web server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat. URL terdiri dari : – Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi. – Nama komputer (server) dimana informasi tersebut berada. – Jalur atau path serta nama file dari suatu informasi. – Contoh:

31 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Teknologi HTML HTML sendiri adalah sebuah Markup teks yang digunakan untuk membuat halaman web yang nantinya akan menampilkan informasi. Sebuah file dokumen yang ditulis dalam format HTML akan dibaca dan diterjemahkan oleh web browser File-file yang ditulis dalam format HTML bisa disimpan dalam ekstensi (.htm atau.html)

32 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Teknologi HTML Tahun 1980 IBM membuat bahasa pemrograman dimana Text dan format sebuah dokumen dijadikan satu dalam sebuah bahasa pemrograman yang disebut GML(Generalized Markup Language) Pada tahun 1986 ISO membuat sebuah standardarisasi bahasa pemrograman tersebut dan mengubah GML menjadi SGML(Standard Generalized Markup Language). Kelahiran HTML pada tahun > Caillau Tim dan Banners Lee Robert. Mengembangkan bahasa pemrograman ini dan mempopulerkannya dengan browser Mosaic nah mulailah HTML semakin berkembang dan populer di tahun 1990.

33 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi

34 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Teknologi HTML

35 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Teknologi HTML

36 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi

37 Desain Web Mata Kuliah Wajib Sistem Informasi Tugas (Individu)


Download ppt "Pendahuluan MATA KULIAH :DESAIN WEB Oleh : Denny Sagita R, S.Kom., M.Kom TAHUN AJARAN 2013/2014 SEMESTER GANJIL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google