Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA MAIN BODY KARANGAN ILMIAH Pada bagian ini karangan ilmiah terdiri atas Bab I Pendahuluan Bab IILandasan Teori Bab IIIMetodologi Penelitian Bab IVAnalisis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA MAIN BODY KARANGAN ILMIAH Pada bagian ini karangan ilmiah terdiri atas Bab I Pendahuluan Bab IILandasan Teori Bab IIIMetodologi Penelitian Bab IVAnalisis."— Transcript presentasi:

1 BAHASA MAIN BODY KARANGAN ILMIAH Pada bagian ini karangan ilmiah terdiri atas Bab I Pendahuluan Bab IILandasan Teori Bab IIIMetodologi Penelitian Bab IVAnalisis dan Hasil Penelitian Bab VSimpulan

2 Bahasa dalam bagian Pendahuluan 1.Bahasa dalam Latar Belakang Masalah Latar belakang masalah berisi pendeskripsian tentang permasalahan umum dari topik yang akan kita teliti. Latar belakang juga berisi alasan- alasan pemilihan judul/masalah yang kita kemukakan baik secara teoritis maupun secara praktis.

3 2. Bahasa dalam Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian Rumusan masalah adalah pokok permasalahan yang akan kita bahas atau pertanyaan-pertanyaan berupa pokok permasalah yang akan kita bahas dalam karangan ilmiah. Kalimat yang dipergunakan dalam rumusan masalah adalah kalimat interrogative,sedangkan tujuan penelitian berisi pendeskripsian secara singkat, jelas, dan tajam mengarah pada rumusan masalah dan latar belakang masalah. Kalimat dalam tujuan penelitian berupa pernyataan atau kalimat berita (declaration)

4 Bahasa dalam bagian landasan teori 1.Isi landasan teori Bab ini berisi pendekatan-pendekatan atau teori-teori relevan dengan judul dan rumusan masalah yang akan kita gunakan untuk mengupas, menganalisis, dan menjelaskan variabel yang akan kita teliti. Pendapat para ahli di sana berfungsi untuk menguatkan argumentasi kita dalam menganalisis masalah yang kita kaji. 2. Catatan Teks atau Innote catatan teks atau innote berhubungan dengan kutipan atau rangkuman.

5 Rangkuman dan pengutipan digunakan untuk mendukung ide atau gagasan yang akan kita sampaikan. Cara Membuat Kutipan : a.Kutipan Langsung b.Kutipan tidak langsung

6 Istilah dalam kutipan mengenai pencantuman sumber kutipan a.Innote Macam-macamnya: 1) Innote sebelum kutipan 2) Innote sesudah kutipan 3) Innote dengan dua pengarang/lebih 4) Innote berasal dari dua buku dengan nama & tahun sama.

7 Contoh a) Innote sebelum kutipan E.Zainal Arifin(2008:12) mengatakan, ”Bahasa Indonesia mempunyai keduduk-an …”. b) Innote sesudah kutipan “Bahasa Indonesia mempunyai keduduk- an …”,(E.Zainal Arifin, 2008:12) c) Innote dengan dua pengarang/lebih “Bahasa Indonesia mempunyai keduduk-an …”,(E.Zaenal Arifin,dkk.,2008:12).

8 d) Innote berasal dari dua buku dengan nama & tahun sama. “Bahasa merupakan alat komunikasi …”, (Gorys Keraf,2000a:25). Dalam sumber lain Gorys Keraf (2000b:18) menyatakan bahwa “Bahasa adalah…”.

9 b. Footnote : catatan yang diletakkan dibagian bawah / kaki setiap halaman. Penulisan Footnote 1. Nama belakang penulis, Judul buku, (tempat : Penerbit, Tahun), Halaman. 2. Nama belakang penulis, “Judul artikel”, dalam nama surat kabar, tanggal, bulan, dan tahun, Halaman. 3. Nama belakang penulis,”Judul Makalah”, Data publikasi, Halaman. 4. Nama belakang penulis, “Judul Laporan Tugas Akhir”, (Tempat: Nama Perguruan Tinggi, Tahun), Halaman. 5. Nama belakang penulis,”Judul Skripsi / Tesis / Disertasi”, (Tempat:Nama Lembaga/Perguruan Tinggi), Halaman. 6. Nama belakang pengarang,”Judul Artikel”, dalam alamat website.

10 Dalam footnote terdapat istilah : 1.ibid. 2.Loc.cit. 3.Op.cit. Ibid. : sumber kutipan sama dengan diatas. Loc.cit. : sumber kutipan sama dengan sebelumnya, tetapi telah diselingi penulis lain. Op.cit.: sumber kutipan sama dengan sebelumnya tetapi berbeda halaman dan telah diselingi penulis lain.

11 DAFTAR PUSTAKA : daftar yang memuat semua sumber referensi yang dipakai penulis dalam tulisannya. Penulisan daftar pustaka: Nama penulis. Tahun. Judul tulisan. Tempat: Penerbit. Nama penulis. “Judul Artikel”. Dalam nama surat kabar. Tanggal. Tempat. Nama penulis. “Judul Artikel”. Dalam nama majalah. Edisi / Nomor (angka romawi)/Tanggal.tempat. Nama penulis. Tahun. “Judul artikel”. Dalam alamat website. Nama penulis. “Judul Makalah”. Data Publikasi. Tempat.

12

13

14

15

16


Download ppt "BAHASA MAIN BODY KARANGAN ILMIAH Pada bagian ini karangan ilmiah terdiri atas Bab I Pendahuluan Bab IILandasan Teori Bab IIIMetodologi Penelitian Bab IVAnalisis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google