Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3D Pada Grafik Komputer  3D pada layar yang 2D ?  Perspektif + 2D = 3D ( terlihat 3D )  Data diolah secara 3D. namun ditampilkan dengan proyeksi perspektif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3D Pada Grafik Komputer  3D pada layar yang 2D ?  Perspektif + 2D = 3D ( terlihat 3D )  Data diolah secara 3D. namun ditampilkan dengan proyeksi perspektif."— Transcript presentasi:

1

2 3D Pada Grafik Komputer  3D pada layar yang 2D ?  Perspektif + 2D = 3D ( terlihat 3D )  Data diolah secara 3D. namun ditampilkan dengan proyeksi perspektif menjadi 2D.

3 Sistem Koordinat 3D  terdiri dari 3 sumbu x,y,z.

4

5 Apakah OpenGL ?  OpenGL adalah Interface (library) untuk software dalam berinteraksi dengan graphic hardware.

6 Tujuan OpenGL  Powerfull.  Multiplatform.  Wide hardware support.  Low level graphic.

7 Sejarah OpenGL  Dikembangkan pertama oleh Silicon Graphic Inc. dengan nama IRIS GL.  Diperkenalkan pertama ke publik dengan nama OpenGL, 1 Juli 1992, dengan versi 1.1

8 Siapakah Yang Bertanggung Jawab Terhadap OpenGL ?  ARB (Architectural Review Board)  Terdiri dari Kalangan industri, organisasi, dan perorangan yang berkepentingan terhadap OpenGL, seperti NVIDIA, ATi, Intel, HP, IBM, Sun, 3DLabs, dll.

9 Contoh Aplikasi yang Menggunakan OpenGL ?  Hampir semua game 2D/3D modern mendukung OpenGL.  3DMax, Anim8or, Maya, Blender, dan banyak Aplikasi editing dan animasi 3D.

10 - glfw -  Library tambahan yang menjambatani antara platform (OS) dengan OpenGL.  Bukan bagian resmi dari OpenGL!  Multiplatform.

11 OpenGL sebagai Mesin State  OpenGL mengikuti arsitektur mesin state.  Dilakukan dengan menyalakan (enable) dan mematikan (disable) sesuatu fitur yang diinginkan, misal lighting, texture, dll.

12 Kemampuan OpenGL  Geometrik : point, line, polygon.  Citra/Image : bitmaps, Texture mapping  Rendering kondisi : Warna, Lighting, Material.

13 Bentuk Geometrik OpenGL

14 Format command OpenGL

15 Menggambar Bentuk Geometrik  dimulai dengan glBegin(nama bentuk);  diakhiri dengan glEnd();  Contoh : glBegin( GL_LINES ); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f ); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 1.0f ); glEnd();

16 Warna  glColor3f( r, g, b );  glColor3ub( r, g, b ); Contoh : glBegin( GL_LINES ); glColor3f( 1.0, 0.0, 0.0 ); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f ); glColor3f( 0.0, 1.0, 0.0 ); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 1.0f ); glEnd();

17 Perpindahan (Translasi)  glTranslatef( x, y, z )  glTranslated( x, y, z ) Contoh : glTranslatef( 1.0f, 0.0f, 0.0f ); glBegin( GL_LINES ); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f ); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 1.0f ); glEnd();

18 Penskalaan (Scale)  glScalef( xf, yf, zf ); Contoh : glScalef( 2.0f, 2.0f, 0.0f ); glBegin(GL_QUADS); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 0.0f); glVertex3f(-1.0f,-1.0f, 0.0f); glEnd();

19 Rotasi (Rotate)  glRotatef( sudut, sx, sy, sz ); Contoh : glRotatef( 45.0f, 0.0f, 0.0f, 1.0f ); glBegin(GL_QUADS); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 0.0f); glVertex3f(-1.0f,-1.0f, 0.0f); glEnd();

20 CONTOH PROGRAM Membuat Garis pada OpenGL int main() { mulaimodegrafik("..\\BGI\\"); buatKotak(600,400,30,100,10); buatKotak(100,330,30,160,10); buatKotak(70,300,30,190,10); buatKotak(600,160,530,330,10); buatKotak(600,190,560,300,10); buatGaris(312,100,312,400,10); buatLingkaran(310,250,60,20); buatLingkaran(312,250,5,20); buatGaris(370,80,600,80,35); buatGaris(30,80,250,80,30); getch(); tutupmodegrafik(); return 0; }

21 CONTOH PROGRAM Membuat Lingkaran, Garis pada OpenGL int main() { mulaimodegrafik("..\\BGI\\"); buatKotak(420,400,200,150,30); buatKotak(415,395,205,155,20); buatKotak(370,250,255,150,30); buatKotak(300,240,270,160,10); buatLingkaran(312,300,30,15); buatLingkaran(312,300,28,15); getch(); tutupmodegrafik(); return 0; }

22 PROGRAM TRANSFORMASI 2D  Membuat Persegi (GL_QUADS)  Menggunakan scala, rotate, translasi

23 PROGRAM TRANSFORMASI 3D  Membuat Kubus dengan 6buah sisi (GL_QUADS)  Menggunakan scala, rotasi, translasi

24


Download ppt "3D Pada Grafik Komputer  3D pada layar yang 2D ?  Perspektif + 2D = 3D ( terlihat 3D )  Data diolah secara 3D. namun ditampilkan dengan proyeksi perspektif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google