Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hubungan antara hukum internasional dan hukum nasional Fakultas Hukum Universitas Brawijaya 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hubungan antara hukum internasional dan hukum nasional Fakultas Hukum Universitas Brawijaya 2007."— Transcript presentasi:

1 Hubungan antara hukum internasional dan hukum nasional Fakultas Hukum Universitas Brawijaya 2007

2 Persoalan pokok HI dan HN 1. Apakah HI dan HN merupakan 2 bidang hukum yang masing-masing berdiri dan terpisah 1 dgn yg lain? 2. Manakah yang kedudukannya lebih tinggi? 3. Dapatkan HI menjelma menjadi HN suatu negara atau negara-negara di dunia, dan sebaliknya? 4. Dengan proses bagaimana (3) bisa terjadi? 5. Bagaimana praktek negara-negara berkenaan dgn persolan pada no. 4 diatas?

3 Aliran monisme dan dualisme ► Monisme memandang bahwa HI sebagaimana HN juga merupakan hukum oleh karena memiliki karakter sebagai hukum. ► Monisme terbagi 2 golongan: 1. Monisme yg mengutamakan HI; 2. Meonisme dgn pengutamaan HN; ► Dualisme memandang bahwa HI dan HN adalah 2 bidang hukum yang berbeda dan berdiri sendiri satu dgn yang lainnya. ► Menurut dualisme, tidak ada yg lebih tinggi danlebih rendah antara keduanya.

4 ► Teori transformasi, peraturan-peraturan internsional untuk dapat berlaku dan dihormati sebagai norma HN harus melalui proses transformasi atau alih bentuk. ► Teori delegasi, implementasi dari HI diserahkan kepada negara-negara atau HN masing-masing. ► Teori Harmonisasi, HI dan HN harus diartikan sedemikian rupa bahwa diantara keduanya terdapat keharmonisan.

5 ► HI berpengarauh terhadap HN dan HN juga berpengaruh terhadap HI. ► 3 cara yang bisa dilalui oleh hukum nasional untuk berkembang menjadi HI: 1. Melalui hukum kebiasaan internasional; 2. Melalui yurisprudensi; 3. Melalui perjanjian dan konvensi internasional. ► Ada hubungan saling membutuhkan antara HI dan HN.

6 ► Peranan dan fungsi yang dapat dimainkan oleh HI dlm menunjang peranan HN: 1. HI berfungsi menjembatani penerapan HN negara- negara; 2. HI dibutuhkan oleh HN supaya para subyek HN dari 2 negara atau lebih dapat mengadakan hubungan hukum (perdata) internasional; 3. HI dibutuhkan oleh HN sebab dapat berfungsi sebagai sarana untuk mengharmonisasikan pelbagai HN negara-negara mengenai masalah tertentu; 4. HI dibutuhkan oleh HN sebab dapat HI dapat menjadi masukan bagi HN berkenaan dgn suatu masalah yang pengaturannya terlebih dahulu muncul didalam hukum (konvensi) internasional;


Download ppt "Hubungan antara hukum internasional dan hukum nasional Fakultas Hukum Universitas Brawijaya 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google