Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER GRAFIS I METODE DASAR 1. Melihat Objek 3D AutoCAD menyediakan berbagai cara untuk melihat objek 3d yang tengah di gambar. Sebuah dadu pada gambar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER GRAFIS I METODE DASAR 1. Melihat Objek 3D AutoCAD menyediakan berbagai cara untuk melihat objek 3d yang tengah di gambar. Sebuah dadu pada gambar."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER GRAFIS I METODE DASAR 1. Melihat Objek 3D AutoCAD menyediakan berbagai cara untuk melihat objek 3d yang tengah di gambar. Sebuah dadu pada gambar di bawah ini akan digunakan sebagai contoh untuk menunjukkan fasilitas tersebut. Toolbar view Toolbar view menyediakan fasilitas tombol yang dapat digunakan untuk melihat objek 3d yang digambar. Di bawah ini memperlihatkan bentuk dadu bila dilihat dari 6 sisi permukaan kubus yang berbeda

2 NE Isometric ViewNW Isometric view Berikutnya lihat pandangan kamera dengan menekan tombol toolbar view. Perhatikan gambar di bawah ini Command : _camera Specify new camera position : posisi kamera) pada (Pilih Specify new camera target :(Pilih target kamera) Regenerating model. Posisi objek terhadap kamera dapat diatur kembali dengan menggunakan tombol(3d swivel)maupun(3d adjust distance)pada toolbar 3d orbit.

3 Shade Fungsi ini memberikan sentuhan bayangan pada objek 3D. Walaupun tidak terlalu realistis, shade cukup baik untuk memperjelas bentuk suatu objek 3d. Pilih menu, view > Shade. Dalam submenu diberikan beberapa teknik untuk menampilkan shade pada gambar.. Gambar berikut ini menunjukkan shading untuk sebuah lampu tempel. Dibandingkan bentuk 2D wiremesh aslinya, bentuk lampu temple semakin dipahami setelah perintah shade diaplikasikan. Kekurangan dari shade adalah setiap objek dianggap sebagai kesan transparans pada kaca penutup lampu temple tidak tampak pada setiap hasil shading di gambar di atas. Render Render memberikan teknik bayangan yang lebih realistis pada model. render memadukan lighting dan material yangsesuai dengan model. Pilih menu > view > render. Di dalam sub menu, disediakan kotak dialog untuk mengatur cahaya, material, latar belakang objek 3D.Semua pengaturan tersebut terkadang memakan waktu yang cukup banyak, untuk memberikan hasil render yang memuaskan. Gambar di bawah ini menunjukkan hasil render dari lampu temple.


Download ppt "KOMPUTER GRAFIS I METODE DASAR 1. Melihat Objek 3D AutoCAD menyediakan berbagai cara untuk melihat objek 3d yang tengah di gambar. Sebuah dadu pada gambar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google