Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMASARAN PRAKTIS. 1. Kunci Pertama (Memahami Prinsip Pemasaran) Prinsip Pemasaran Pemasaran adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMASARAN PRAKTIS. 1. Kunci Pertama (Memahami Prinsip Pemasaran) Prinsip Pemasaran Pemasaran adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan."— Transcript presentasi:

1 PEMASARAN PRAKTIS

2 1. Kunci Pertama (Memahami Prinsip Pemasaran) Prinsip Pemasaran Pemasaran adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan distribusi. Pemasaran merupakan jantung dari perusahaan, berhenti jantung berhentilah perusahaan tersebut. Pemasaran ditentukan oleh hasil akhirnya yakni pelanggan. Pemasaran harus disadari oleh setiap komponen/elemen dalam perusahaan. Karena setiap kegiatan elemen tersebut terkait dengan pemasaran. Lebih baik punya pasar daripada punya pabrik. Yang penting luasnya pasar bukan dalamnya pasar.

3 2. Kunci Kedua (Memahami Komponen Pemasaran) Komponen pemasaran meliputi: - Produk - Distribusi - Harga - Konsumen 3.Kunci Ketiga (Memahami Konsep Pemasaran) Konsep pemasaran meliputi: - Memuaskan langganan - Meneliti keinginan konsumen - Mempengaruhi konsumen, dilakukan secara integral di bawah pemasaran.

4

5

6

7

8 5. Kunci kelima (Mengukur Kemampuan Bersaing) Mengukur kemampuan bersaing dan landasan bersaing, kita dapat memilih keunggulan dari sekian banyak aspek, misalnya: harga, cara pembayaran, mutu produk, cara pelayanan, lokasi dan kemasan. Artinya, kalau kita tak bisa bersaing dalam harga, mungkin dalam mutu atau pelayanan (ingat Jurus Zebra) 6. Kunci Keenam (Memiliki Konsep Kepuasan Plus) Kalau saingan pelayanannya sama dengan kita, kita bisa menambah daya tarik lain, misalnya: pesanan diantar ke rumah atau cara pembayaran cicil tanpa bunga.

9 7. Kunci Ketujuh (Memperhatikan Produk Tertentu) Kita harus memperhatikan produk-produk tertentu yang disenangi konsumen tertentu. Konsumen tertentu ini dapat diklasifikasikan ke dalam: Jenis kelamin, Umur, profesi, tingkat (bawah, menengah, atas). 8. Kunci Kedelapan ((Menentukan Strategi) Menentukan strategi yang tepat dan mengintegrasikan antara mutu dan harga bisa saja harga diturunkan agar terjangkau tapi mutu dikurangi atau, harga dinaikkan tapi mutu juga dinaikkan agar mencapai pasar golongan atas. Yang paling bagus adalah harga rendah dengan mutu tinggi.

10 9. Kunci Kesembilan (Efisiensi) Efisiensi mendukung pemasaran. Dengan efisiensi maka biaya operasional akan murah dan memiliki daya saing. Prinsip: harga rendah mutu tinggi. 10. Kunci Kesepuluh Usahakan langganan: - Tidak pindah, dengan memperhatikan: -Perubahan keinginan -Pelayanan yang baik -Saingan - Bertindak sebagai PR, kita membuat pembeli puas. Rumusnya 1 pembeli, 3 jadi langganan karena ia akan cerita pada 3 teman-temannya. - Usahakan pembeli adalah pemakai sekaligus menjualkan barang kita. Bisa dalam bentuk formal sebagai agen, konsultan representative, bisa informasi dengan memberi fee atau jasanya.

11 11. Kunci Kesebelas Lakukan pemasaran terpadu 9marketing mix). Pemasaran tidak berdiri sendiri, ia tergantung pula pada: - Produk yang dijual - Harga yang ditentukan - Efisiensi dalam produk, SDM - Promosi - Kondisi social, politik, keamanan. - Volume penjualan - Lingkungan - Kondisi ekonomi makro (inflasi, kurs). Komponen-komponen tersebut bisa memperkuat atau memperlemah pemasaran.

12

13

14  13. Kunci Ke Tigabelas  Menentukan strategi harga dikaitkan dengan pasar.  - menentukan tujuan penetapan harga  a. Dalam rangka penetrasi pasar.  Harga dibuat rendah agar merangsang pasar, dilakukan sebagai berikut:  pasar memiliki harga yang sensitive  untuk menghadapi saingan  b. mendapatkan harga yang lebih pada konsumen yang fanatic.  c. Pengembalian kas yang cepat kita jual murah asal kontan agar kita bisa  mengatasi masalah keuangan dengan cepat.  d. Tujuan promosi lini-produk  Dalam rangka promosi kita bisa menjual produk lebih rendah asal untuk  merangsang pasar.  - menentukan harga pokok  a. berorientasi pada biaya. Hitung biaya dan tentukan keuntungan yang wajar.  b. berorientasi pada permintaan. Kalau permintaan banyak naikkan. Kalau  sedikit turunkan.  c. Orientasi pada persaingan  Kalau saingan turun kita juga harus turun. Kalau tak mungkin, cari keunggulan lain, misalnya: mutu.

15 14. Kunci keempatbelas Memahami sifat produk - produk tak tahan lama, harus cepat dijual jangan sampai kadaluwarsa. - Produk tahan lama, dapat disimpan (menunggu pasar baik). - Produk berukuran besar harus memperhitungan biaya angkutan. - Produk bersifat spesifik, harganya harus mahal. - Produk yang rawan rusak, missal ekspor udang verpaking dan transportasi harus diperhatikan. - Produk yang memerlukan pemeliharaan, pemasangan harus ada pelayanan purna jual.

16 15. Kunci Kelimabelas Memahami sifat-sifat konsumen - Konsumen banyak, ambil untung sedikit. - Pesanan besar, ambil keuntungan sedikit. - Konsumen tidak stabil mudah berubah-ubah, cari sebabnya, komunikasi secara kontinyu.

17

18

19 g. Gunakan tahap-tahap komunikasi: -attention (perhatian) Buat pembeli tertarik dengan cara: - produk : - dipajang dengan baik. -dikemas dengan baik - Jasa: proposal kelihatan mewah -Interest Buat konsumen tertarik - Produk: tunjukkan produk kita sesuai kebutuhan/kemampuan mereka. Jelaskan komponen-komponen yang ada. - Jasa: dalam proposal kita uraikan tujuan, manfaat dengan jelas. -Desire (ingin) Agar ia sampai pada keinginan, giring dan tunjukkan keuntungan- keuntungan yang ia dapatkan dari kita, missal: harga yang bersaing mutu yang lebih baik. -Decision(keputusan) Agar ia sampai pada keputusan, giring ia pada situasi Fait Accomply, melalui alternative-alternatif dan pendekatan waktu yang terbatas. -Action (pelaksanaan) Agar ia sampai pada keputusan, persiapkan kelengkapan yang diperlukan, misalnya: formulir, perjanjian dan lain-lain.


Download ppt "PEMASARAN PRAKTIS. 1. Kunci Pertama (Memahami Prinsip Pemasaran) Prinsip Pemasaran Pemasaran adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google