Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XV NEGOSIASI. Pengertian Suatu proses dalam menghasilkan suatu persetujuan. Tujuan Meyakinkan pihak lawan agar menggeser sasaran mereka dengan juga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XV NEGOSIASI. Pengertian Suatu proses dalam menghasilkan suatu persetujuan. Tujuan Meyakinkan pihak lawan agar menggeser sasaran mereka dengan juga."— Transcript presentasi:

1 BAB XV NEGOSIASI

2 Pengertian Suatu proses dalam menghasilkan suatu persetujuan. Tujuan Meyakinkan pihak lawan agar menggeser sasaran mereka dengan juga menggeser sasaran kita.

3 PERSIAPAN NEGOSIASI a. Pahami faktor-faktor komunikasi b. Kenali diri anda sebagai negosiator c. Kumpulkan informasi yang diperlukan d. Ketahui pilihan yang tersedia e. Ketahui dimana kita bisa luwes f. Mengenali dibagian mana lawan lebih kuat dari kita g. Memperkirakan pesan yang akan memojokkan kita dan bagaimana mengantisipasinya h. Melihat argumentasi dari sudut pandang lawan kita.

4 i. Buat alternatif argumentasi yang banyak dan memilih yang jelas j. Cari argumentasi-argumentasi yang masih mungkin dikembangkan k. Mengenali dengan baik need (kebutuhan) lawan negosiasi misalnya; - Fisiologis- sosial - Keamanan- penghargaan - Aktualisasi diri- keindahan - dll.

5 GUNAKAN STRATEGI a. Strategi kapan 1. Forbearance (sabar) Strategi ini mengajak kita sabar dan ramah 2. Surprise (kejutan) Buat kejutan sehingga lawan tercengang kagum. Misalnya dengan menampilkan data- data yang kita yakini ia tidak tahu. 3. Fait accompely (keterangan yang harus diterima) Tunjukkan alternatif lain lebih jelek 4. Blind widrawal Dalam strategi ini kita mengakui kesalahan dan menarik argumentasi.

6 5. Limits (pembatas) Membatasi pembicaraan sehingga lawan tidak dapat mengorek kelemahan kita yang tidak ada hubungannya dengan pembicaraan 6. Feanting (pura-pura) Dalam strategi ini, kita membuat gerakan/pernyataan yang berlawanan dengan tujuan utama, sehingga lawan terperangkap, sehingga lawan tergiring sesuai dengan keinginan kita. 7. Batas waktu 8. Salami 9. Praktek standard 10. Orang baik/jahat 11. Wewenang terbatas

7 b. Strategi teknik pesan 1. asosiasi 2. partisipasi 3. icing device 4. pay of idea 5. red hearing 6. acceptence device 7. rejection device 8. testimonial device 9. bandwagon device

8 c. Strategi lain a. kalau anda punya beberapa alternatif b. pada waktu menyampaikan alternatif yang anda inginkan, sampaikan yang terakhir. c. kalau anda menyampaikan pikiran anda pada penutup, coba simpulkan dengan sederhana.

9 TAHAP NEGOSIASI a. Persiapan b. Kalau anda sebagai pengambil inisiatif - hargai peristiwa - hargai lawan negosiasi c. Jelaskan tujuan d. Rumuskan masalah yang akan dibahas e. Beri kesempatan lawan anda untuk menanggapi (menambah, mengurangi, materi) f. Sampaikan konsep anda dengan cara: 1.) satu persatu 2.) secara keseluruhan

10 g. Beri kesempatan teman negosiasi menanggapi h. Klasifikasi tanggapan - komentar - bantahan - masalah baru - ide baru i. Gunakan strategi - strategi kapan - strategi teknik - strategi lain j. Tawarkan kesimpulan


Download ppt "BAB XV NEGOSIASI. Pengertian Suatu proses dalam menghasilkan suatu persetujuan. Tujuan Meyakinkan pihak lawan agar menggeser sasaran mereka dengan juga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google