Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang II (Liberalisasi Perdagangan) Ferry Prasetyia, SE., MAppEc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang II (Liberalisasi Perdagangan) Ferry Prasetyia, SE., MAppEc."— Transcript presentasi:

1 EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang II (Liberalisasi Perdagangan) Ferry Prasetyia, SE., MAppEc

2 Liberalisasi perdagangan F Fakta menunjukan bahwa di negara pendapatan rendah dan menengah dengan menerapkan perdagangan bebas memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dibanding negara yang menerapkan ISI. F Pertengahan1980s negara2 penganut ISI mulai meninggalkan konsep tersebut dan beralih ke Free trade. Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)

3 Tingkat Efektivitas Proteksi di sektor manufaktur di India dan Brazil Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)

4 Pertumbuhan perdagangan negara berkembang Source: World Bank Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)

5 Industrialisasi dengan orientasi ekspor F Basis industri didorong untuk memproduksi barang dan jasa untuk diekspor. F Contoh negara yang melakukan strategi orientasi ekspor: –Singapura, Jepang, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan China. Negara tersebut mempunyai pertumbuhan perdagangan ekspor yang relatif tinggi dan pertumbuhan ekonominya juga meningkat. –Mempunyai volume ekspor dan impor relative lebih besar dibanding total produksinya

6 Sumber: Krugman and Obsfeld (2008) Tingkat rata-rata proteksi 1985 (%)

7 Orientasi Ekspor dan Pertumbuhan Ekonomi Pertanyaan besar: Apakah ada hubungan antara volume ekspor yang tinggi dengan tingginya pertumbuhan ekonomi???


Download ppt "EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang II (Liberalisasi Perdagangan) Ferry Prasetyia, SE., MAppEc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google