Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelas Bkelompok 1 KOMBUINSINKIASSI KOMBUINSINKIASSI SUKSES BERKARIR DIAWALI DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelas Bkelompok 1 KOMBUINSINKIASSI KOMBUINSINKIASSI SUKSES BERKARIR DIAWALI DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI."— Transcript presentasi:

1 kelas Bkelompok 1 KOMBUINSINKIASSI KOMBUINSINKIASSI SUKSES BERKARIR DIAWALI DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

2 AMELINDA ISLAMEY ASHFA DURRI ISMIK KURNIATY H YEMIMA ACCORDIEN S Nama Kelompok

3 Suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, masyarakat yang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

4 sukses dalam organisasi kemajuan karir kinerja penempatan kerja FUNGSI KOMUNIKASI BAGI PENGUSAHA

5 PROSES KOMUNIKASI

6 Tren Pentingnya Keterampilan Komunikasi Meratakan tingkatan manajemenManajemen yang lebih berpartisipasi Peningkatan penekanan pada diri kelompok kerja yang diarahkan dan virtual tim Persaingan global yang meningkatTeknologi komunikasi yang efektifLingkungan kerja yang baruFokus pada informasi dan pengetahuan sebagai aset perusahaan

7 KETERAMPILAN MENDENGAR Salah satu bagian terpenting dari komunikasi adalah mendengar. Sebagian besar dari kita mungkin bukan pendengar yang baik

8 HAMBATAN DALAM MENDENGAR Kondisi Fisik: cacat pendengaran, kualitas bunyi yang buruk, dan lingkungan yang berisik Kondisi psikologis: pemikiran seseorang Hambatan Bahasa: kata-kata asing Gangguan nonverbal: penampila n yang aneh Kecepatan berpikir: merasa bosan Berpura- pura Memperha tikan Menunggu giliran berbicara: tidak fokus

9 MEMBANGUN PENDENGARAN YANG BAIK Berhenti berbicara dan mulai mendengarkan. Fokus pada apa yang pembicara katakan bukan pada komentar apa yang akan kita sampaikan selanjutnya Mengontrol sekeliling. Pilihlah tempat dan waktu yang tenang, memnonaktifkan ponsel, menutup jendela, atau menjauh dari kebisingan adalah beberapa cara yang efektif. Mau menerima ide-ide pembicara. Membentuk mind-set yang mau menerima dan selalu berpikir positif. Berpikir objektif, jangan meilhat sesuatu dari sudut pandang kita sendiri. Melihat pembicara dari apa yang ia bicarakan bukan apa yang ingin kita dengar. Temukan inti dari apa yang pembicara katakan Mencoba menebak apa yang akan pembicara katakan selanjutnya Menilai seseeorang dari ide bukan dari penampilan Memberikan feedback untuk pembicara.

10 ISYARAT-ISYARAT NONVERBAL kontak mata ekspresi wajah gerakan tubuh ruang waktu wilayah penampilan mengirimkan pesan tersendiri

11 Komunikasi nonverbal melalui kontak mata, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh Kontak Mata : Mata telah disebut jendela jiwa. Bahkan ketika mereka tidak mengungkapkannya, mata sering prediktor terbaik perasaan yang sebenarnya dari pembicara. Sebagian besar dari kita tidak dapat menatap lurus orang lain saat berbicara. Di budaya Amerika, seorang akan lebih percaya pada pembicara yang menatap wajah pendengarnya sebab kontak mata menunjukkan kepercayaan dan rasa menghormati. Kontak mata memungkinkan pengirim pesan untuk melihat apakah penerima memperhatikan,menunjukkan rasa hormat, menanggapi positif, atau merasa tertekan. Dari sudut pandang penerima,kontak mata yang baik, dalam budaya Amerika Utara, mengungkapkan ketulusan pembicara, kepercayaan diri, dan kejujuran. Ekspresi wajah : Ekspresi wajah seseorang dapat mengungkapkan emosi sebagaimana matanya. Ahli memperkirakan bahwa wajah manusia dapat menampilkan lebih dari ekspresi. Untuk menyembunyikan perasaan mereka, beberapa orang dapat mengendalikan ekspresi mereka dan menunjukan “poker face”. Menaikkan atau menurunkan alis, menyipitkan mata, menelan gugup, mencengkeram rahang, tersenyum lebar - ini ekspresi wajah sukarela dan tidak sukarela dapat menambah atau seluruhnya menggantikan pesan verbal. Bahasa Tubuh : Postur seseorang dapat menyampaikan status, rasa percaya diri, rasa malu dan ketundukan. Condong ke arah pembicara menunjukkan daya tarik dan tujuan; menarik diri atau menyusut kembali menunjukkan ketakutan, ketidakpercayaan,kecemasan, atau jijik. Demikian pula, gerakan dapat berkomunikasi melalui seluruh pikiran. Namun, makna dari beberapa gerakan ini berbeda dalam budaya lain, kecuali Anda tahu adat istiadat setempat, kita akan mendapatkan masalah jika tidak mengerti budaya setempat. Di Amerika Serikat dan Kanada, misalnya, membentuk jempol dan telunjuk dalam lingkaran berarti segalanya baik-baik saja. Tapi di Jerman dan bagian dari Amerika Selatan, tanda O berarti cabul.

12

13 KOMUNIKASI NONVERBAL MELALUI WAKTU, RUANG, DAN WILAYAH (elemen eksternal) Waktu : waktu yang kita berikan dapat menunjukkan sikap dan kepribadian kita. Sebagai contoh, ketika Donald Trump, jutawan pengembang real estate memperpanjang suatu interview kepada pengunjung. Dia menunjukkan rasa menghargai, minat, dan persetujuan dari pengunjung atau topik yang akan dibahas. Ruang : Umumnya, semakin formal pengaturan, yang lebih formal dan menutup gaya komunikasi. Cara perabot kantor diatur mengirimkan isyarat tentang bagaimana komunikasi berlangsung. Mantan direktur FBI J. Edgar Hoover membuat tamunya duduk di sebuah meja kecil di bawah mejanya yang tinggi dan besar. Jelas, ia tidak ingin pengunjung kantor merasa sama dengannya. Wilayah : Setiap kita memiliki area tertentu diamana wilayah itu dirasa milik kita. Apakah ia adalah tempat tertentu atau hanya ruang di sekitar kita. Ayahmu mungkin memiliki favorit kursi di mana dia adalah yang paling nyaman, koki mungkin tidak mentoleransi penyusup dalam dapur dan karyawan veteran mungkin merasa bahwa area kerja tertentu dan alat-alat itu adalah milik mereka. Kita semua mempertahankan zona privasi di mana kami merasa nyaman.

14 KOMUNIKASI NONVERBAL MELALUI PENAMPILAN Penampilan Dokumen Bisnis : Cara surat, memo, atau laporan terlihat dapat memberikan kesan baik positif atau efek negatif kepada penerima. Pesan e -mail yang dibuat secara ceroboh mengirim pesan nonverbal bahwa Anda sedang terburu-buru atau bahwa Anda tidak peduli tentang penerima. Format, pengorganisasian, dan bahasa dalam dokumen dapat mengirimkan pesan nonverbal Penampilan pribadi : Bagaimana Anda terlihat- pakaian, perawatan, serta postur adalah telgram instan tentang Anda. Melalui apa yang mereka lihat seseorang membuat penilaian tentang status, kredibilitas, personalitas, dan potensi Anda. Sebagai seorang pebisnis yang profesional, Anda harus memperhatikan bagaimana orang lain melihat Anda. Meskipun aturan pakaian bisnis termasuk fleksibel, namun beberapa pekerja menunjukkan penilaian buruk.

15 Kunci membangun komunikasi nonverbal yang kuat Mengadakan dan memelihara kontak mata Menggunakan bahasa tubuh untuk menunjukan ketertarikan Meningkatakan kemampuan untuk menterjemahkan pesan Mencari lebih banyak informasi Tidak menafsirkan nonverbal perilaku kecuali Anda memahami situasi atau budaya bersangkutan Banyak bergaul dengan teman dari budaya yang berbeda Menghargai “the power of appearance” sebab penampilan akan memberikan peasan negatif atau positif kepada komunikan Pelajari diri Anda di video. Mengevaluasi bagaimana cara kita berkomunikasi lewat rekaman video Meminta orang lain menilai cara kita berbicara, jangan masukkan teman atau keluarga tidak dalam list penilai.

16 DIMENSI KEBUDAYAAN KonteksIndividualismeFormalitas Gaya Komunikasi Orientasi Waktu

17 CARA MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI Memahami Nilai Perbedaan Keanekaragaman membuat sebuah organisasi menjadi inovatif dan kreatif. Kesamaan mendorong adanya pemikiran kritis yang disebut "groupthink“. Sehingga setiap anggota harus independen, berpikir kreatif, dan melihat suatu masalah dari berbagai prespektif Mencari Pelatihan Dalam mengalami masalah keragaman, sesi peningkatan kesadaran dapat membantu. Memandang keragaman sebagai kesempatan, bukan ancaman. Komunikasi antar budaya, tim pembangunan, dan resolusi konflik adalah keterampilan yang dapat dipelajari dalam pelatihan keragaman program. Membuat Sedikit Asumsi Berhati-hatilah pada sesuatu yang tidak signifikan dan jangan mengasumsikan sesuatu secara lugu. Menghargai keanekaragaman berarti membuat asumsi lebih sedikit bahwa setiap orang seperti Anda atau ingin menjadi seperti Anda.

18 CARA MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI Belajar Tentang Budaya Sendiri Mulailah berpikir tentang diri Anda sebagai produk budaya anda, dan memahami bahwa budaya Anda adalah satu di antara banyak budaya. Yang dirancang untuk membantu Anda sukses dan bertahan hidup di lingkungan tertentu. Pastikan untuk menjaga apa yang berhasil dan belum siap untuk beradaptasi sebagai perubahan lingkungan Anda. Membangun Pada Persamaan Carilah area di mana Anda dan orang lain tidak menyukai Anda bisa setuju atau setidaknya berbagi pendapat. Terimalah bahwa ada ruang untuk berbagai titik pandang untuk hidup berdampingan secara damai. Carilah kesamaan dalam pengalaman bersama, tujuan bersama, dan nilai-nilai yang sama. Berkonsentrasi pada tujuan Anda bahkan ketika Anda mungkin tidak setuju tentang bagaimana untuk mencapainya

19 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "Kelas Bkelompok 1 KOMBUINSINKIASSI KOMBUINSINKIASSI SUKSES BERKARIR DIAWALI DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google