Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISUSUN OLEH : 1.NURNI ARRINA LESTARI( 20110410048 ) 2.ISTIANA WULANDARI( 20110410054 ) 3.PRADITA NINGRUM(20110410117 ) SIM-B-3-TOKO 7 ELEVEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISUSUN OLEH : 1.NURNI ARRINA LESTARI( 20110410048 ) 2.ISTIANA WULANDARI( 20110410054 ) 3.PRADITA NINGRUM(20110410117 ) SIM-B-3-TOKO 7 ELEVEN."— Transcript presentasi:

1 DISUSUN OLEH : 1.NURNI ARRINA LESTARI( ) 2.ISTIANA WULANDARI( ) 3.PRADITA NINGRUM( ) SIM-B-3-TOKO 7 ELEVEN

2 PENTINGNYA MEMAHAMI PELANGGAN BAGI 7-ELEVEN Perusahaan 7-Eleven ingin memaksimalkan peluang bisnisnya dengan cara mengetahui kebutuhan pelanggan di setiap wilayah/negara dimana toko tersebut berada sebab kebutuhan pelanggan di setiap wilayah/negara berbeda-beda. Dengan menanyakan pelanggan secara langsung perusahaan tumbuh dan menjadi makmur. Perusahaan dapat menentukan barang mana yang terjual dengan baik, atau barang mana yang paling menguntungkan untuk dijual dahulu.

3 Manfaat sistem informasi eceran 7-eleven Sistem ini bermanfaat untuk mengumpulkan data penjualan dari tiap toko, merekam penjualan tiap hari dan mengirim informasi real time ke database 7-terabyte Oracle melalui Sistem Data Elektronik (Electronic Data System-EDS). Melalui sistem ini 7-eleven memiliki catatan transaksi pembelian dan menganalisisnya menjadi informasi terkait permintaan pelanggan, penetapan harga, dan minat terhadap produk baru, seperti Diet Pepsi Slurpee. Analisis data menunjukkan barang mana yang terjual dengan baik pada toko mana, barang apa yang paling membuat pelanggan tertarik, data permintaan musiman atas barang tertentu, dan barang mana yang paling menguntungkan untuk dijual lebih awal.

4 Manfaat bagi manajemennya adalah untuk mengenali pergerakan penjualan,meningkatkan keragaman produk, menghilangkan produk yang penjualannya lambat dari persediaan, dan meningkatkan penjualan dan persediaan barang pada toko tersebut untuk barang yang permintaannya tinggi. Sitem informasi eceran memberikan informasi kepada manajer toko tentang data penjualan harian, mingguan, bulanan untuk tiap barang, yang membantu manajer dalam menentukan barang mana yang harus dipesan dalam jumlah yang tepat yang dibutuhkan oleh tokonya.

5 MODEL PORTER

6 Competitive Rivalry Within an Industry ( perusahaan-pesaing ) Alfamart dan Indomaret adalah kompetitor terbesar dari 7 Eleven. Kedua brand dari convenience store tersebut sudah lebih dulu memiliki jumlah gerai jaringan yang besar. Supaya dapat bersaing 7-Eleven dengan mengusung visi sebagai A New Level Of Convenience Store lebih menfokuskan target pada makanan segar atau freshfood dan bagaimana menyajikan makanan segar tersebut kepada konsumen yang menjadi tantangan bagi 7 Eleven. Dengan ini dimaksudkan agar 7 Eleven memberikan pengalaman baru pada masyarakat yang berbelanja disana, karena sebelumya pengalamanan ini belum pernah ada dan unik.

7 Threat of New Entrants ( pendatang baru ) Untuk menghadapi pendatang baru 7-Eleven melakukan inovasi – inovasi baik itu dari segi produk mapun dari segi pelayanan terhadap konsumen yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat konsumennya agar konsumen merasa lebih nyaman serta membuat konsumen juga menjadi loyal di 7 Eleven. Serta dengan melihat tantangan di sisi pendatang baru ini justru dapat membangun industri pasar ritel Indonesia.

8 Threat Subtitute Products (produk substitusi) Produk subtitusi 7-Eleven tidak hanya pesaing sesama convenience store,tetapi juga bersaing dengan restoran atau warung makan dengan produk yang serupa karena 7- Eleven lebih menfokuskan pada makanan segar. Namun 7 Eleven memiliki beberapa menu original milik mereka sendiri yang dipadukan dengan beberapa menu makanan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kemauan dan minat konsumen itu sehingga para konsumen dapat menambahkan saus atau bumbu penyedap lainnya sesuai minat. Dan itu yang kemudian menjadi keunggulan 7 Eleven apabila dibandingkan dengan restoran atau warung makan.

9 Bargaining Power of Suppliers ( kekuatan pengecer ) 7-Eleven mencari supplier yang mampu menyediakan dengan produk yang lebih murah namun tetap menawarkan dan memberikan produk yang memiliki kualitas dan performa yang terbaik untuk ditawarkan kepada konsumen – konsumen. Hal tersebut dimaksudkan agar meningkatkan rasa kepuasan konsumen untuk berbelanja di gerai mereka.

10 Bargaining Power of Buyers ( kekuatan pembeli ) 7 Eleven selalu berusaha untuk memberikan kenyamanan serta kepuasan semaksimal mungkin kepada konsumen dengan memberikan variasi produk makanan yang ditambah dengan aneka ragam menu tambahan pilihan yang dapat meningkatkan kepuasan maksimal konsumen dan juga 7 Eleven berupaya untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen ketika berbelanja dan makan di gerai mereka 7 Eleven berusaha semaksimal mungkin memberikan kualitas serta performa produk yang terbaik dan mempunyai nilai penting bagi pembeli yang sulit untuk digantikan dengan kompetitor yang lain.

11 Konsumen yang datang akan diberikan pelayanan yang terbaik dan para karyawan dari 7 Eleven juga terjun langsung untuk menawarkan bantuan kepada para konsumen yang mungkin tidak paham atau mengerti bagaimana memilih menu atau menambahkan menu tambahan pada produk yang sudah atau yang akan dibeli.

12


Download ppt "DISUSUN OLEH : 1.NURNI ARRINA LESTARI( 20110410048 ) 2.ISTIANA WULANDARI( 20110410054 ) 3.PRADITA NINGRUM(20110410117 ) SIM-B-3-TOKO 7 ELEVEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google