Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun Oleh : KELOMPOK 2 Anggota Kelompok : 1.Fairuz Yasmin Anwar125030207111087 2.Dewi Amalia Husna125030200111025 3.Muhamad Nur Ilham B.125030200111037.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun Oleh : KELOMPOK 2 Anggota Kelompok : 1.Fairuz Yasmin Anwar125030207111087 2.Dewi Amalia Husna125030200111025 3.Muhamad Nur Ilham B.125030200111037."— Transcript presentasi:

1

2 Disusun Oleh : KELOMPOK 2 Anggota Kelompok : 1.Fairuz Yasmin Anwar Dewi Amalia Husna Muhamad Nur Ilham B Nadhira Nur Aulia Mustofa Aji Mega Karunia Rosdwianti Reza Hendrawan Arga Dwi Kusuma

3 Penulisan skripsi Pengertian skripsi Bagian- bagian skripsi Bagian awalBagian intiBagian akhir

4 Skripsi atau Tugas Akhir adalah sebuah istilah untuk karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, studi kepustakaan, praktik kerja lapangan, magang kerja, atau tugas lain yang ditentukan fakultas masing-masing. Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). PENGERTIAN SKRIPSI

5 Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang terkait dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

6

7 1. Bagian Awal Bagian awal terdiri dari : a. Sampul Pada sampul tercetak : judul skripsi, nama lengkap penulis, nomor induk mahasiswa, lambang dan nama Perguruan Tinggi, jurusan, fakultas dan tahun skripsi tersebut diajukan. b. Halaman Judul Halaman judul skripsi berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul, hanya ditambahkan keterangan tentang maksud dari penulisan skripsi tersebut. Letak penulisan maksud tersebut di bawah nomor induk mahasiswa yang bersangkutan. c. Halaman Moto (boleh ada) Halaman moto diketik dengan huruf besar di tengah hala man baru dan tanpa diakhiri titik.Moto merupakan sembo yan yang berupa kalimat pendek yang mencerminkan pandangan hidup penulis.

8 d. Halaman Pengesahan / Persetujuan Halaman Pengesahan / Persetujuan memuat judul skripsi, nama penulis dan kata-kata pengesahan, tanda tangan Pembimbing 1, Pembimbing 2 dan pengesahan Ketua Jurusan atau Ketua Program Studi yang bersangkutan. e. Halaman Persembahan (boleh ada) Halaman persembahan diketik dengan huruf besar di tengah halaman baru dan tanpa diakhiri titik.Persembahan berisi kepada siapa skripsi dipersembahkan dan meru pakan kata hati terutama hasrat pengabdian yang hendak disampaikan oleh penulis. f. Halaman Pernyataan Halaman pernyataan memuat pernyataan yang harus diisi oleh penulis skripsi untuk menghindari plagiat yang dilakukan oleh mahasiswa.Halaman pernyataan merupakan pernyataan penulis skripsi yang bersifat mengikat.

9 g. Halaman Abstrak (boleh ada) Abstrak merupakan uraian singkat tetapi lengkap yang meliputi pokok permasalahan, tujuan penelitian, cara penelitian, hasil dan kesimpulan penelitian. Tidak ada kutipan dari pustaka dan merupakan hasil pemikiran murni dari penulis.Tujuan penelitian diambil dari tujuan penelitian dalam bab pendahuluan, cara penelitian diambil dari metode penelitian dan hasil penelitian dari kesimpulan. Abstrak penelitian juga ada yang dituliskan dalam bahasa inggris. h. Halaman Kata Pengantar Kata pengantar dicetak dengan huruf besar di tengah halaman baru dan tanpa diakhiri titik.Kata pengantar menjelaskan uraian singkat tentang maksud penulisan skripsi, ucapan terima kasih secara tertulis kepada Pembimbing 1, Pembimbing 2, dan Ketua Jurusan atau Program Studi dari setiap Perguruan Tinggi, dan penjelasan-penjelasan lain, misalnya ada perubahan sedikit dari rencana semula karena ada masalah atau kekurangan - keku rangan. Dalam kata pengantar tidak boleh ada hal-hal yang bersifat ilmiah.

10 i. Halaman Daftar Isi Judul daftar isi diketik dengan huruf kapital (huruf besar) tanpa diakhiri titik dan diletakkan di tengah halaman. Daftar isi di ketik secara teratur dan di susun menurut nomor halamannya. Dalam daftar isi di muat daftar tabel, daftar gambar, judul dari bab dan subbab, daftar pustaka, dan lampiran. Keterangan yang mendahului daftar isi tidak perlu dimuat dalam daftar isi. Judul bab di ketik dengan huruf kapital sedangkan subbab di ketik dengan huruf kecil kecuali huruf pertama tiap kalimat di ketik dengan huruf besar. Baik judul bab maupun subbab tidak diakhiri dengan titik (dikarenakan judul bukanlah sebuah kalimat). Nomor bab di ketik dengan angka romawi dan anak bab menggunakan angka biasa. Anak subbab tidak perlu di cantumkan dalam daftar isi. j. Halaman Daftar Tabel Jika dalam skripsi terdapat banyak gambar (lebih dari 1), perlu adanya daftar gambar yang di buat dalam halaman tersendiri yaitu pada halaman daftar gambar. Judul daftar gambar diketik dengan huruf besar tanpa diakhiri titik dan diletakan ditengah. Nomor gambar diketik tepat pada nomor permulaan batas tepi kiri dan tidak diakhiri titik,

11 sedangkan judul tabel (teks) diketik pada batas kanan halaman pengetikan. Akhir dari setiap judul tabel di hubungkan dengan titik-titik dengan nomor halaman yang mana tabel tersebut di jumpai dalam teks. Penomoran disesuaikan dengan dengan letak bab yang mana tabel tersebut berada. Tabel 2.1 menunjukan tabel tersebut terletak pada bab 2 urutan tabel pertama. k. Halaman Daftar Gambar Jika dalam skripsi terdapat banyak gambar (lebih dari1), perlu adanya daftar gambar yang di buat dalam halaman tersendiri yaitu pada halaman daftar gambar.Judul daftar gambar diketik dengan huruf besar tanpa diakhiri titik dan diletakan ditengah.Nomor gambar diketik tepat pada nomor permulaan batas tepi kiri dan tidak diakhiri titik, sedangkan judul gambar diketik pada batas kanan halaman pengetikan.Akhir dari setiap judul gambar dihubungkan dengan titik-titik dengan nomor halaman yang mana gambar tersebut dijumpai dalam teks. Penomoran di sesuaikan dengan letak bab yang mana menunjukan gambar tersebut berada. Misalnya gambar 3.1 menunjukan gambar tersebut terleyak pada bab3 urutan gambar pertama

12 l. Halaman Daftar Lampiran Pada halaman ini disajikan keterangan atau angka-angka tambahan yang mana jika keterangan ini dimasukan ketubuh skripsi akan mengganggu jalannya penjelasan. Lampiran yang umum antara lain: contoh perhitungan, peta, data, dan lain- lain. Lampiran dibuat dalam halaman tersendiri yaitu pada h alaman daftar lampiran. Judul daftar lampiran diketik dengan huruf besar tanpa diakhiri titik dan diletakan ditengah. m.Halaman Daftar Lambang dan Singkatan Halaman daftar lambang dan singkatan diketik dalam halaman baru yang diketik dengan huruf besar tanpa diakhiri titik dan diletakan ditengah.Halaman daftar lambing dan singkatan memuat lambang/besaran dan singkatan Istilah/satuan.Daftar lambang digunakan apabila pada skripsi dimuat banyak lambing yang dirasa mengganggu apabila dicantumkan dalam teks. Cara pengetikan lambang dan singkatan adalah sebagai berikut: a) Pada lajur/kolom memuat lambang atau singkatan b) Pada lajur/kolom kedua memuat keterangan lambang dan singkatan pada lajur pertama

13 c) Penulisan singkatan diurut berdasarkan penulisan abjad latin dengan huruf besar didahulukan kemudian huruf kecil d) Bila lambang ditulis dengan huruf yunani, penulisannya juga diurut berdasarkan abjad yunani e) Nama keterangan pada lajur kedua diketik dengan huruf kecil kecuali pada huruf pertama diketik dengan huruf besar

14 Bagian Isi / Bagian Utama Bagian isi terdiri dari : 1. Pendahuluan Bab ini memuat subbab latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Susunan ini berlaku untuk skripsi melalui percobaan, survai, dan studi literatur. Pendahuluan berisi : a. Latar Belakang Latar belakang masalah dan skripsi memuat penjelasan alasan topic skripsi dipandang menarik, penting dan perlu diteliti.Keaslian penelitian dikemukakan dengan menunjukan secara tepat bahwa masalah yang dihadapi belum pernah dipecahkan oleh peneliti terdahulu atau dinyatakan dengan tegas penelitian ini berbeda dengan yang sudah dilakukan. b. Perumusan Masalah Perumusan masalah dalam skripsi memuat masalah yang akan diteliti atau dipecahkan, biasanya berupa kalimat tanya. Kalimat perumusan masalah harus terarah, sederhana dan spesifik.

15 c. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian dalam skripsi menyebutkan secara jelas dan tegas tujuan yang ingin dicapai dari penelitian. Tujuan penelitian juga tersiirat dalam judul penelitian. Sesuai penjelasan mengenai perumusan masalah di atas, jika perumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, jumlah pertanyaan tidak selalu harus sama dengan tujuan penelitian. d. Manfaat Penelitian Manfaat penelitian berkaitan erat dengan tujuan penelitian yang berisi uraian tentang kemungkinan penerapan hasil penelitian.

16 2. Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi hal-hal yang berhubungan dengan obyek penelitian dan hipotesis (bila ada). Tinjauan pustaka diperlukan dalam menyusun kerangka pemikiran yang didasari oleh teori- teori yang sudah ada dalam menarik suatu hipotesis. Pada bagian tinjauan pustaka dibahas tentang teori yang melandasi masing-masing obyek yang diteliti. Selain itu dapat dikemukakan hasil penelitian terdahulu yang berhubungan dengan obyek penelitian yang akan dilakukan dan sedapat mungkin diambil dari sumber aslinya (misalnya textbook, handbook, journal, majalah, internet, dan lain-lain). Petunjuk praktikum tidak boleh digunakan sebagai pustaka. Hipotesis (bila ada) berisi penjelasan singkat yang disumpulkan dari tinjauan pustaka dan jawaban sementara terhadap masalah yang diajukan. Kebenarannya dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan. Hipotesis ditulis di bagian akhir tinjauan pustaka.

17 3. Metode Penelitian Metode penelitian menjelaskan mengenai uraian terperinci tentang pola dan rancangan penelitian, bahan atau materi penelitian, alat penelitian, langkah penelitian, analisis hasil, serta kesulitan – kesulitan dan cara pemecahannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : a) Pola dan rancangan penelitian seperti dalam usulan / proposal penelitian dan mungkin telah disempurnakan. b) Spesifikasi bahan atau materi penelitian harus dinyatakan secara lengkap penelitian di laboratorium harus disebutkan asal,cara penyiapan, dan susunan kimia bahan yang dipakai. Hal ini perlu dikemukakan agar peneliti lain yang ingin meng uji ulang penelitian itu tidak salah langkah. c) Alat yang dipergunakan untuk melaksanakan penelitan diuraikan dengan jelas, disertakan merek dan spesifikasinya.

18 d) Langkah–langkah berupa uraian yang lengkap dan terperinci yang telah diambil pada pelaksanaan penelitian, termasuk cara mengumpulkan data dan jenis data. Diagram alir (flowchart) penelitian digunakan dalam metode penelitian tertentu. e) Analisis data berupa uraian yang lengkap tentang cara menganalisis data, baik secara kimiawi, fisik, statistik, atau cara-cara lain. f) Kesulitan yang timbul selama penelitian dan cara pemecahannya perlu ditampilkan agar para peneliti yang akan berkecimpung dalam bidang penelitian yang sejenis tidak salah langkah.

19 4. Hasil dan Pembahasan Bab ini memuat hasil penelitian dan pembahasan yang sifatnya terpadu. Hasil dan pembahasan dibagi menjadi dua subbab yang terdiri dari hasil penelitian dan pembahasan. a) Hasil Penelitian Hasil penelitian disajikan dalam bentuk daftar (tabel), grafik, foto atau bentuk lain. Pada alinea pertama bab ini sebaiknya dikemukakan bahwa hasil penelitian dapat dijumpai pada daftar dan gambar yang nomornya disebutkan. b) Pembahasan Pembahasan memuat tentang hasil yang diperoleh berupa penjelasan teoritis baik secara kualitatif, kuantitatif atau secara statistic. Kecuali itu, sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu yang sejenis.

20 5. Kesimpulan dan Saran Pada bagian akhir skripsi harus disajikan kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran harus dinyatakan terpisah. Kesimpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Saran dibuat berdasarkan pengalaman dan pertimbangan penulis, ditujukan pada para peneliti dalam bidang sejenis, yang ingin melanjutkan atau mengembangkan penelitian yang sudah diselesaikan. Saran tidak merupakan suatu keharusan.

21 Bagian Akhir Bagian Akhir terdiri dari Daftar Pustaka dan Lampiran. a) Daftar Pustaka Daftar pustaka memuat pustaka yang menjadi acuan dalam skripsi dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir dari penulis. Cara menulis pustaka dalam daftar pustaka wajib mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut : Pustaka yang berasal dari buku : nama penulis, tahun terbit, judul buku, jilid (jika ada), terbitan ke (jika ada), nama penerbit, kota. Pustaka yang berasal dari jurnal : nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, nama jurnal dengan singkatan resminya, volume/edisi (jika ada), nama halaman yang menjadi acuan. Pustaka yang berasal dari media elektronik (internet) : nama penulis, tahun update, judul tulisan, alamat situs, dan tanggal diakses tulisan tersebut.

22 b) Lampiran Lampiran dipakai untuk menempatkan data atau keterangan lain yang berfungsi untuk melengkapi uraian yang telah disajikan dalam bagian utama skripsi atau tugas akhir, seperti instrumen penelitian, hasil analisis statistik, daftar riwayat hidup, dan surat keterangan riset dari tempat riset. Data yang dilampirkan harus relevan dengan permasalahan. Setiap pelampiran harus diberi nomor dan judul.

23 TERIMA KASIH


Download ppt "Disusun Oleh : KELOMPOK 2 Anggota Kelompok : 1.Fairuz Yasmin Anwar125030207111087 2.Dewi Amalia Husna125030200111025 3.Muhamad Nur Ilham B.125030200111037."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google