Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hillman Wirawan, S.Psi.Pendidikan: -SD Inpres Minasa Upa -MTs An-Nahdlah -SMA IMMIM Putra Makassar -Grafton HS, Wisconsin, America -Fakultas Psikologi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hillman Wirawan, S.Psi.Pendidikan: -SD Inpres Minasa Upa -MTs An-Nahdlah -SMA IMMIM Putra Makassar -Grafton HS, Wisconsin, America -Fakultas Psikologi."— Transcript presentasi:

1

2 Hillman Wirawan, S.Psi.Pendidikan: -SD Inpres Minasa Upa -MTs An-Nahdlah -SMA IMMIM Putra Makassar -Grafton HS, Wisconsin, America -Fakultas Psikologi UNMOrganization: -Career Development Centre UNM -Indonesia Board of Hypnotherapist -PROSPEK Human Capital Development

3

4

5 Apa yang masalah disini?

6 Saya punya cita-cita yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke universitas, tetapi ayah meminta saya untuk membantunya bekerja di sawah. Saya anak laki-laki pertama di keluargaku dan seharusnya membantu orangtua mencari nafkah dan membiayai sekolah adik-adikku. Apa yang harus aku lakukan?

7 Aku Putri dan usiaku 21 tahun. Baru saja aku menerima telepon dari Ibu di kampung bahwa ada seorang pria yang datang ke rumah untuk meminangku dan Ayahku telah menerima pinangan tersebut. Aku tidak setuju karena aku masih mau melanjutkan kuliah, selain itu, aku juga tidak mengenal pria itu… Apa yang harus aku lakukan?

8 Apa masalah yang menghalangi orang untuk berhasil?

9  Kesehatan  Uang  Keluarga  Cacat fisik  Kurang cerdas  Ada lagi yang lain…?

10

11 Gurunya bilang; kamu terlalu tertinggal untuk mempelajari apapun

12 Walter Disney Dipecat dari kantor surat kabar yang mempekerjakannya sebagai pembuat karikatur karena dianggap kurang kreatif

13 Steven Hawkins Penyakit lumpuh sekujur tubuh tidak menghalanginya untuk terus belajar

14 Nick V Jika saya gagal saya coba lagi, lagi, lagi… Jika kamu gagal apakah kamu akan mencoba lagi??? Pikiran kita dapat menyelesaikan masalah melebihi perkiraan kita.

15

16

17 Kemampuan otak dalam menyelesaikan masalah akan lebih berkembang ketika dihadapkan pada berbagai situasi yang bervariasi seiring potensi otak yang memang dapat dikembangkan Rakhmat, 2007

18

19  masalah sebagai penghambat seseorang dijalan menuju penyelesaian masalah  Darimana datangnya penghambat tersebut? Sternberg (2008)

20 Masalah yang terstruktur dengan baik Vs masalah yang tidak terstruktur dengan baik

21

22

23 1.Mengidentifikasikan masalah 2.Pendefinisian masalah 3.Mengonstruksi strategi bagi pemecahan masalah 4.Mengorganisasikan informasi tentang masalah 5.Mengalokasikan berbagai sumber daya 6.Memonitor pemecahan masalah 7.Mengevaluasi pemecahan masalah

24 Menggeser Persepsi dapat membantu menyelesaikan masalah

25 Bukan apa masalahnya … Tetapi Bagaimana kita menghadapinya Yang membentuk diri kita

26

27

28 Masalah adalah cara Tuhan memantaskan kita untuk cita-cita kita

29


Download ppt "Hillman Wirawan, S.Psi.Pendidikan: -SD Inpres Minasa Upa -MTs An-Nahdlah -SMA IMMIM Putra Makassar -Grafton HS, Wisconsin, America -Fakultas Psikologi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google