Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELAHIRAN ILMU PENGETAHUAN ALAMIAH MODERN. HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI MANUSIA Pengetahuan adalah segala sesuatu yang telah diketahui baik itu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELAHIRAN ILMU PENGETAHUAN ALAMIAH MODERN. HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI MANUSIA Pengetahuan adalah segala sesuatu yang telah diketahui baik itu."— Transcript presentasi:

1 KELAHIRAN ILMU PENGETAHUAN ALAMIAH MODERN

2 HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI MANUSIA Pengetahuan adalah segala sesuatu yang telah diketahui baik itu dengan menduga, melihat, merasa, menciun dan sebagainya Semua pengetahuan yang didasarkan secara indrawi dikategorikan sebagai pengetahuan empiris, artinya pengetahuan yang bersumber dari pengalaman.

3 Empiris adalah salah satu aliran dalam filsof yang menekankan peranan pengalaman dalam memperoleh pengetahuan dan pengetahuan itu sendiri Empiris dari bahasa yunani emperia yang berarti coba-coba atau pengalaman

4 Doktrin emperisme >< rasionalisme ( Ahmad Syadali 2004 : 116 ) Penganut emperisme berpandangan bahwa pengalaman adalah sumber pengetahuan bagi manusia, tanpa pengalaman rasio tidak memiliki kemampuan untuk memberikan gambaran tertentu. Tanpa pengalaman yang ada hanya khayalan belaka

5 John locke ( ) Salah seorang penganut emperisme, yang juga dijuluki “ Bapak Empirisme “ mengatakan bahawa ketika manusia dilahirkan, keadaan akalnya bersih ibarat kertas kosong yang belum bertuliskan apa pun ( tabula rasa ) George barkeley ( ) Yang berpandangan bahwa seluruh gagasan dalam pikiran atau ide datang dari pengalaman. - ide tidak bersifat independen - pengalaman mutlak sebagai sumber pengetahuan utama bagi manusia.

6 Empiresme dan rasionalisme berkembang pesat hingga lahirlah positivisme Positivisme artinya sama dengan faktual Positivisme pengetahuan kita tidak boleh melebihi fakta Positvisme >< metafisika

7 Tidak seperti empirisme yang menerima pengalaman batiniah, positivisme hanya menerima pengalaman indra yang benar- benar fatual. Francis bacon ( M ) pengetahuan yang sebenarnya adalah pengetahuan yang diterima orang melalui pengetahuan indra dengan dunia fakta. - kita sudah terlalu lama dipengaruhi oleh metode deduktif dari dogma- dagma diambil kesimpulan. - ilmu yang benar adalah ilmu yang terakumulasi antara pikiran dan kenyataan,kemudian diperkuat dengan indrawi.

8 Penganut empirisme yg lain adl Thomas hobes, herbet spencer Pada dasarnya pengetahuan memiliki 3 kriteria : 1. Adanya suatu sistem gagasan oleh pikiran (akal) 2. Penyesuaian antara gagasan dan benda-benda yang sebenarnya 3. Adanya keyakinan tentang penyesuaian itu Memenuhinya gagasan tidak terlepas dari realitas,sedangkan realitas yang dijumpai manusia ada 2 yaitu : 1. Agreament reality 2. Experimental reality

9 1. Pengetahuan yang diperoleh melalui persetujuan 2. Pengetahuan yang diperoleh melalui pengetahuan langsung observasi. Rentang waktu yang panjang ada klasifikasi pengtahuan: a. Pengetahuan yang bersifat wacana intelektual yang tidak dapat diterapkan,semata –mata dapat dipikirkan oleh manusia. b. Pengetahuan yang bukan hanya dipikirkan manusia, tetapi dapat diterapkan ke dalam bentuk-bentuk yang real untuk membantu mempermudah kehidupan manusia (tehnologi) c. Pengetahuan yang tidak dapat dipikirkan, tetapi dapat dirasakan (keyakinan spiritualistik). berdasarkan 2 realita diatas maka pengetahuan dibagi 2 yaitu :

10 Pengetahuan diperoleh dengan 3 cara yaitu : 1. Gagasan / ide 2. Pengalaman 3. Intuisi Ahmad tafsir membagi pengetahuan menjadi 3 yaitu : 1. Pengetahuan sains 2. Pengetahuan filsafat 3. Pengetahuan mistik

11 Kesempulan yang dapat diambil dari pembahasan diatas yaitu bahwa seluruh pengetahuan manusia bersumber dari dua alat utama yang terdapat dalam diri manusia yaitu. 1. Akal dengan penalarannya 2. Intuisi dengan penghayatannya Kemudian pengetahuan dari sumber itu diperkuat oleh pengalaman baik rasional dan intuisional.

12 FUNGSI ILMU ALAMIAH BAGI MANUSIA Ilmu alamiah dasar hanya mengkaji konsep – konsep dan prinsip –prinsip dasar esensial tentang kealaman Fungsi alamiah bagi manusia didasarkan pada hal berikut : 1. Manusia tercipta dalam keadaan tidak memilki ilmu pengetahuan. 2. Manusia terlahir dalam keadaan fitrah. 3. Manusia diwajibkan mencari ilmu. 4. Semua ilmu bersumber dari alam. 5. Alam berasal dari tuhan.

13 1. Meningkatkan pola hidup manusia di muka bumi 2. Meningkatkan kebudayaan masyarakat dalam merekayasa dan mengeksploitasi alam 3. Meningkatkan kemandirian manusia dalam bertahan hidup 4. Memelihara kelangsungan reproduksi alam 5. Mewaspadai gejala alam yang akan menimbulkan petaka bagi manusia 6. Memelihara dirinya dari berbagai ancaman penyakit 7. Mampu beradaptasi dengan kondisi alam yang berubah-ubah 8. Meningkatkan harkat dan martabat manusia dari segi pendidikan kealaman 9. Sarana pengabdian kepada tuhan. Adapun funsi ilmu pengetahuan alam bagi manusi adalah :

14 Tujuan ilmu alamiah adalah mencari kebenaran yang objektif tentang objek tertentu yang bersifat relatif Untuk mencapai kebenaran tersebut maka diperlukan metode yang tepat yang dikenal deng METODE ILMIAH.

15 CIRI – CIRI ILMU ALAMIAH DASAR 1. Disiplin ilmu yang sudah pasti 2. Objek penelitian berupa alam, seperti tanah, air, binatang, kedokteran, perminyakan, biologi manusi, fisika,kimia,kehutanan dan sebagainya 3. uji laboratorium 4. Uji eksperimental 5. Bersifat objektif 6. Berkelanjutan 7. Dapat dirasakan hasilnya 8. Rasional 9. Bersifat Matemati 10. Bersifat teknologis

16 Contoh pemanfaatan ilmu alamiah dasar 1. Hirosima dan nagasaki 2. Cacing kalung 3. Teori logam memuai jika dipanaskan *Manfaat dari ilmu pengetahuan alam adalah memberikan pengetahuan empiris dan terukur kepada manusia sehingga manusia lebih waspada dalam menghadapi gejala alam *Ilmu pengetahuan alam juga bermanfaat dalam melahirkan teknologo, misal pembuatan giling padi, kulkas, mesin cuci.


Download ppt "KELAHIRAN ILMU PENGETAHUAN ALAMIAH MODERN. HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI MANUSIA Pengetahuan adalah segala sesuatu yang telah diketahui baik itu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google