Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SLIDE PANDUAN MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN APLIKASI E- PURCHASING KENDARAAN BERMOTOR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SLIDE PANDUAN MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN APLIKASI E- PURCHASING KENDARAAN BERMOTOR."— Transcript presentasi:

1 SLIDE PANDUAN MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN APLIKASI E- PURCHASING KENDARAAN BERMOTOR

2  Dalam aplikasi e-purchasing Kendaraan Bermotor, ada 3 user yang terlibat yaitu - Panitia - Penyedia - PPK

3 PENYEDIA  Penyedia yang dimaksud dalam slideshow ini adalah dealer atau ATPM atau perusahaan yang berkontrak payung dengan Kepala LKPP sebagai penyedia produk kendaraan bermotor.  Distributor yang dimaksud di sini adalah dealer di daerah atau anak perusahaan yang nantinya sebagai pelaksana proses pengadaan ke satker yang memesan produk kendaraan bermotor.

4 Masuk ke Aplikasi E-Purchasing  Dikarenakan masih dalam transisi sistem aplikasi e- purchasing kendaraan bermotor, maka untuk sementara ini penyedia masuk ke dalam aplikasi e- purchasing kendaraan bermotor menggunakan USERID dan PASSWORD yang kami berikan saat entry produk.  Adapun halaman untuk login aplikasi e-purchasing kendaraan bermotor adalah sbb:

5 Masuk ke Aplikasi E-Purchasing  Buka alamat URL purchasing-kendaraanhttp://e-katalog.lkpp.go.id/e- purchasing-kendaraan  Masukkan username dan password  Lalu klik Login

6 Mulai Menggunakan Aplikasi  Halaman awal aplikasi berisi syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi e-purchasing kendaraan bermotor  Dalam slideshow ini hanya terbatas menunjukkan bagaimana Penyedia menanggapi paket pesanan yang diterima.  Untuk mulai melihat paket pesanan yang ditujukan ke penyedia, klik “kelola paket” Klik kelola paket untuk mengecek paket yang ditujuan ke penyedia

7 Kelola Paket  Tampilan halaman ‘kelola paket’ untuk semua user pada dasarnya terdiri dari

8 Kelola Paket Tombol PerintahFungsi FilteringList Paket

9 Fungsi Tombol Perintah  Tombol perintah adalah bagian dari halaman yang memuat tombol-tombol untuk melakukan perintah dalam aplikasi.  Ada beberapa tombol diantaranya : - Refresh  untuk me-refresh halaman (update halaman)

10 Fungsi Filtering  Fungsi filtering adalah bagian untuk mencari paket tertentu  Pencarian paket bisa melalui nama paket, status paket, posisi paket, status negosiasi, dan urutan tanggal

11 List Paket  Bagian list paket adalah bagian dari halaman yang menampilkan paket yang telah ada.  Ada beberapa fungsi yang dapat dilakukan pada paket yang telah ada yaitu detail paket dan isi distributor

12 Menanggapi Paket  Untuk mulai menanggapi paket, klik pada nama paket yang akan ditanggapi.

13 Detail Paket  Lalu akan muncul detail paket  Ada beberapa tombol penting di detail paket  “Sepakati Harga”, digunakan untuk menyetujui posisi harga sekarang (terkait adanya nego yg dilakukan oleh panitia)  “Ajukan Negosiasi”, digunakan untuk mengajukan harga baru (setelah merubah nilai harga)  “Bersedia dan Sanggup Melayani Paket”, digunakan untuk final deal dengan Panitia. Untuk bisa mengklik tombol ini perlu terjadi kesepakatan harga dan mengisi info distributor terlebih dahulu. Tombol “Sepakati Harga” untuk menyetujui posisi harga sekarang. Tombol “Bersedia dan Sanggup Melayani Paket”, digunakan untuk finalisasi deal dengan Panitia. Untuk bisa mengklik tombol ini harus terjadi kesepakatan harga dan mengisi informasi distributor yang ditunjuk terlebih daulu. Tombol “Ajukan Negosiasi” untuk mengajukan harga baru (nego) setelah sebelumnya mengubah nilai harga satuan

14 Detail Paket  Di halaman detail paket juga ada beberapa tab lain:  Tab Riwayat Pembayaran, di tab ini nantinya akan terlihat hasil kontrak yang telah discan dan diupload oleh PPK  Tab Riwayat Paket, untuk melihat riwayat paket sejak paket dibuat. Akan terlihat waktu pembuatan paket, update paket (jika ada), negosiasi, setuju.  Tab Riwayat Negosiasi, untuk melihat riwayat negosiasi antara panitia dengan penyedia. Terlihat waktu dan nilai harga tiap pengajuan negosiasi Tab Riwayat Negosiasi, untuk melihat riwayat negosiasi antara panitia dengan penyedia. Terlihat waktu dan harga tiap pengajuan negosiasi Tab Riwayat Paket, untuk melihat riwayat paket sejak paket dibuat. Akan terlihat waktu pembuatan paket, update paket (jika ada), negosiasi, setuju. Tab Riwayat Pembayaran, di tab ini nantinya akan terlihat hasil kontrak yang telah discan dan diupload oleh PPK.

15 Menegosiasi Harga  Buka halaman window detail paket  Ubah harga pada kolom harga satuan  Kemudian klik tombol “Ajukan Negosiasi” Ubah Harga pada Kolom Harga Satuan Akan terupdate otomatis Klik “Ajukan Negosiasi”

16 Menyepakati Harga  Buka window detail paket  Lihat posisi harga sekarang  Bila dirasa OK, maka klik “Sepakati Harga” Review posisi harga sekarang Jika dirasa sudah OK, klik “Sepakati Harga”

17 Mengisi Informasi Distributor Paket  Yang dimaksud distributor paket di sini adalah dealer daerah atau anak perusahaan yang ditunjuk sebagai pelaksana paket di lapangan.  Jika Penyedia melaksanakan paket langsung oleh dirinya sendiri maka diisi dengan info Penyedia itu sendiri.  Pada halaman kelola paket, klik icon mobil box pada kolom distributor di sebelah nama paket.  Isi data distributor, lalu klik “simpan”

18 Mengisi Informasi Distributor Paket Diisi data distributor yang ditunjuk sebagai pelaksana paket

19 Menyetujui Paket (Bersedia dan Sanggup Melayani Paket)  Setelah terjadi kesepakatan dan sudah mengisi informasi distributor, maka Penyedia bisa mengklik “Bersedia dan Sanggup Melayani Paket” untuk melanjutkan proses.  Dengan cara:  buka window detail paket  Klik “Bersedia dan Sanggup Melayani Paket”  Penyedia bisa memberikan catatan tambahan pada box yang muncul. Box ini bisa juga dikosongkan, lalu klik submit.

20 Menunggu kelanjutan proses  Pada tahap ini, status paket Penyedia Setuju dan posisi paket ada di Panitia  Selanjutnya Penyedia menunggu kelanjutan proses. Proses tersebut letaknya bukan di Penyedia lagi tetapi di Panitia dan PPK.  Ada dua step lagi yaitu:  Panitia menyetujui paket, kemudian mengirimkan paket ke PPK. Pada tahap ini status paket Panitia Setuju dan posisi paket ada di PPK  PPK menyetujui paket, yang artinya pembelian siap diproses. Tahap ini status paket PPK Setuju. Pembelian diproses. dan posisi paket ada di PPK

21 Pertanyaan  Jika ada pertanyaan terkait aplikasi e-purchasing bisa menghubungi: - Call Center: (021) Call Center: (021) helpdesk: - katalog:

22


Download ppt "SLIDE PANDUAN MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN APLIKASI E- PURCHASING KENDARAAN BERMOTOR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google