Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN 1 SISTEM LAYANAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN 1 SISTEM LAYANAN."— Transcript presentasi:

1 PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN 1 SISTEM LAYANAN JARINGAN INFORMASI PENYULUHAN KP MELALUI PESAN PENDEK (SMSGATEWAYS)

2 PENDAHULUAN  Salah satu tugas dari kelembagaan penyuluhan di tingkat pusat sebagaimana amanah Pasal 9 ayat 1 butir b Undang- Undang No. 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan yaitu menyelenggarakan pengembangan penyuluhan, pangkalan data, pelayanan dan jaringan informasi penyuluhan.

3 ….. Lanjutan Pendahuluan  Layanan teknologi sistem informasi yang tersedia saat ini antara lain dengan menggunakan teknologi mobile yang sudah memasyarakat yaitu dengan memakai telepon seluler berbasis Short Message Service (SMS).  Layanan sms ini mudah dioperasikan dengan jaringan yang luas dan biaya pengiriman terjangkau.

4 Tujuan  Mendapatkan data dan informasi yang cepat dan akurat (produksi, pemasaran, permasalahan dalam pengembangan usaha perikanan yang dihadapi pelaku utama dan pelaku usaha perikanan) serta realisasi program KKP (PUMP/PUGAR, revitalisasi perikanan) melalu layanan dan jaringan informasi pesan pendek (SMS) dengan software khusus yang dikirim oleh penyuluh perikanan,  Penyampaian informasi (broadcast) dari Pusat kepada penyuluh perikanan berkaitan hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan kelautan dan perikanan.

5 DASAR HUKUM PENYULUH PERIKANAN SEBAGAI PENCATAT DATA  Permenpan Nomor Per/19/M.Pan/10/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan dan Angka Kreditnya dimana salah satu butir kegiatan penyuluh perikanan adalah mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data sesuai dengan jenjang jabatan fungsional penyuluh perikanan.

6 PERAN PENYULUH PERIKANAN SEBAGAI PENCATAT DATA  Pencatat data sebagai tugas tambahan sebagai tenaga fungsional.  Pencatat data terkait dengan penilaian angka kredit – sebagai feedback dari pelaksanaan programa penyuluhan perikanan.  Kegiatan pencatat data sebagai pertanggungjawaban laporan terhadap BOP yang diterima.  Pencatatan data sebagai bagan fortofolio uji kompetensi penyuluh perikanan

7 Sasaran dan Kriteria Penerima Sarana Handset Sasaran kegiatan ini : Penyuluh Perikanan PNS dan Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK). Kriteria penerima handset yaitu:  Penyuluh Perikanan PNS Kabupaten/Kota pada kawasan Industrialisasi Perikanan.  Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak Pendamping PUMP/PUGAR.

8 Status Aset Handset Sistem Layanan dan Jaringan Informasi Penyuluhan KP  Handset pengadaan Pusat Penyuluhan KP merupakan barang inventaris dinas yang menangani penyuluhan atau badan pelaksana penyuluhan yang akan digunakan oleh penyuluh perikanan sesuai dengan Keputusan Kepala Pusat Penyuluhan KP selaku Kuasa Pengguna Anggaran Pusat Penyuluhan KP.  Dinas yang menangani kelautan dan perikanan atau badan pelaksana penyuluhan menerbitkan SK dan Berita Acara Pinjam Pakai Handset untuk penyuluh perikanan di wilayah masing-masing.

9  Penyuluh perikanan berkewajiban menjaga aktivasi kartu No.handset sehingga dapat terus digunakan untuk mengirim data ke server Pusat setiap minggunya.  Pada kondisi penyuluh perikanan mutasi, wafat, atau mengundurkan diri atau tidak menjabat dalam jabatan fungsional penyuluh perikanan, handset dikembalikan ke dinas yang menangani penyuluhan atau badan pelaksana penyuluhan setempat. …… Lanjutan Status aset …

10 Mekanisme Pengumpulan dan Waktu Pelaporan Data dari Lapangan  Setiap penyuluh perikanan penerima handset berkewajiban mengumpulkan data primer dari lapangan pada wilayah kerja penyuluhan masing-masing sebagaimana format yang sudah ditetapkan.  Untuk memudahkan pengisian dan meminimalisasikan kekeliruan pengisian data pada handset serta untuk arsip/dokumentasi, penyuluh perikanan terlebih dahulu mengisi data pada format yang sudah ditetapkan sebelum mengisi data pada handset.

11 Lanjutan mekanisme…  Penyuluh perikanan mengumpulkan data sesuai format yang sudah ditetapkan dan mengirimkan ke server pusat melalui aplikasi pada handet selambatnya pada hari kamis setiap minggu (4 kali dalam sebulan).  Pusat Penyuluhan KP membayar biaya pengiriman data/pulsa sms yang diterima oleh server Pusat.

12 Simulasi dan Ujicoba Software serta Sosialisasi SMS Gateway No.LokasiWaktuPeserta 1 Banjar, Kalsel September orang penyuluh perikanan PNS dan PPTK 2 Jembaran, Bali September orang penyuluh perikanan PNS dan PPTK 3Sleman, DIY19-21 September orang penyuluh perikanan PNS dan PPTK 4 Ambon, Maluku September orang penyuluh perikanan PNS dan PPTK 5 Padang, Sumbar September orang penyuluh perikanan PNS dan PPTK 6 Kota Bandung, Jabar Oktober orang penyuluh perikanan PNS dan PPTK 7Kota Tegal, Jateng Oktober orang penyuluh perikanan PNS dan PPTK

13 Simulasi dan Uji Coba Aplikasi Di Kab. Banjar, Kalimantan Selatan.

14 Simulasi dan Uji Coba Aplikasi Di Kab. Jembrana, Bali

15 Simulasi dan Uji coba Aplikasi di Kab. Sleman, D.I Yogyakarta

16 Simulasi dan Uji Coba Aplikasi Di Kota Ambon, Maluku

17 Simulasi dan Uji Coba Aplikasi Di Kota Padang, Sumatera Barat

18 Simulasi dan Uji Coba Aplikasi Kota Tegal, Jawa Tengah

19 Konsep Komunikasi SMS Pusluh

20 Inisialisasi Pekerjaan SMS Pusluh

21 NoPosisiKeterangan 1AAplikasi View (web base) 2BAplikasi Entry Oleh Penyuluh ( HP base Andoroid, TAB base Android, Dekstop BaseWindows Via Modem). 3BAplikasi Encoding/Penyandian Pesan 4B->CSMS methode 5CAplikasi Penerima Pesan dan Decoding 6CAplikasi Storing to Database 7C->DKomunikasi via Lokal Source 8DDatabase Managament, Program User Interface,Admin, CMS, Storage. OS Linux, RDBMS D-GKomunikasi via TCP/IP, FTP, Aplikasi encoding data CP(Back end) 9D->HAplikasi Backup (Back End) 10D->FSMS Gateout to Dedicated Mobile 11D->EAplikasi Pelaporan (Executive reporting, windows Base, prepare to walldisplay reportting)

22 Menjalankan Aplikasi SMSLUHKP

23

24 Laporan yang dihasilkan

25 Contoh Laporan Produksi Perikanan Budidaya

26 Contoh Laporan Masalah Perikanan Budidaya

27 Contoh Laporan PUMP Perikanan Budidaya

28 Pantai di Kab. Buleleng, Agustus 06


Download ppt "PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN 1 SISTEM LAYANAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google