Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MULAI. SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi SK / KD: 1. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu KD: 1.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MULAI. SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi SK / KD: 1. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu KD: 1.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu."— Transcript presentasi:

1 MULAI

2 SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi

3 SK / KD: 1. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu KD: 1.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu 1.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut ilmu 1.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits INDIKATOR :1.1.1 Membaca Hadits tentang menuntut ilmu mulai per potongan lafaz sampai secara keseluruhan Menyebutkan arti hadits tentang menuntut ilmu dari arti perkata sampai keseluruhan terjemahan Menyimpulkan isi kandungan hadits tentang menuntut ilmu

4 1.Menjelaskan SK/KD, Indikator, serta langkah pencapaiannya 2.Berdiskusi untuk merumuskan arti pentingnya ilmu. 3.Ditampilkan lafaz hadits-hadits tentang arti pentingnya ilmu, kewajiban untuk mempelajarinya, peserta didik membacanya bersama-sama kemudian secara berkelompok dan individu dengan tutor sebaya. 4.Ditampilkan terjemahan hadits-hadits di atas, peserta didik melalui proses tanya jawab/diskusi sederhana menyebutkan arti kata yang sesuai untuk tiap- tiap lafaz 5.Ditampilkan hadits-hadits tentang keutamaan ilmu, peserta didik membacanya bersama-sama kemudian secara berkelompok dan individu dengan tutor sebaya. 6.Ditampilkan terjemahan hadits-hadits tentang keutamaan ilmu, peserta didik melalui proses tanya jawab/diskusi sederhana menyebutkan arti kata yang sesuai untuk tiap-tiap lafaz 7.Sebagai penguatan siswa bermain kartu menyusun hadits, dilanjutkan mencari kartu arti kata yang sesuai dan menyusunnya menjadi terjemah 8.Berdiskusi menyusun rangkuman kemudian ditampilkan dilayar (slide rangkuman telah disiapkan sebelumnya)

5 KAPAN WAJIB SIAPA YANG WAJIB DI MANA ? SIMPULAN HADITS TTG MENUNTUT ILMU PENTING NYA ILMU M ENCARI ILMU ITU WAJIB K EUTAMAA N ILMU

6 1 1.Ilmu sebagai sesuatu yang amat sangat penting, karena merupakan kunci untuk mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ ْالآخِرَةِ فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ (رواه الطبراني) Artinya,”Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, mak ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu.”(HR. Thabrani)

7 2 2.Karena amat pentingnya, Islam mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu tanpa membedakan gender, sabda Nabi Saw : { رَوَاهُ ابْنُ عَبْدُالْبَر} طَلَبُ اْلعِلْمَ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَة ٍ Artinya,”Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat” (HR. Ibnu Abdil Bar)

8 3 3. Kewajiban mencari ilmu itu tidak memandang batasan usia, melainkan seumur hidup. Sabda Nabi SAW أُطْلُبُ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْْدِ (رواه مسلم) Artinya, “Carilah ilmu dari buaian sampai liang lahat”(HR. Muslim)

9 4 4. Kewajiban mencari ilmu juga tidak terbatas di negeri muslim saja, tetapi boleh di negeri orang non muslim kalau memang ahlinya hanya ada di negeri tersebut. Sabda Nabi SAW : أُطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصّيْنِ {رَوَاهُ عَبْدُالْبَر} … Artinya,“Carilah ilmu itu walau di negeri Cina”.(HR. Abdul Bar)

10 5 B. Keutamaan menuntut Ilmu 1. Dimulyakan oleh malaikat hingga bersedia melebarkan sayapnya untuk jalan orang yang menuntut ilmu انََ الْمَلآئكة لتَضَعُ أََجْنِحَتَهَا لِطَا لِبِ الْعِلمِ رِضًا بِماَ يَطْلُبُ … رَوَاهُ ابْنُ عَبْدُالْبَر)) Artinya,” … Sesungguhnya malaikat meletakkan sayap-sayapnya bagi penuntut ilmu karena rida kepada apa yang dicarinya.” (HR. Ibnu Abdul Bar)

11 6 1. Dimulyakan oleh malaikat hingga bersedia melebarkan sayapnya untuk jalan orang yang menuntut ilmu فَاِنََ الْمَلآئكة لتَضَعُ أََجْنِحَتَهَا لِطَا لِبِ الْعِلمِ رِضًا بِماَ يَطْلُبُ رَوَاهُ ابْنُ عَبْدُالْبَر) Artinya,” … Sesungguhnya malaikat meletakkan sayap-sayapnya bagi penuntut ilmu karena rida kepada apa yang dicarinya.” (HR. Ibnu Abdul Bar)

12 7 2.Dimudahkan jalan untuk masuk surga. Sabda Nabi SAW : مَْن سَلَكَ طَرِْيقًا َيلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا ِإلىَ اْلجَنَّةِ (رواه مسلم) Artinya, “Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga “(HR Muslim)

13 8 3. Menuntut ilmu disamakan dengan orang yang sedang jihad fisabililllah مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِه لِطَلَبِ الْعِلْمِ فَهُوَ فِيْ سَبِيْلِ الّله حَتَّى يَرْجِعَ Artinya,”Siapa yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu, maka ia termasuk fisabilillah hingga pulang kembali”. (HR.

14 9 SIMPULAN 1.Ilmu itu amat sangat penting, karena ilmu itu merupakan kunci untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat 2. Menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan, dari mulai sejak lahir sampai sebelum masuk kubur 3. Ilmu yang harus dicari adalah ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum yang bermanfaat 4. Orang yang menuntut ilmu secara ikhlash akan dimudahkan oleh Allah masuk surga 5. Orang yang menuntut ilmu dismakan pahalanya dengan orang sedang berjihad.


Download ppt "MULAI. SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi SK / KD: 1. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu KD: 1.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google