Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAPORAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2011/2012 SMAN 4 KERINCI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAPORAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2011/2012 SMAN 4 KERINCI."— Transcript presentasi:

1

2 LAPORAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2011/2012 SMAN 4 KERINCI

3 LAPORAN BIOLOGI MM embuat serta menjelaskan bagan fungsi sistem membran dan organela. MM embuat model bagian tertentu dari sel serta menjelaskannya. KK arakteristik dan fungsi organel sel.

4 STRUKTUR MEMBRAN SEL Membran Plasma tersusun dari senyawa kimia Lipoprotein (gabungan dari senyawa lemak atau Lipid dan senyawa Protein), senyawa lemak tersusun atas dua lapis, yang terdapat dibagian tengah membran. Disebelah luar terdapat lapisan protein perifer (protein tepi) yang menyusun tepi luar dan dalam membran. Fungsi dari selaput plasma ini adalah menyelenggarakan Transportasi zat dari sel yang satu ke sel yang lain, melindungi isi sel dan penerima rangsangan.

5 STRUKTUR PROTEIN  Primary Structure of a Protein  The primary structure of a protein is its amino acid sequence, formed when a peptide bond joins the carboxyl group (one Carbon atom, two Oxygen atoms, and a Hydrogen atom) of one amino acid to the amino group (N)

6 Semipermeable Membran Lemak bersifat Hidrofebik (tidak larut dalam air) sedangkan protein bersifat Hidrofilik (larut dalam air); oleh karena itu selaput plasma bersifat Selektif Permeabel atau Semi Permeabel (teori dari Overton). Semipermeable Membran Selektif permeabel berarti hanya dapat memasukkan atau di lewati molekul tertentu saja. Fungsi dari selaput plasma ini adalah menyelenggarakan Transportasi zat dari sel yang satu ke sel yang lain.

7 CONTOH STRUKTUR ENDOMEMBRAN PADA SEL

8 PETA KONSEP ORGANEL SEL PROKARIOTIK EUKARIOTIK 1. SENTRIOL 2. R.E 3. KOMPLEKS GOLGI 4. LISOSOM 5. BADAN MIKRO 6. MITOKONDRIA 7. MIKROTOBULUS & MIKROFILAMEN 8. PLASTIDA 9. VAKUOLA MESOSOM 1 RIBOSOM 2 NUKLEUS

9 STRUKTUR MESOSOM KARAKTERISTIK :  Terdapat di bagian tertentu membran plasma.  Bagiannya menekuk ke dalam FUNGSI :  Menghasilkan energi

10 PENGERTIAN ORGANEL Bagian sel yang berbentuk padat dan memiliki peran tertentu dalam kehidupan sel. Organel bertugas menjalankan fungsi-fungsi kehidupan dalam sel

11 STRUKTUR RIBOSOM Struktur ini tersusun atas RNA- ribosom (RNA-r), berbentuk bulat terdiri dari dua partikel besar dan kecil dan apabila keduanya bergabung maka terbentuk ribosom mirip angka delapan. Organel ini ada yang melekat sepanjang R.E. dan ada pula yang soliter. Ribosom merupakan organel sel terkecil (+ (+ 20mm) yang tersuspensi di dalam sel. Fungsi dari ribosom adalah : tempat sintesis protein.

12 STRUKTUR RETIKULUM ENDOPLASMA [ R.E ] Struktur berbentuk benang-benang yang bermuara di inti sel. Hanya dapat dijumpai pada sel eukariotik, baik sel hewan atau tumbuhan. R.E merupakan penghubung membran nukleus dengan membran plasma. Dikenal dua jenis RE yaitu : RE. Granuler (Rough E.R) RE. Agranuler (Smooth E.R) Fungsi R.E. adalah : sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri. Struktur R.E. hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.

13 Model pengisian ruang seksion DNA Merupakan komponen kimia utama kromosom dan merupakan bahan yang menghasilkan gen. DNA disebut juga molekul pewaris, karena DNA mewariskan sifat organisme induk. Dalam proses perkembangbiakan, DNA mereplikat dan hasilnya dipindahkan pada keturunanya. kebanyakan DNA terdapat di dalam nukleus sel. Organel penghasil tenaga seperti kloroplas dan mitokondria dan kebanyakan virus juga mengandung DNA.

14 MITOKONDRIA Struktur berbentuk seperti cerutu ini mempunyai dua lapis membran. Lapisan dalamnya berlekuk- lekuk dan dinamakan Krista Fungsi mitokondria adalah sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP (energi) ; karena itu mitokondria diberi julukan "The Power House". Mitokondria baru terbentuk dari pertumbuhan serta pembelahan mitokondria yang sudah ada sebelumnya (seperti pembelahan pada bakteri).

15 Proses Pembentukan Lisosom Fungsi dari organel ini adalah sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler. Salah satu enzimnya itu bernama Lisozym. Proses pembentukannya ada 2 macam yang pertama, yaitu : dimulai dari protein yang diproduksi oleh ribosom dan kemudian masuk ke R.E Dari R.E enzim dimasukkan ke dalam membran, kemudian dikeluarkan ke sitoplasma menjadi lisosom. Yang kedua yaitu ada enzim yang dimasukkan terlebih dahulu ke Golgi, oleh Golgi enzim itu dibungkus membran, dan dilepaskan di dalam sitoplasma.

16 Badan Golgi (Apparatus Golgi Organel ini dihubungkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal. Kompleks golgi merupakan organel polimorfonik, tersusun atas membran berbentuk kantong pipih, berupa pembuluh, gelembung kecil, atau bentukan seperti mangkok.

17 STRUKTUR PLASTIDA Dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. Dikenal 3 jenis plastida yaitu : 1. Lekoplas (plastida berwarna putih berfungsi sebagai penyimpan makanan), 2. Kloroplas yaitu plastida berwarna hijau. Plastida ini berfungsi menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. 3. Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen, misalnya : Karotin (kuning) Fikodanin (biru) Fikosantin (kuning) Fikoeritrin (merah)

18 Contoh VAKUOLA pada tumbuhan Terdapat pada sel tumbuhan. Pada sel hewan ada tapi kecil/ada pula yang tidak ada. Bersifat menetap. Vakuola dibatasi oleh membran yang disebut tonoplas. Vakuola berisi : GG aram-garam organik GG likosida TT anin (zat penyamak) MM inyak eteris (misalnya Jasmine pada melati, Roseine pada mawar, Zingiberine pada jahe). EE nzim dan Butir-butir pati Fungsi antara lain : TT empat cadangan makanan MM enyimpan pigmen MM enyimpan minyak asiri MM enyimpan sisa metabolisme.

19 STRUKTUR MIKROTUBULUS Berbentuk benang silindris, kaku, berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan sebagai "rangka sel“,pembentukan Sentriol, Flagela dan Silia, Serta berperan dalam pergerakan sel. Hal ini dikarenakan gerakan kromosom dari daerah ekuator ke kutub masing-masing pada anafase dikendalikan oleh mirotubulus

20 STRUKTUR MIKROFILAMEN Seperti Mikrotubulus, tetapi lebih lembut. Terbentuk dari komponen utamanya yaitu protein aktin dan miosin (seperti pada otot). Pada sel otot, mikrofilamen mengakibatkan adanya kontraksi pada sel-sel otot. Apabila aktin dan miosin saling menjauh, sel otot akan berelaksasi. Mikrofilamen berperan dalam pergerakan sel.

21 STRUKTUR PEROKSISOM Ukurannya sama seperti Lisosom. Organel ini senantiasa berasosiasi dengan organel lain, dan banyak mengandung enzim oksidase dan katalase (banyak disimpan dalam sel-sel hati).

22 NUKLEUS (Inti Sel)  Inti sel terdiri dari bagian-bagian yaitu : Selaput Inti (Karioteka) Nukleoplasma (Kariolimfa) Kromatin / Kromosom Nukleolus(anak inti).  Fungsi dari inti sel adalah : mengatur semua aktivitas (kegiatan) sel, karena di dalam inti sel terdapat kromosom yang berisi ADN yang mengatur sintesis protein.


Download ppt "LAPORAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2011/2012 SMAN 4 KERINCI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google