Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu, pengembangan model dan kemitraan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu, pengembangan model dan kemitraan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan."— Transcript presentasi:

1

2 LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu, pengembangan model dan kemitraan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. TUGAS LPMP

3 a. Pemetaan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengahdan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah; b. supervisi satuan pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan kesetaraanpendidikan dasar dan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan; c. Fasilitasi peningkatan mutupendidikan dasar, pendidikan menengahdan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan nasional; FUNGSI LPMP

4 d. Pengembangan model penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah secara nasional; e. Pengembangan dan pelaksanaan kemitraan di bidang penjaminan mutu pendidikan secara nasional; f. Pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah; dan g. pelaksanaan urusan administrasi LPMP. FUNGSI LPMP

5 LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) PROPINSI SUMATERA BARAT

6 LATAR BELAKANG Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru harus memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV), menguasai kompetensi (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian), memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

7 LATAR BELAKANG Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

8 LATAR BELAKANG Uji kompetensi guru (UKG) dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru. Output UKG difokuskan pada identifikasi kelemahan guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.

9 DASAR HUKUM 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 4. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru 5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 6. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya; 7. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010, Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya; 8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit. 9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Nasional.

10 TUJUAN UKG 1. Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. 2. Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.

11 SASARAN UKG Sasaran UKG adalah semua guru yang mengajar di sekolah, baik guru yang bersertifikat pendidik maupun guru yang belum memiliki sertifikat pendidik,yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2012.

12 TEKNIS PELAKSANAAN UKG Uji kompetensi guru pada tahun 2012 akan dilaksanakan dengan 2 (dua) cara yaitu: 1. Sistem online 2. Sistem manual (paper pencil test)

13 LANDASAN UKG Aspek Filosofi 1. Hak masyarakat dan peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. 2. Diperlukan guru yang berkualitas untuk pendidikan yang berkualitas. 3. Peserta didik harus terhindar dari proses pembelajaran yang tidak berkualitas. 4. Membangun budaya mutu bagi guru. 5. Untuk memastikan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar yang ditetapkan. 6. Hakekat sebuah profesi

14 HAKEKAT SEBUAH PROFESI Profesi guru merupakan profesi khusus, yang memerlukan persyaratan kompetensi yang khusus pula. Kompetensi guru yang bersifat khusus itu memerlukan perlakuan yang khusus pula. Uji kompetensi guru merupakan salah satu cara untuk memberikan layanan pembinaan dan pengembangan profesi guru yang baik kepada guru. Penyandang profesi guru menerima penghargaan dan kesejahteraan yang bersifat khusus. Karena itu perlu ada keseimbangan antara kompetensi yang mereka miliki dengan penghargaan dan kesejahteraan yang diterimanya.

15 LANDASAN UKG Aspek Teoritis Pedagogik 1. Penilaian kinerja guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya. 2. Pembinaan dan pengembangan profesi guru hanya dapat dilakukan secara efektif jika berbasis pada pemetaan kompetensi guru. 3. Uji kompetensi guru berfungsi sebagai pemetaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional).

16 LANDASAN UKG Aspek Teoritis Pedagogik 4. Untuk membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi diperlukan mutu atau kualitas para anggota yang tergabung dalam profesi tersebut. Mutu atau kualitas diperoleh dari upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan pengendalian yang dilaksanakan secara terus menerus dan tersistem. Upaya pengendalian dilakukan melalui pengujian dan pengukuran. Profesi guru akan bermutu jika secara terus-menerus dilakukan pengujian dan pengukuran terhadap kompetensi guru melalui uji kompetensi.

17 LANDASAN UKG Aspek Teoritis Pedagogik 5. Ukuran kinerja dapat dilihat dari kualitas hasil kerja, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, prakarsa dalam menyelesaikan pekerjaan, kemampuan menyelesaikan pekerjaan, dan kemampuan membina kerjasama dengan pihak lain (T.R. Mitchell, 2008). 6. Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan upaya peningkatan profesionalitas guru yang didasarkan atas hasil penilaian kinerja guru dan uji kompetensi guru.

18 LANDASAN UKG Aspek Empirik Sosial Pembinaan dan pengembangan profesi guru tanpa didasari atas bukti-bukti empirik atas kompetensi dasar guru dapat membuat penyelenggaraan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam bentuk pelatihan guru kehilangan fokus. Beberapa studi membuktikan bahwa uji kompetensi guru berdampak positif pada perbaikan kinerja guru dan peningkatan mutu pendidikan. Kepercayaan masyarakat terhadap harkat dan martabat guru semakin tinggi, dihubungkan dengan kinerja guru dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan.

19 PRINSIP UKG UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

20 PRINSIP UKG Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan subject matter pada jenjang pendidikan tempat tugas guru. Instrumen tes untuk guru bidang studi SMP, SMA dan SMK akan dibedakan dengan asumsi bahwa pembinaan profesi dan penilaian kinerja guru didasarkan pada tempat tugas mengajar guru. Uji kompetensi pedagogik mengunakan pendekatan inti sel dari varian dari kompetensi pedagogik dimaksud.

21 ASPEK KOMPETENSI YANG DIUJIKAN Kompetensi Pedagogik Kompetensi Profesional

22 KOMPETENSI PEDAGOGIK 1. Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik 2. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif 3. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum 4. Melaksanakan pembelajaran yang efektif 5. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran

23 KOMPETENSI PROFESIONAL 1.Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 2.Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif 3.Konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance: teks, konteks, & realitas fakta, prinsip, konsep dan prosedur ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, dan aplikasi ilmu

24 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 1.Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya Mendeskripsikan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan kepedulian meghadapi permasalahan sains/ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari Menerapkan konsep perkembangan mental siswa dalam membangun sikap ilmiah siswa dan moral siswa.

25 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 1. Menguasai karakteristi k peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifi- kasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam cara berfikir objektif, rasional, skeptis terhadap permasalahan sains dalam kehidupan sehari-hari Mengidentifikasi peserta didik tentang gagasan awal konsep-konsep siswa Mengidentifikasi permasalahan materi fisika dalam kehidupan sehari- hari sebelum pembelajaran materi baru dimulai

26 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifi- kasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi peserta didik tentang kesulitan- kesulitan belajar konsep, teori, prinsip, hukum dalam ilmu fisika Mengidentifikasi peserta didik tentang kesulitan- kesulitan belajar konsep, teori, prinsip, hukum dalam ilmu fisika.

27 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 2.Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik Memahami berbagai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menerapkan teori belajar aliran behavioristik dalam kontek materi fisika yang sesuai dengan karakteristik materinya Menerapkan teori belajar aliran kognitif dalam kontek materi fisika yang sesuai dengan karakteristik materinya Menerapkan teori belajar aliran konstruktivis dalam kontek materi fisika yang sesuai dengan karakteristik materinya.

28 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 2. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Menerapkan pendekatan inquiri/investigasi dan diskoveri dalam pembelajaran fisika Menerapkan pendekatan keterampilan proses khusus pada pembelajaran ilmu fisika Menerapkan strategi dan teknik penggunaan; lingkungan, produk teknologi, dan alam sebagai sumber belajar.

29 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 2. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Menerapkan strategi penggunaan ICT dalam pembelajaran materi yang sulit diamati secara ril Menerapkan metode percobaan dalam materi-materi fisika yang dapat diamati langsung fenomena melalui penggunaan peralatan praktik atau alat peraga Menerapkan metode demonstrasi untuk peralatan- peralatan yang terbatas untuk konsep-konsep fisika yang mudah diamati fenomenanya.

30 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 2. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Menerapkan teknik percobaan bergilir atau korsel, untuk efisiensi penggunaan waktu praktikum Menerapkan teknik bertanya secara terstruktur sebelum melakukan kegiatan pembelajaran melalui analisis pengkajian model matematika dari konsep-konsep fisika Menerapkan teknik pemberian tugas untuk mengenali, mengidentifikasi model dan fenomena

31 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 2. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Fisika dengan menggunakan alat peraga praktek yang ada di laboratorium Menerapkan teknik penggunaan media interaktif ‘Computer Aided Instruction’ (CAI) dengan perangkat lunak khusus yang dirancang untuk topik-topik yang sulit dilakukan dalam praktek percobaan secara ril (real time) Mengelola lingkungan kelas/lab dalam pembelajaran

32 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 3. Mengembang- kan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Memahami prinsip- prinsip pengembang an kurikulum Menerapkan prinsip Pengembangan kurikulum dalam menganalisis kedalaman materi subjek Menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dalam menyusun Rencana Program Pembelajaran Menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dalam memilih model pembelajaran Menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dalam memilih; strategi, metode, dan teknik pengembangan bahan ajar fisika.

33 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 3. Mengembang- kan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu Menerapkan hasil pengalaman pembelajaran dalam memilih model pembelajaran Menerapkan keterampilan pemecahan masalah sains dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan materi bahan ajar Menerapkan hasil pengalaman pembelajaran melalui media audio-visual dalam pencapaian kompetensi setiap materi subjek fisika.

34 KISI-KISI PEDAGOGIK SK KD Indikator Esensial 3. Mengembangka n kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu Menyusun bahan ajar yang sesuai dengan model yang diterapkan Menerapkan teknik penulisan lembar kerja siswa dalam pencapaian indikator kompetensi materi fisika Menggunakan teknik keterampilan dasar membuat grafik hasil percobaan Menggunakan keterampilan memperbaiki kesalahan sederhana peralatan laboratorium

35 KISI-KISI PROFESIONAL SK KD Indikator Esensial 1. Memahami konsep-konsep, hukum- hukum dan teori fisika mekanika klasik serta penerapannya secara fleksibel Memahami konsep- konsep, hukum- hukum dan teori kinematika dan dinamika serta penerapannya secara fleksibel Menerapkan persamaan percepatan tetap pada dua objek yang bergerak jatuh bebas dari ketinggian tertentu Menerapkan persamaan kecepatan tetap dan percepatan tetap pada objek yang saling bergerak berpasangan Menggunakan diagram benda bebas untuk menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada benda atau sistem benda hubungannya dengan daya atau usaha Menjelaskan gerak suatu benda bermassa m ketika gaya yang bekerja padanya nol (Hukum pertama Newton)

36 SK KD Indikator Esensial 1. Memahami konsep-konsep, hukum- hukum dan teori fisika mekanika klasik serta penerapannya secara fleksibel Memahami konsep- konsep, hukum- hukum dan teori kinematika dan dinamika serta penerapannya secara fleksibel Membedakan kerangka inersia dan non-inersia pada persoalan kerangka percepatan linier dan kerangka gerak putar Menyelesaikan masalah gerak melingkar benda uniform termasuk percepatan sentripetal Menerapkan gaya pemulihan linier (hukum Hooke’s) dan mengaitkannya dengan gerak rotasi pegas bermassa KISI-KISI PROFESIONAL

37 SK KD Indikator Esensial 1. Memahami konsep-konsep, hukum- hukum dan teori fisika mekanika klasik serta penerapannya secara fleksibel Memahami konsep- konsep, hukum- hukum dan teori gerak rotasi serta penerapannya secara fleksibel Menerapkan hubungan besaran dalam kinematika gerak rotasi Menerapkan torsi, momentum sudut dan hukum Menerapkan hubungan secara kualitatif antara besaran kinematika dan dinamika sudut dan hubungan pasangan dengan gerak translasinya Menerapkan momen inersia dan teorema garis sumbu paralel untuk benda-benda yang diperluas.

38 ukg.kemdikbud.go.id bpsdmp.kemdikbud.go.id/ukguru KISI-KISI DISINI

39 PESERTA UKG Peserta UKG adalah seluruh guru baik yang memiliki sertifikat pendidik maupun yang belum memiliki sertifikat pendidik. Jumlah total peserta UKG untuk guru bersertifikat pendidik orang, dan guru belum bersertifikat pendidik orang.

40 PERSYARATAN PESERTA Peserta UKG pada prinsipnya adalah semua guru PNS dan bukan PNS yang mengajar di sekolah negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan sebagai berikut.

41 PERSYARATAN PESERTA 1. Bagi guru bersertifikat pendidik a. memiliki sertifikat pendidik (tahun ), b. pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun, dan c. masih aktif menjadi guru. 2. Bagi guru belum bersertifikat pendidik a. Guru PNS atau guru tetap yayasan (GTY) b. Memiliki NUPTK

42 MATA UJI Bagi guru bersertifikat pendidik Mata uji yang diikuti oleh guru bersertifikat pendidik sama dengan bidang studi sertifikasi, dan dinyatakan valid oleh BPSDMPK-PMP. Bagi guru produktif SMK terdapat beberapa perubahan kode mata pelajaran dan perubahan nama mata pelajaran.Perubahan tersebut dapat dilihat dalam daftar Konversi kompetensi keahlian sebagaimana tertuang dalam Lampiran

43 MATA UJI Bagi guru belum bersertifikat pendidik Bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, mata uji harus sesuai dengan S-1/D-4 yang dimiliki. Bagi guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-4, sesuai mata pelajaran yang sedang diampu.

44 Peserta UKG hanya mendapatkan soal ujian sesuai dengan mata pelajaran yang telah ditentukan seperti tersebut diatas.Informasi mata uji peserta UKG masing-masing peserta dapat dilihat pada website bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukgurubpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru.

45 KONFIRMASI DAN VALIDASI DATA PESERTA 1.NUPTK 2.Nomor Peserta Sertifikasi Guru (12 digit), hanya untuk guru bersertifikat pendidik 3.Nama Guru 4.Status (PNS/Bukan PNS) 5.Mata Uji pada UKG (sesuai dengan sertifikat pendidik) 6.Sekolah tempat tugas (satuan administrasi pangkal) 7.Program studi pada pendidikan tinggi setingkat D- I/D-II/D-III/S-1 8.Nama Perguruan Tinggi setingkat D-I/D-II/D-III/S-1

46 WAKTU PELAKSANAAN UKG Guru yang Bersertifikat Pendidik NoSistem UjianJadwal Pelaksanaan A.Ujian Online 1. Untuk Guru dan Kepala Sekolah Dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan. Dimulai dari jenjang SMP; selanjutnya SMA dan SMK; dan terakhir TK, SD, SLB. 2. Untuk Pengawas 30 Juli s.d 12 Agustus 2012 Oktober 2012 B.Ujian Manual (Paper Pencil Test) 4 September 2012

47 WAKTU PELAKSANAAN UKG Guru yang belum Bersertifikat Pendidik NoSistem Ujian Jadwal Pelaksanaan A.Ujian OnlineTahun 2013 B.Ujian Manual (Paper Pencil Test) Tahun 2013

48 TEMPAT UKG Uji kompetensi guru akan dilaksanakan di tempat uji kompetensi guru yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan persyaratan dan telah diverifikasi oleh LPMP.

49 PERSYARATAN TEMPAT UKG ONLINE Unit kerja pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat berupa lembaga pendidikan dan latihan (PPPPTK dan LPMP) atau Lembaga pendidikan (SMP/SMA/SMK) Memiliki sumber daya manusia yang memahami Lokal Area Network (LAN) dan terbiasa bekerja dengan internet yang dapat akan ditugasi sebagai tim teknis sistem UKG online Memiliki laboratorium komputer minimal 20 unit PC dan 1 server, yang terkoneksi dalam jaringan LAN (sebaiknya pakai kabel, bukan WiFi)

50 SERVER TUK SERVER PUSAT GURU UPLOAD DOWNLOA D

51 SPESIFIKASI PC CLIENT MINIMAL 1.Prosessor Intel Pentium Mhz, 2.Memory, 512mb, 3.Hard disk Free 5Gb, 4.CDROM (Wajib ada untuk booting sistem UKG Online), 5.Monitor 14, Keyboard, 6.Mouse Standard.

52 SPESIFIKASI SERVER MINIMAL 1.Prosessor Intel Pentium 4 - 2,4Ghz, 2.Memory : 1 Gb, 3.Hard disk Free 10 Gb, 4.CDROM, 5.Monitor 14” 6.Terkoneksi dengan jaringan internet minimal 256 kbps.

53 Persyaratan tempat UKG Manual (paper-pencil-tes) Tempat UKG dengan menggunakan sistem manual (paper-pencil-test) direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan disetujui oleh Badan PSDMPK-PMP

54 SISTEM DAN MEKANISME PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI GURU Uji kompetensi guru dilaksanakan menggunakan dua sistem yaitu paper-pencil-test dan sistem ujian online. Sistem paper-pencil-test dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Kedua Tempat Uji Kompetensi Guru (TEMPAT UKG) tersebut ditetapkan oleh Badan PSDMPK-PMP.

55 ORGANISASI UKG BPSDMPK-PMP LPMP DINAS PENDIDIKAN KAB/KOTA TUKG DINAS PENDIDIKAN PROPINSI TUKG

56 MEKANISME PELAKSANAAN UKG Persiapan Pelaksanaan

57 PERSIAPAN 1. Pengecekan perangkat UKG oleh petugas LPMP bersama teknisi di setiap lokasi UKG satu hari sebelum pelaksanaan. 2. Registrasi Peserta a. Registrasi peserta dilakukan pada hari pelaksanaan ujian 30 menit sebelum pelaksanaan UKG online. b. Persyaratan yang wajib dibawa dan ditunjukkan pada saat registrasi yaitu: Format kartu peserta UKG (dapat dicetak melalui aplikasi publikasi peserta UKG) fotokopi sertifikat pendidik yang dilegalisir kepala sekolah KTP asli Mengisi format registrasi yang telah disediakan oleh Panitia Kabupaten/Kota. Melakukan login pada komputer. Mengisi perbaikan data individu (data individu wajib diisi seluruhnya).

58 PELAKSANAAN 1. UKG Online UKG online dimulai secara bersamaan disemua TEMPAT UKG pada tanggal 30 Juli 2012.UKG dilaksanakan selama 120 menit atau 2 jam. Pelaksanaan UKG tiap harinya dibagi dalam 2-3 gelombang. 2. UKG Manual UKG manual dilaksanakan di sekolah yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota secara serentak pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

59 ATURAN PELAKSANAAN UKG ONLINE 1. Setiap ruangan ujian online diisi minimal 20 orang peserta atau disesuaikan dengan jumlah komputer yang tersedia. 2. Ujian dilakukan serentak dan setiap hari maksimal ada 3 gelombang ujian dalam 1 ruangan yang sama, jumlah gelombang bergantung kepada jumlah peserta dan jumlah TUK. 3. Waktu yang disediakan setiap gelombang ujian adalah 150 menit dengan rincian 30 menit untuk registrasi dan latihan menggunakan sistem ujian online yang dipandu oleh tim teknis, dan 120 menit untuk ujian kompetensi yang sesungguhnya. 4. Diantara setiap gelombang diberikan waktu istirahat selama 30 menit.

60 4. Tim teknis mengarahkan dan membantu peserta dalam menggunakan sistem ujian online pada 30 menit pertama saat peserta dalam ruangan ujian. 5. Setiap peserta ujian tidak diperkenankan membawa buku atau referensi, kamera, handphone, alat penyimpan data (flash disk, external hardisk, dan lain-lain) ke dalam ruangan ujian. 6. Setiap peserta wajib mengikuti ujian sendiri dan tidak diperkenankan mewakilkan kepada orang lain. Jika ada peserta yang mewakilkan kepada orang lain dengan alasan apapun, maka haknya sebagai peserta uji kompetensi dinyatakan gugur. 7. Tim teknik mempersiapkan laboraturium komputer (client- server) sudah ON, maksimal 30 menit sebelum jadwal pelaksanaan ujian ATURAN PELAKSANAAN UKG ONLINE

61 JADWAL PELAKSANAAN UKG DI TUK

62

63 PENGECEKAN SARANA PENGECEKAN PERANGKAT UKG OLEH LPMP (SATU HARI SEBELUM PELAKSANAAN) PELAKSANAAN (120 MENIT) PELAKSANAAN (120 MENIT) UKG ONLINE REGISTRASI PESERTA (30 MENIT SEBELUM MULAI) MENUNJUKKAN IDENTITAS: KTP ASLI (ADA FOTO) FOTO KOPI SERTIFIKAT PENDIDIK MENGISI FORMAT REGISTRASI MELAKUKAN LOGIN PADA KOMPUTER (DIDAMPINGI TEKNISI / PENGAWAS) UKG MANUAL TEMPAT DITENTUKAN OLEH DINAS PENDIDIKAN KAB 2-3 GELOMBANG PER HARI PELAKSANAAN UKG 63

64 TATA CARA MENGIKUTI UJIAN 1. Peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya. 2. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis. 3. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK. 4. Peserta melakukan pengisian dan perbaikan data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor. 5. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit 6. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan. Setiap peserta harus memastikan bahwa soal ujian mata pelajaran yang disiapkan harus sesuai dengan sertifikat pendidiknya.

65 TATA CARA MENGIKUTI UJIAN 7. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses. 8. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D). 9. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada butir 8 di atas. Mengganti jawaban beberapakali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya. 10. Soal akan muncul di layar komputer satu per satu. 11. Aplikasi UKGonline akan berhenti secara otomatis pada saat waktu ujian telah selesai. 12. Skor hasil UKG akan diberikan kepada peserta melalui surat.

66 JIKA KONEKSI INTERNET DI TEMPAT UKG STABIL JIKA KONEKSI INTERNET DI TEMPAT UKG STABIL JIKA KONEKSI INTERNET DI TEMPAT UKG KURANG STABIL JIKA KONEKSI INTERNET DI TEMPAT UKG KURANG STABIL JIKA TIDAK ADA KONEKSI INTERNET, TETAPI JARINGAN LAN DI TEMPAT UKG BERFUNGSI DENGAN BAIK JIKA TIDAK ADA KONEKSI INTERNET, TETAPI JARINGAN LAN DI TEMPAT UKG BERFUNGSI DENGAN BAIK SERVER LOKAL MENGUNDUH DARI SERVER PUSAT SERVER LOKAL MENGUNDUH DARI SERVER PUSAT SOAL DIKIRIM MELALUI KE TIM TEKNIS DI LOKASI UKG ( SUDAH DITENTUKAN), SELANJUTNYA, SOAL DICOPY KE DALAM SERVER LOKAL SOAL DICOPY DALAM CD/DVD KEPADA KOORDINATOR/ TIM TEKNIS UNTUK DICOPY KE SERVER LOKAL SOAL DICOPY DALAM CD/DVD KEPADA KOORDINATOR/ TIM TEKNIS UNTUK DICOPY KE SERVER LOKAL DISTRIBUSI SOAL UKG ONLINE 66

67 PERSIAPAN UKG 67 VALIDASI DATA PESERTA (OLEH LPMP DAN DINAS PEND KAB/KOTA) VALIDASI DATA PESERTA (OLEH LPMP DAN DINAS PEND KAB/KOTA) PENDAFTARAN TEMPAT UKG (OLEH DINAS PEND KAB/KOTA) PENDAFTARAN TEMPAT UKG (OLEH DINAS PEND KAB/KOTA) IDENTIFIKASI DAERAH YANG TIDAK ADA JARINGAN VERIFIKASI TEMPAT UKG (OLEH LPMP) VERIFIKASI TEMPAT UKG (OLEH LPMP) DISTRIBUSI PESERTA UKG KE DINAS KAB/KOTA (OLEH LPMP) DISTRIBUSI PESERTA UKG KE DINAS KAB/KOTA (OLEH LPMP) PEMBEKALAN ADMIN UKG TINGKAT LPMP (OLEH SET BPSDMPK - PMP) PEMBEKALAN ADMIN UKG TINGKAT LPMP (OLEH SET BPSDMPK - PMP) PEMBENTUKAN TIM UKG DI TINGKAT LPMP (OLEH LPMP) PEMBENTUKAN TIM UKG DI TINGKAT LPMP (OLEH LPMP) PEMBENTUKA N PANITIA UKG DI TINGKAT KAB/KOTA PEMBENTUKA N PANITIA UKG DI TINGKAT KAB/KOTA PEMBEKALA N ADMIN UKG TINGKAT KAB/KOTA PEMBEKALA N ADMIN UKG TINGKAT KAB/KOTA PEMBERITAHUAN PESERTA UKG (WEB BPSDMPK- PMP) PEMBERITAHUAN PESERTA UKG (WEB BPSDMPK- PMP) PENGEMBANGA N SOAL UKG (OLEH PUSBANG PRODIK, LPTK, P4TK) PEMBERITAHUA N/UNDANGAN PESERTA UKG (OLEH DINAS PEND KAB/KOTA) DIGITALISAS I SOAL, UP LOAD JARINGAN

68 PERAN DAN TANGGUNGJAWAB Badan PSDMPK-PMP 1. Mengembangkan perangkat kerja pelaksanaan UKG online dan manual 2. Mengembangkan sistem dan aplikasi UKG online. 3. Mensosialisasikan rancangan mekanisme pelaksanaan UKG kepada LPMP dan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota. 4. Menyiapkan pendanaan uji kompetensi guru.

69 PERAN DAN TANGGUNGJAWAB LPMP 1. Mempersiapkan tempat UKG bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 2. Mengidentifikasi lokasi yang tidak dapat memiliki perangkat online. 3. Melakukan validasi data peserta UKG baik guru bersertifikat pendidik maupun belum bersertifikat pendidik. 4. Melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota dan melakukan penjelasan tentang maksud dan tujuan UKG. 5. Melakukan pembekalan penggunaan aplikasi UKG kepada teknisi pada masing-masing TUK. 6. Melakukan pengawasan dalam pelaksanaan UKG.

70 PERAN DAN TANGGUNGJAWAB Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota 1. Menjelaskan maksud dan tujuan uji kompetensi guru kepada para guru di wilayah masing- masing. 2. Menyusun daftar guru yang memenuhi persyaratan ikut uji kompetensi guru. 3. Bersama LPMP menetapkan sekolah yang memenuhi syarat sebagai tempat UKG online. 4. Bersama LPMP menetapkan lokasi UKG bagi setiap guru peserta uji kompetensi online.

71 PANITIA PENYELENGGARA UKG PUSAT BPSDMPK-PMP PROPINSI LPMP DINAS PENDIDIKAN PROPINSI KAB/KOTA DINAS PENDIDIKAN KAB/KOTA KOORDINATOR KAB/KOTA KOORDINATOR LOKASI (KEPALA SEKOLAH) KOORDINATOR LOKASI (KEPALA SEKOLAH) KOORDINATOR LOKASI (KEPALA SEKOLAH) KOORDINATOR LOKASI (KEPALA SEKOLAH) KOORDINATOR LOKASI (KEPALA SEKOLAH) KOORDINATOR LOKASI (KEPALA SEKOLAH) TEKNISI UKG/ PENGAWAS RUANG TEKNISI UKG/ PENGAWAS RUANG TEKNISI UKG/ PENGAWAS RUANG

72 PANITIA PENYELENGGARA Badan PSDMPK-PMP 1. Kepala Badan PSDMPK-PMP sebagai Pengarah. 2. Sekretaris Badan PSDMPK-PMP sebagai Penanggung Jawab Pelaksanaan UKG. 3. Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik sebagai Penanggungjawab Instrumen UKG. 4. Kepala Bagian Perencanaan sebagai Penanggungjawab Data Peserta UKG.

73 PANITIA PENYELENGGARA LPMP Kepala LPMP sebagai Penanggung Jawab UKG Tingkat Provinsi Kepala Bidang/Kepala Seksi sebagai Ketua Panitia/Wakil Ketua. Staf sebagai Sekretaris dan Anggota.

74 PANITIA PENYELENGGARA Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota 1. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penanggung jawab UKG di Tingkat Kabupaten/Kota. 2. Kepala Bidang yang ditunjuk sebagai ketua panitia. 3. Staf dinas pendidikan sebagai sekretaris. 4. Staf dinas pendidikan sebagai anggota. 5. Kepala sekolah yang sekolahnya digunakan menjadi tempat tempat UKG sebagai koordinator lokasi.

75 PANITIA PENYELENGGARA Koordinator Kabupaten/Kota Koordinator kabupaten/kota adalah Petugas LPMP (Pejabat struktural/Widyaiswara/staf). 1. Mengkoordinasikan pelaksanaan UKG dengan kabupaten/kota dengan sekolah yang menjadi tempat UKG. 2. Bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan UKG, terutama aksesibilitas perangkat online. 3. Memastikan peserta yang mengikuti ujian sesuai dengan data aslinya.

76 PANITIA PENYELENGGARA Teknisi UKG (Merangkap Pengawas Ruang) Teknisi UKG adalah guru/teknisi/laboran pada laboratorium komputer yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/kota atas rekomendasi Kepala Sekolah yang ketempatan sebagai tempat UKG.Teknisi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: a. menguasai trouble shooting jaringan komputer, b. berpengalaman untuk menginstalasi jaringan komputer, c. dapat menyelesaikan permasalahan teknis online yang terjadi pada saat pelaksanaan UKG, dan d. memiliki komitmen untuk memastikan kesiapan teknis TUK sebelum pelaksanaan UKG.

77 PANITIA PENYELENGGARA Teknisi UKG (Merangkap Pengawas Ruang) Tugas Teknisi sebagai berikut. 1. Menjelaskan dan mengarahan kepada peserta cara mengikuti ujian kompetensi online 2. Memastikan bahwa server ujian online dan client dapat digunakan. 3. Menjaga kestabilan koneksi internet dan intranet. 4. Mendownload soal ujian dari server pusat ujian online BPSDMPK-PMP. 5. Mengupload hasil ujian dari tempat UKG ke server pusat ujian online BPSDMPK-PMP.

78 PANITIA PENYELENGGARA Pengawas Ruang Pengawas ruang adalah petugas LPMP yang ditugaskan untuk mengawasi semua tempat UKG. LPMP dapat meminta bantuan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota apabila Petugas LPMP tidak mencukupi. a. Unsur yang dapat ditunjuk dan ditetapkan sebagai pengawas ruang adalah sebagai berikut. 1) Pengawas sekolah pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang sudah memiliki sertifikat pendidik. 2) Staf Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang memiliki golongan/ruang minimal IIIc b. Setiap ruang diawasi oleh 1 (satu) orang pengawas ruang. c. Tugas pengawas ruang: 1) Memastikan peserta yang mengikuti ujian sesuai dengan data tertera dalam Sertifikat Profesi 2) Menjaga ketertiban pelaksanaan ujian, sehingga suasana ujian tenang dan peserta tidak saling menyontek. 3) Mengumpulkan daftar hadir dan berita acara pelaksanaan UKG.

79 CONTOH FITUR UKG ONLINE

80

81

82

83

84

85

86

87

88 JADWAL KEGIATAN NOKEGIATANTANGGALLOKASI 1Rapat Koordinasi13-14 JuliLPMP 2Penetapan TUK13-14 JuliLPMP 3Verifikasi peserta UKG13-14 JuliLPMP 4Penetapan TUK peserta13-14 JuliLPMP 5Sosialisasi di Kab/Kota20-23 JuliKAB/KOTA 6Pembekalan Admin LPMP22-23 JuliLPMP 7Pembekalan Teknisi TUK22-23 JuliLPMP 8Verifikasi tempat UKG26-28 JuliTUK 9Pelaksanaan UKG30 Juli-12 AgusTUK

89 NoNo SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi 20 17Mengurutkan langkah PTK 2, SK Menyeleksi metode pembelajaran yang sesuai dengan pengetahuan awal peserta didik 2, SK 22 64Menentukan jenis pertanyaan 2, SK 23 63menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum 1, SS menentukan langkah-langkah pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran 1, SS Profesional Menggunakan hukum pemantulan cermin dalam perhitungan 2, SK Menganalisis hubungan proses fotosintesis dan respirasi 2, SK Merumuskan hipotesis dari percobaan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan 2, SK Menggunakan hukum pemantulan dan pembiasan dalam menentukan arah lintasan cahaya 1, SK 56 69Menganalisis rantai makanan 1, SS Jlh Soal = 80; Pd = 24, Pr = 56; Peserta: org

90 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi 26 8Menentukan langkah-langkah penyusunan silabus (SMP) 2, SK Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar padaperistiwakegiatan pembelajaran (SMP/SMA) 2, SK Menentukan macam bahan yang dapat digunakan untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan pada satu kompetensi dasar (KD) (SMA/SMA) 1, SS 29 3 Mengidenfikifasi kemampuan awal yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran suatu topik/konsep matematika (SMP) SS Menentukan komponen pembelajaranyang perlu diperbaiki berdasarkan hasil dari analisis hasil ulangan harian matematika (SMP/SMA) SS Profesional Dapat menggunakan konsep rata-rata untuk menyelesaikan masalah (SMP) 2, SK Menentukan keberadaan standar kompetensi, kompetensi dasar, atau indikator berdasarkan KTSP (SMP) 2, SK Menentukan banyaknya bilangan dengan menerapkan aturan/kaidah pencacahan (SMP) 1, SK Menganalisisgrafik fungsi gradien dari suatu fungsi yang diketahui grafiknya (SMA) 1, SS Menggunakan nilai maksimum fungsi trigonometri dalam menyelesaikan masalah (SMA) 1, SS Jlh Soal = 100; Pd = 30, Pr = 70; Peserta: org

91 N0No SoalIndikator Jlh Benar % SerapKategori Pedagogi Menentukan tahapan dari langkah-langkah PTK, berdasarkan materi diskusi yang dilakukan oleh seorang guru dengan rekan sejawatnya SS Menentukan saat yang tepat untuk mengambil keputusan memodifikasi strategi pembelajaran yang telah direncanakan dalam RPP SS Menjelaskan salah satu prinsip penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar danmenengah SS 17 50Menjelaskan prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik SS Menjelaskan alasan yang melandasi perlunya diterapkan pendekatan keterampilan proses dalam kegiatan pembelajaran SS Profesional 56 1 Menentukan percepatan rata-rata gerak seekor serangga yang bergerak setengah lingkaran dengan kelajuan yang konstan SK Menjelaskan pengaruh tekanan terhadap titik lebur, titik beku, titik didih, dan titik embun, berdasarkan diagram PT SK 58 6 Menjelaskan kemungkinan gerak benda yang memiliki percepatan tetap SK 59 4 Menggambar grafik hubungan antara besar gaya Archimides dengan kedalaman dari sebuah batu yang dijatuhkan ke dalam air SK 60 42Mengurutkan empat langkah pokok dalam PTKdengan benar SS Jlh Soal = 60; Pd = 18, Pr = 42; Peserta: org

92 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi 10 Memfasilitasi berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal SD 11 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses hasil belajar kimia SD 12 1Mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pelajaran kimia SD 13 Menentukaninstrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar SD 14 8Memahami komponen-komponen dalam RPP SK Profesional Mengolah materi pelajaran kimia secara kreatif sesuai dengan SKKD SK Memahami konsep/hukum/teori yang terkait dengan termodinamika kimia dan sel elektrokimia SK Menggunakan representasi simbolik dalam mendeskripsikan proses kimia SS Memahami struktur ilmu kimia dalam kaitannya dengan ilmu alam yang lain SS Memahami konsep/hukum/teori yang terkait dengan termodinamika kimia dan sel elektrokimia SS Jlh Soal = 70; Pd = 14, Pr = 56; Peserta: org

93 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi Disajikan sebuah KD“tertentu”guru dapat menentukan sumber belajar yang tepat. 2, SK 21 67Disajikan KD”menulis” guru dapat memilih materi pembelajaran yang tepat 2, SK Disajikan konteks pembelajaran menulis dengan KD “tertentu” guru dapatmemilih metode dan merancang pelaksanaan pembelajaran dengan benar. 2, SK Disajikan gambar-gambar media pembelajaran menulis guru dapat menentukan KD yang sesuai dengan rancangan media tersebut. 2, SK Disajikan konteks pembelajaran berbicara sastra dengan KD “tertentu” guru dapat menganalisis rancangan pembelajaran yang sesuai dengan KD tersebut. 2, SK Profesional 76 3 Disajikan penggalan pidato, guru dapat menentukan jenis komponen pidato yang sesuai dengan penggalan tersebut. 2, SK 77 5 Disajikan sebuah konteks diskusi, guru dapat memilih komponen diskusi yang seharusnya ada. 2, SK Disajikan sebuah konteks penulisan karya ilmiah, guru dapat menentukan penulisan judul yang tepat. 2, SK Disajikan tema sebuah karangan, guru dapat menentukan komponen isi karangan secara tepat. 1, SS 80 9 Disajikan konteks kelembagaan pembuat surat, guru dapat memilih penulisan kepala surat yang tepat SS Jlh Soal = 100; Pd = 24, Pr = 56; Peserta: org

94 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran SD 14 5 Mampu menentukan pengalaman belajar dalam Biologi yang harus diberikan pada siswa berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan SK Menunjukkan fakor-faktor yang harus diperhatikan ketika mengajukan pertanyaan kepada siswa SK Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen SK 17 2 Memahami beberapa teori belajar dalam membelajarkan biologi SK Profesional menganalisis fenomena yang terjadi berkaitan dengan faktor abiotik dan pengaruhnya terhadap proses fotosintesis SK Menunjukkan komponen-komponen darah manusia beserta fungsinya SK 73 71menganalisis mekanisme gerak pada hewan vertebrata SK Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya SK 75 46Menerapkan pengertian gamet, genotip dan fenotip SK Jlh Soal = 75; Pd = 17, Pr = 58; Peserta: org

95 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi Diberikan suatu rumusan KD, indikator atau tujuan pembelajaran bahasa Inggris tertentu, guru dapat menentukan pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran. 4, SK Diberi pertanyaan tentang prinsip pengembangan kurikulum, guru dapat menentukan pilihan yang bukan termasuk prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. 4, SK Diberi contoh tulisan siswa yang mengandung kesalahan tertentu, guru dapat menentukan kesulitan peserta didik dalam mempelajari keterampilan berbahasa Inggris 3, SK Diberi suatu topik pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks tertentu, guru dapat menentukan bekal-ajar awal peserta didik yang diperlukan. 3, SK Diberi contoh tulisan siswa yang mengandung kesalahan tertentu, guru dapat menentukan kesulitan peserta didik dalam mempelajari keterampilan berbahasa Inggris 2, SK Profesional Diberi sebuah teks rumpang, guru dapat melengkapi teks tersebut dengan 3 kalimat yang tepat 3, SK Diberi sebuah teks rumpang, guru dapat melengkapi teks tersebut dengan 5 kata yang tepat 2, SK 78 4 Diberi teks tertulis fungsional pendek berbentuk announcement, guru dapat menentukan,gambaran umu,informasi tertentu, informasi rinci tersurat,informasi rinci tersirat, makna kata 2, SK 79 2 Diberi teks tertulis fungsional pendek berbentuk announcement, guru dapat menentukan,gambaran umu,informasi tertentu, informasi rinci tersurat,informasi rinci tersirat, makna kata 2, SK 80 6 Diberi teks tertulis fungsional pendek berbentuk letter, memo, guru dapat menentukan, gambaran umum, informasi tertentu,makna kata, tujuan komunikatif teks tersebut 1, SS Jlh Soal = 80; Pd = 24, Pr = 56; Peserta: org

96 N0No SoalIndikator Jlh Benar % SerapKategori Pedagogi 26 13memanfaatkan TI K dalampembelajaranmatapelajaranGeografidenganbenar SS menyususuninstrumenpenilaiandanevaluasi proses pembelajarandalammatapelajaranGeografidenganbenar SS menyusunprososal PTKuntukmeningkatkankualitaspembelajaranmatapelajaranGeografidenganbenar SS menggunakansumberbelajar yang relevandengankarakteristikpesertadidikuntukmatapelajaranGeografidalamrangka mencapaitujuanpembelajaransecarautuhdenganbenar SS melaksanakanpembelajaranmatapelajaranGeografi di dalamkelassesuaidenganrancanganpembelajaran (RPP) yang mendidikberdasarkanPermenDiknas No. 41/2007 tentangstandar Proses denganbenar SS Profesional Dideskripsikan objek pada peta, guru dapat menjelaskan jenissimbol yang digunakan untuk menggambarkan objek pada peta SK Disajikan informasi tentang bencana alam, guru dapat mendeskripsikan mitigasi bencana alam SK Disajikan beberapa jenis penggunaan lahan, guru mengevaluasi jenis penggunaan lahan yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya pemanasan global SK 99 61Mengidentifikasi karakteristik morfologi dasar laut berdasarkan kedalamannya SS melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan tepat SS Jlh Soal = 100; Pd = 30, Pr = 70; Peserta: 668 org

97 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedaogi menyusun rumusan masalah dengan disajikan uraian permasalahan dalam pembelajaran ekonomi SK Disajikan beberapa komponen, guru dapat menentukan yang termasuk komponen dalam format penyusunan RPP SK mengidentifikasi kegunaan dari kajin pustaka pada PTK, dengan disajikan beberapa uraian tentang kegunaan dari komponen PTK SK memilih contoh aplikasi pembelajaran kontekstual, dengan disajikan 5 contoh aplikasi pembelajaran ekonomi SK membedakan pengertian konfirmasi, elaborasi melalui disajikan contoh aplikasinya masingdalam pembelajaran ekonomi SK Profesional Disajikan data jasa anggota, jasa modal, simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, pembelian dan penjualan koperasi, guru dapat menghitung sisa hasil usaha anggotanya SK Disajikan pernyataan tentang buku besar, guru dapat menentukan pernyataan yang merupakan fungsi buku besar SS Disajikan beberapa kebijakan moneter dan kebijakan fiskal, guru dapat menentukan yang termasuk kebijakan moneter SS Disajikan data neraca pembayaran, guru dapat menentukan neraca pembayaran defisit atau surplus SS Disajikan masalah yang dihadapi pemerintah (masalah kemiskinan/pemerataan pendapatan) di bidang ekonomi, guru dapat menentukan penyebab terjadinya masalah tersebut SS Jlh Soal = 100; Pd = 30, Pr = 70; Peserta: org

98 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi Disajikan wacana, guru melakukan evaluasi prosespembelajaran dengan benar SK Disajikan data, guru dapat menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial sesuai dengan panduan BSNP SS Disajikan pernyataan, guru dapat memilihpengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran sosiologi dengan benar SS 29 7 Disajikan pernyataan, guru dapat menerapkanberbagai teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran sosiologi dengan benar SS 30 5menjelaskan pendekatan pembelajaran dengan benar SS Profesional Disajikan wacana, guru dapat menjelaskan pengertian globalisasi secara teoritis SK Disajikan wacana, guru dapat mengidentifikasi perubahan sosial dalam masyarakat sesuai dengan teori sosial SS 98 67menjelaskan masyarakat multicultural dengan benar SS Disajikan wacana, guru dapat mengidentifikasi tujuan lembaga sosial dengan benar SS Disajikan wacana, guru dapat menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat secara tepat SS Jlh Soal = 100; Pd = 30, Pr = 70; Peserta: 766 org

99 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kriteria Pedagogi 1922 Membuat tes proses pembelajaran tentang sikap nasionalisme 33, SK 2095 Menyesuaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS 32, SK 216 Memperjelas perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. 29, SS 2264 Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan sikap ilmiah) 28, SS 234 Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan kegemaran menulis siswa. 13, SS Profesional 9656 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan 20, SS 9754Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat segiempat 19, SS 987 Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis. 17, SS 9919Menilai prosa 16, SS 1001Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD 3, SS Jlh Soal = 100; Pd = 30, Pr = 70; Peserta: org

100 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kriteria Pedagogi 2515 Mengurutkan tahapan bermain peran dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD. 6, SK 2629Merinci karakteristik PTK 5, SK 2723Menjelaskan jenis-jenis penilaian di PAUD 5, SK 284 Memberi contoh kesulitan anak TK dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan sosial-emosional. 4, SS 297 Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar dengan bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan 4, SS Profesional 9662 Menganalisis standar tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak TK 6, SK 9765 Menganalisis standar tingkat pencapaian perkembangan sosial-emosional anak TK 5, SK 9866 Menganalisis standar tingkat pencapaian perkembangan sosial-emosional anak TK 4, SS 9931 Menganalisis pembelajaran matematika bagi anak usia dini 4, SS 10026Menerapkan metode komunikasi dengan peserta didik 3, SS Jlh Soal = 100; Pd = 30, Pr = 70; Peserta: org

101 N0No SoalIndikator Jlh Benar % Serap Kategori Pedagogi Disajikan beberapa pernyataan tentang berbagai pendekatan pembelajaran IPS terpadu, guru dapat mengidentifikasi pendekatan pembelajaran iPS terpadu yang mendorong peserta didikmemahami generalisasi atau hubungan antar konsep 2, SK 27 6 Disajikan rumusan kompetensi dasar matapelajaran IPS, guru dapat mengidentifikasi indikator yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. 2, SK Disajikanrumusan SK dan KD, guru dapat mendeskripsikan penyusunanrancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam kelas 2, SK menguraikanprosedur sistemik penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matapelajaran IPS 1, SK 30 9 mengidentifikasi prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang standard proses 1, SK Profesional menguraikan peran Indonesia dalam kerjasamadengan lembaga-lembaga internasional dalam aspek politik 1, SS Disajikan indicator kelangkaan ekonomi,Guru mampumengidentifikasi hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas 1, SS mendeskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa madya (Islam) dalam aspek sosial-politik 1, SS mendeskripsikan pembuatan sketsa dan peta wilayah yang mengambarkan objek geografi SS mendeskripsikan peristiwa Rengasdengkloksebagai peristiwa sejarah yang mendorong terwujudnya proklamasi kemerdekaan RI sebagai deklarasi terbentuknya NKRI SS Jlh Soal = 100; Pd = 30, Pr = 70; Peserta: org


Download ppt "LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu, pengembangan model dan kemitraan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google