Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sebuah penghantar yang berada dalam medan magnet ( induksi magnet ) akan mengalami gaya yang disebut gaya Lorentz. Gaya Lorentz merupakan gaya intereaksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sebuah penghantar yang berada dalam medan magnet ( induksi magnet ) akan mengalami gaya yang disebut gaya Lorentz. Gaya Lorentz merupakan gaya intereaksi."— Transcript presentasi:

1

2 Sebuah penghantar yang berada dalam medan magnet ( induksi magnet ) akan mengalami gaya yang disebut gaya Lorentz. Gaya Lorentz merupakan gaya intereaksi antara arus listrik dengan medan magnet. Sebuah penghantar yang berada dalam medan magnet ( induksi magnet ) akan mengalami gaya yang disebut gaya Lorentz. Gaya Lorentz merupakan gaya intereaksi antara arus listrik dengan medan magnet. B. GAYA MAGNET 1. Gaya Lorentz pada kawat berharus listrik Telapat tangan menunjukkan arah gaya Lorentz ( FL ) Arah gaya Lorentz dapat ditentukan dengan kaidah tangan kanan, seperti gambar Ibujari menunjukkan arah arus (i) Keempat jari yang lain menunjukkan arah medan magnet (B)

3  berbanding lurus dengan sinus sudut antara arah arus ( i ) dan arah medan magnet (B) Besarnya gaya Lorentz : F = gaya Lorentz ( N ) B = induksi ( kuat medan ) magnet ( tesla ) i = kuat arus listrik ( A ) ℓ = panjang kawat ( m ) α = sudut antara arah arus dan arah medan magnet F = gaya Lorentz ( N ) B = induksi ( kuat medan ) magnet ( tesla ) i = kuat arus listrik ( A ) ℓ = panjang kawat ( m ) α = sudut antara arah arus dan arah medan magnet  berbanding lurus dengan kuat medan magnet (B) erbanding lurus dengan kuat arus listrik ( i ) erbanding lurus dengan panjang kawat ( ℓ ) Pernyataan tersebut diatas dapat ditulis dengan rumus :

4 Besarnya gaya Lorentz, dapat diperoleh dari persamaan : q = muatan listrik ( C ) v = kecepatan muatan ( m/s ) α = sudut antara arah kecepatan v & arah medan magnet Karena arus listrik adalah aliran muatan-muatan yang bergerak, maka muatan yang bergerak dalam medan magnet juga mengalami gaya Lorentz.

5 FFF X B B - - e v - - e v F F 2.Gaya Lorentz pada muatan yang bergerak dalam medan magnet

6 Lintasan sebuah partikel bermuatan listrik q yang bergerak tegak lurus medan magnet B akan berbentuk linkaran dengan jari-jari R. Dalam gerak melingkar ini, gaya Lorentz berfungsi sebagai gaya sentripetal R = jari-jari lingaran (m) m = massa partikel ( kg ) v = kecepatan linier ( m ) B = induksi magnet ( web/m2 = tesla) q = muatan listrik ( C ) 2.Gaya Lorentz pada muatan yang bergerak dalam medan magnet

7 v + F q v - F i e v - F i e e v - F i v + q F v + q v + q v + q +

8 X B1B1 B2B2 F2F2 F1F1 X B1B1 F2F2 F1F1 X B2B2 3. Gaya Lorentz Antara Dua Kawat Sejajar Berarus Listrik atau atau Besarnya gaya Lorentz yang bekerja pada kedua kawat sama besar ( F1 = F2 = F ), yaitu : atau Jika i 1 = i 2 = i, maka persamaan di atas dapat ditulis : atau

9 Jika kuat arus pada kedua kawat sejajar itu 1 A, jarak antara kedua Kawat 1m dan pajang kawat 1 m, maka besarnya gaya Lorentz antara Kawat adalah : Jika kuat arus pada kedua kawat sejajar itu 1 A, jarak antara kedua Kawat 1m dan pajang kawat 1 m, maka besarnya gaya Lorentz antara Kawat adalah : Difinisi 1 ( satu ) Amper : Difinisi 1 ( satu ) Amper : Satu Amper adalah kuat arus yang dapat menimbulkan gaya Lorentz sebesar 2 x N/m pada dua kawat sejajar yang berjarak 1 m Satu Amper adalah kuat arus yang dapat menimbulkan gaya Lorentz sebesar 2 x N/m pada dua kawat sejajar yang berjarak 1 m

10 4. Penerapan Gaya Lorentz ( Gaya Magnet ) 4. Penerapan Gaya Lorentz ( Gaya Magnet ) Gaya Lorentz dapat dimanfaatkan pada alat-alat yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak, seperti motor listrik dan alat ukur listrik Alat Ukur Listrik Alat ukur listrik jenis kumparan merupakan salah satu jenis alat ukur yang listrik yang banyak digunakan, seperti Ampermeter, Voltmeter,Ohmmeter, dan Galvanometer Motor listrik

11 11


Download ppt "Sebuah penghantar yang berada dalam medan magnet ( induksi magnet ) akan mengalami gaya yang disebut gaya Lorentz. Gaya Lorentz merupakan gaya intereaksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google